Penggantian resistor AC Karimun Estilo Secara Gratis

22

Pemirsah setia pengguna Suzuki Karimun Estilo mungkin beberapa sudah tau atau mugkin sebagian juga belum tahu perihal resistor AC Karimun Estilo. Sebenarnya Suzuki Indomobil telah melakukan recall pada jenis mobil karimun generasi ini untuk penggantian resistor motor blower AC Karimun Estilo generasi pertama(mesin 4 silinder) dan kedua(mesin 3 silinder). Penggantian dan pengecekan cuma-cuma ini bentuk tanggung jawab Suzuki pada costumernya karena ditemukan tidak sempurnanya salah satu part dari peranti elektronik Karimun Estilo.

Resistor Blower Ac Karimun Tipe Lama

Resistor Blower Ac Karimun Tipe Lama

Resistor motor blower terdapat pada interior mobil anda, fungsinya adalah untuk mengatur kecepatan putaran blower/kipas yang menyedot dan menghembuskan udara dingin AC pada mobil. Seperti kita tahu bahwa setelan kekncangan hembusan AC pada kabin terdapat 4 tingkat penyetelan, nah inilah pengaturan kecepatan blower inilah tugas dari resitor motor blower. Akibat jika komponen ini rusak adalah AC yang tidak bekerja.

Program pengantian cuma-cuma ini sebenarnya sudah sejak awal 2014, namun hingga tahun 2015 masih berlaku. Syarat untuk penggantian resistor di bengkel resmi adalah fotokopi STNK, KTP dan menunjukan buku service. Bagaimana jika tidak ada buku service? Hubungi langsung Service Manger bengkel resmi tersebut atau hubungi nomor Halo Suzuki di 0 800 1100 800(bebas pulsa) untuk komplain. Kenapa sampai menghubungi Halo Suzuki, karena memang katanya syarat buku service itu harus tapi tidak mutlak, nah service advisor yang biasa menerima kita dibengkel resmi kadang menolak karena terlalu mengikuti pakem yang ada padahal pada kenyataannya syarat buku service untuk penggantian resistor AC Karimun Estilo tidak mutlak. Mas_Mun sendiri dan beberapa rekan tidak membawa buku service ketika penggantian namun tetap diterima.

Resistor AC Karimun Estilo Tipe Baru

Resistor AC Karimun Estilo Tipe Baru

Penggantian sendiri memakan waktu tidak sampai satu jam dan tetap dibuatkan print out order kerja layaknya kita service rutin biasa. Selesai penggantian tidak dikenakan biaya apapun dan spare part resistor lamanya tidak diserahkan ke kita. Resistor AC untuk Karimun Estilo generasi pertama diganti semua, sedangkan untuk Karimun Estilo generasi kedua di cek terlebih dahulu karena sebagian sudah menggunakan parts tipe baru yang telah disempurnakan yaitu yang bukan berbentuk kotak  bolong-bolong.

Jika Pemirsah belum melakukan penggantian, silahkan datangi bengkel resmi Suzuki terdekat untuk pengecekkan apakah resistor blower AC-nya termasuk yang harus diganti. Gratis.

 

Topik: Kelistrikkan | Tagged , resistor blower suzuki karimun, tempat service kompresor ac mobil karimun estilo, harga resistor karimun estilo, tipe ac karimun estilo, jual resistor blower estilo.

22 comments
  • diki
    November 2, 2016

    Mau tanya MasMun, ac karlo ku kadang kl di hidupin fan blowernya gak muter. Tp begitu gak muter langsung di ketuk box fannya langsung muter… Apakah itu tanda2 resistornya udh minta ganti ya? Makasih MasMun


    • MasMun
      November 3, 2016

      Itu tanda motor fan-nya sudah lemah.


  • Arman
    April 13, 2016

    Jumpa lagi MasMun selamat sore….
    To the point : Disaat parkir AC tetap dinyalain lebih kurang lima menit tiba tiba AC Karlo sy mengeluarkan bau kabel terbakar, buru buru saya matikan, setelah beberapa saat sy mencoba menghidupkan kembali, lagi2 beberapa saat kemudian mengeluarkan bau terbakar (posisi buka 1,2,3,menjadi tidak berfungsi) posisi buka 3 dan 4 setelah beberapa saat tetap mngeluarkan bau terbakar.
    Mohon pencerahannya MasMun, kira2 di Beres biayanya berapa? atau penggantian Resistor Ac seharga berapa?…tks…salam


    • MasMun
      April 16, 2016

      Bisa karena kabelnya, resistor atau juga switch AC-nya, harus dicek langsung. Sebagai gambaran untuk harga part resistornya Rp 178.000, jika perlu ganti switch(control unit) AC harganya Rp 509.000. Tetep harus dicek langsung mas Arman untuk memastikannya.


