Pengecekkan Mobil Sebelum Perjalanan Jauh

0

Persiapan kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh seperti saat mudik sangat penting, tentu dengan persiapan yang matang pada sisi kendaraan maka kemungkinan terjadinya kerusakaan pada mobil dapat diminimalisir. Jika sebelumnya Pemirsah sudah melakukan tune up atau service berkala pada mobil, sebaiknya tetap melakukan pengecekkan terkahir sebelum memulai perjalanan agar lebih yakin ketika mengemudikan mobilnya selama perjalanan ratusan kilometer.

Dengan melakukan pengecekkan awal maka segala hal dapat diketahui lebih dini, misalkan oli mesin yang kurang dari batas minimum sangat riskan untuk komponen internal mesin, apalagi jika digunakan dalam perjalanan mudik selama berjam-jam. Di sisi lain jika telah melakukan pengecekkan sebelum keberangkatan maka kita dapat lebih yakin dalam mengendarai mobil tanpa ada rasa was-was(misalkan kondisi ban yang kurang prima, kurangnya ketinggian minyak rem atau air radiator). Dan bukankah ketika sudah mengemudikan mobil di luar kota kita lebih malas berhenti untuk melakukan pengecekkan? Lalu apa saja bagian yang perlu di cek, berikut ini checklist-nya:

Pengecekkan Air Radiator dan Wiper

Pengecekkan Air Radiator(kanan) dan Air Wiper(kiri)

1. Eksternal

Pengecekkan bagian eksternal adalah  pengecekkan tekanan dan  kondisi ban(apakah ada kerusakan pada ban), periksa lampu rem, sen, dan lampu mundur, periksa kolong kendaraan, apakah ada tetesan air atau oli? Periksakan juga yang ada pada ruang mesin.

Cairan. Terdapat petunjuk batas minimal dan maksimal yang sudah didisain oleh pabrikan untuk memudahkan kita sebagai pengguna untuk melihatnya cukup secara visual:

  • Air radiator, apakah cukup lihat di tabung reservoir, level airnya.
  • Air wiper.
  • Air accu, sedangkan untuk accu kering lihat warna indikator.
  • Oli mesin, Ketika diukur harus berada di antara titik minimal dan maksimal.
  • Minyak rem, periksa ketinggiannya. Jika jauh berkurang mungkin ada kebocoran atau kampas rem sudah tipis.

Kelistrikan :

  • Terminal accu, apakah terdapat korosi atau tidak, atau longgar.
  • Box sekring atau relay, harus ada cadangan sekring dengan beberapa jenis ampere.
  • Sambungan-sambungan yang menggunakan terminal/socket.
  • Adanya kerusakan kabel atau terkelupas
Pemeriksaan Tekanan Ban Persiapan Mudik

Pemeriksaan Tekanan Ban Sebagai Persiapan Mudikpenge

Karet / rubber :

  • Fan belt, apakah terdapat adanya retakan atau bunyi
  • Timing belt, ingat-ingat jangka penggantiannya(Karimun Esilo generasi pertama tiap 100.000km)
  • Selang-selang di bagian mesin, antara lain selang radiator, vacum, dll yang berbahan karet
  • Ban mobil, periksa tekanan dan keausan/ kerusakan ban

2. Internal

Kondisi di dalam kabin, periksa lantai bagian pengemudi tidak boleh ada barang/benda yang dapat mengganggu pergerakan pedal/kaki kita ketika mengemudi seperti botol minuman, kunci stir atau sampah.

Periksa semua lampu indikator mobil di panel instrument dengan cara memutar kunci kontak pada posisi On(setelah Acc), semua lampu petunjuk indikator harus menyala, namun setelah mesin dihidupkan semua indikator tadi harus mati semua. Jika masih ada indikator yang menyala atau berkedip pertanda ada suatu kerusakan atau sesuatu yang tidak peres pada mobil anda, segera periksakan ke bengkel terlebih dahulu.

Topik: Mengemudi | Tagged , , karimun estilo mudik, beli mobil untuk perjalanan luar kota, mudik pakai mobil karimun.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+