  • Tino
    April 11, 2016

    Om Minta pencerahanya.
    ane pake Karlo 2010 (Baru Pake , beli Scond)
    Semalem ane lagi jalan, pas lampu meha tiba-tiba Ac ga dingin. pas ane jalan lagi kecoatan kira-kira 50-60 Km/h AC dingin lagi (Normal). ane jalan dari Duren Sawit ke Kebon Jeruk Jakbar, pas di Slipi Ac ga dingin lagi. ane liat lampu indikator Temperatur kedap kedip.
    Jadi kesimpulanya kalau ane jalan kecepatan di atas 40Km/h ac normal dingin. tapi kalau uda berhenti atau macet ac adi panas lagi.
    Mohon infonya dong kira-kira karlo ane kenapa ya? yang bermasalah Radiatornya atau Acnya?
    Tolong infonya yaa (Ane kurang ngerti).


    • MasMun
      April 16, 2016

      Kemungkinan besar kipas radiatornya sudah lemah itu mas Tino. Harga motor radiator fan-nya saja sekitar Rp 1,1juta.


  • hendra wijaya
    December 7, 2015

    Mas mun kok saat saya tanyakan program recall resistor ac ini ke halo suzuki kok mereka jawabnya ngga tahu tentang program ini. Trims


    • MasMun
      December 10, 2015

      Mungkin karena sudah tahun lalu pak, coba datang langsung ke Beres Suzuki terdekat saja pak ditanyakan langsung ke Service Advisor-nya.


  • kristianto
    October 16, 2015

    Mas, tentang AC ga dibahas ya? Sekarang AC saya klo siang uda ga dingin.
    Tadi nya bau, trs flusing di beres suzuki, uda ga bau lagi tapi malah makin ga dingin :(
    Trs kyny di kompresor nya bunyi nging2 sekarang.


    • MasMun
      October 27, 2015

      Coba bawa ke bengkel lagi minta di cek freonnya masih ada atau sudah habis? Kalau sudah nggak dingin jangan dinyalain mas nanti tambah parah.


  • mandacan
    August 13, 2015

    Mas Mun , cara ngecek resistornya gimana ya, thanks sebelumnya


    • MasMun
      August 13, 2015

      Coba aja diintip dari bawah dashboard mas, sambil disenterin


  • ade atha
    August 8, 2015

    baru nyimak post ini, kang mumun klo sekarang kira-kira msh bisa ga ya penggantian resistornya (sy cek sendiri estiloku msh yg model lama itu),
    saya coba call centre ga bisa nyambung trus di web Suzuki sy coba contact disitu msh blm ada jawaban sampe sekarang, mungkin kang mumun ada kenalan org beres yg tahu infonya. thx


    • MasMun
      August 9, 2015

      Saya kurang tau ya kalau sekarang. Coba datang langsung saja ke Bengkel resmi Suzuki, sekalian bawa fotocopy ktp dan stnk.


  • syekh
    April 20, 2015

    ok mas dah di ganti, tks info nya..tapi sempat mau be kilah juga bilang ndak ada, blg lg dah habis waktunya. karena kenal juga ma orang beres nya baru di kasih setelah agak menekanin jg walau kenal. kabar kabarin mas mun ya info2 yg mutakhir nya biar karlo kita2 sehat wal afiat


  • syekh
    April 17, 2015

    mas mun, saya tanyakan ke call center yg mas mun berikan ndak ada recall resistor ac. katanya recall tsb blm muncul di website nya suzuki.


    • MasMun
      April 20, 2015

      Kordinasi antara call center dan divisi lainnya di Suzuki menurut saya kurang bagus komunikasinya. Coba hubungi langsung bengkel resmi terdekat, teman-teman pembaca karimunestilo(dot)com sudah ada yg diganti juga setelah baca artikel ini, mereka langsung datang ke bengkel resmi Suzuki.


  • irwan dony
    April 16, 2015

    Untuk nembak gmn ya pa..dan berapa biaya mutasi balik nama jakrta ke bekasi


    • MasMun
      April 16, 2015

      Biaya cabut berkas untuk mutasi biasanya 500ribu(harga biro jasa atau org dalam Polda sama aja). Biaya daftar di Samsat kota tujuan beda-beda tergantung daerahnya, yang jelas tambah biaya pajak tahunan sama administrasi.


  • irwan
    March 1, 2015

    Mas mun..saya beli NKE nya second,trus stnk nya belum balik nama..kira2 dilayanin ga ya kalo stnk beda ama ktp qt..rencana ny saya BBN nunggu pjak bln 7 ini.. Thanks..


    • MasMun
      March 12, 2015

      Asal belum di block sama pemiliki lamanya bisa “nembak” om,, tanya aja dulu ke pemilik lama apa dia sudah lapor ke Samsat buat nge-block. Biasanya pemiliki lama nge-block buat menghidnari pajak progresif.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+