Mengenal Penyetelan AC Mobil Suzuki Karimun Estilo

38

Penyejuk udara(Air Conditioner) pada Suzuki Karimun Estilo sedikit berbeda dari AC mobil pabrikan Jepang lainnya di Indonesia, perbedaannya adalah pada fitur pemanas yang terdapat pada mobil ini. Fitur pemanas atau penghangat pada mobil jamak dijumpai pada mobil-mobil Eropa dan beberapa mobil Jepang pada periode tahun 90-an, pastinya fitur tersebut sangat dibutuhkan pada negara yang memiliki empat musim. Namun di Indonesia fitur penghangat kabin yang memanfaatkan hawa panas dari air radiator tersebut kurang bermanfaat dan malah membuat beberapa pengguna awam bingung.

Jadi di Karimun Estilo fungsi AC mobil tidak hanya sebagai penyejuk udara saja tapi juga dapat berfungsi sebagai penghangat kabin. Tidak heran karena alasan fungsionalitas dan biaya maka fitur ini ditiadakan pada AC Karimun Wagon R. Agar tidak bingung dengan fitur tersebut yuk kita bahas satu persatu bagian panel knob penyetelan AC pada Suzuki Karimun Estilo ini.

Saklar AC Mobil Suzuki Karimun

Knob Saklar AC Suzuki Karimun Estilo

Mengenal komponen panel AC Karimun Estilo

Pada panel penyetelan penyejuk udara Karimun Estilo terdapat 3 knob putar, 1 knob gesear dan 1 buah tombol. Walaupun bentuk knobnya berbeda dengan beberapa mobil Jepang lainnya yang menggunakan pemanas(Seperti Honda Cielo dan Civic Genio di zamannya) tapi cara mengaktifkan knob saklar-nya sama persis.

Knob putar yang paling kiri(Nomor 1) berfungsi untuk menyetel arah hembusan udara. Dari posisi yang paling kiri adalah hembusan udara langsung arah depan tubuh penumpang/pengemudi, kemudian posisi hembusan udara ke arah tubuh dan kaki, yang berikutnya hembusan udara hanya menuju kaki, lalu hembusan udara menuju kaki dan kaca depan, dan yang terakhir hembusan udara hanya menuju kaca depan. Kedua posisi terkahir yaitu hembusan menuju kaca depan sebenarnya berfungsi untuk memamanaskan kaca depan ketika musim dingin.

Pengaturan Hembusan AC - Pemanas Mobil

Pengaturan Hembusan Penyejuk Udara – Pemanas Mobil

Kemudian knob putar di posisi tengah(Nomor 2)yaitu sebagai pengatur tingkat kecepetan kipas/blower. Penting: Jangan lupa untuk selalu mematikan saklar ini ketika akan mematikan mesin mobil!

Kemudian di posisi paling kanan(Nomor 3)adalah knob putar untuk pemilihan pemanas atau penyejuk ruangan. Jika  ingin menggunakan penyejuk udara/AC arahkan ke bagian paling kiri berwarna biru sambil menyalakan/mengkatifkan tombol AC(Nomor 5), jika AC di Suzuki Karimun anda terasa terlalu dingin dapat menggesernya knob ini ke bagian tengah berwarna putih. Semakin ke kanan berarti tingkat kedinginan akan semakin berkurang. Namun jika anda ingin menggunakan pemanas(mungkin ketika jalan-jalan ke Dieng atau ke Bromo) putar ke posisi paling kanan berwarna merah tanpa menekan/mengaktifkan tombol AC.

Lalu yang berikutnya(Nomor 4) adalah knob geser untuk mengatur sirkulasi udara. Posisi kanan adalah pengaturan yang memungkinkan udara luar masuk ke dalam kabin. Posisi sebelah kiri adalah posisi untuk mengatur agar hanya menggunakan sirkulasi udara di dalam kabin saja dengan cara menutup lubang ventilasi dibagian depan, pastikan selalu dalam posisi ini(udara kabin bersirkulasi) jika anda berada di kota besar agar asap kendaraan lain tidak masuk ke dalam kabin mobil.

Menyetel posisi Knob AC Mobil

Mengaktifkan Pemanas/penghangat kabin:

    • Menghangatkan kabin mobil udara luar

      Menghangatkan kabin mobil dengan udara luar

      Menghangatkan ruang kabin menggunakan udara dari luar.

    • Menghangatkan kabin mobil dengan udara bersirkulasi

      Menghangatkan kabin mobil dengan udara bersirkulasi

      Menghangatkan ruang kabin secara cepat dengan udara kabin yang bersirkulasi. Posisi ini hanya untuk menghangatkan kabin lebih cepat, jika anda menggunakan posisi ini untuk waktu yang lama maka kaca akan berembun. Segera rubah knob ventilasi udara menggunakan udara dari luar jika kabin sudah hangat.

    • Udara Ac Mobil Panas arah Wajah dan Kaki

      Udara Ac Mobil Panas Mengarah ke Wajah dan Kaki

      Hembusan udara langsung untuk menghangatkan wajah dan kaki.

Memanaskan kaca depan mobil dan ruang kaki

Memanaskan kaca depan mobil dan ruang kaki

  • Arah hembusan hawa hangat untuk memanaskan kaca depan dan ruang kaki.
  • Hembusan udara memanaskan ruang kaki kabin depan mobil

    Hembusan udara memanaskan ruang kaki kabin depan mobil

    Arah hembusan udara ke bawah hanya untuk manaskan ruang kaki kabin depan.

Mengkaktifkan Penyejuk udara Mobil:

  • Menyalakan AC Mobil Dengan udara dari luar

    Menyalakan AC Mobil Dengan udara dari luar

    Menyalakan penyejuk udara mobil dengan menggunakan udara dari luar.

  • Mengaktfikan AC Mobil Dengan udara Kabin Bersirkulasi

    Mengaktfikan AC Mobil Dengan udara Kabin Bersirkulasi

    Mengaktifkan penyejuk udara  mobil dengan udara kabin yang bersirkulasi.

Jika ada hal yang kurang jelas anda dapat memberikan pertanyaan di kolom komentar di bawah, semoga bermanfaat. :)

Topik: Interior | Tagged fungsi panel ac mobil, fungsi tombol ac pada mobil, fungsi tombol ac mobil, fungsi panel ac pada mobil, ac karimun estilo tidak dingin.

38 comments
  • gerald
    October 28, 2016

    MasMun mau nanya kenapa heater karlo saya tidak berfungsi walau ud setel ke mentok ke kanan tetap dingin hanya anginnya yg sdkt berkurang kecil. Apa ini karna sekringnya? Klo betul no brp dan letak dimana dan kalo MasMun tau harga sekringnya berapa? Makasih masmun ^_^


    • MasMun
      November 14, 2016

      Heater tidak pakai listrik tapi memanfaatkan panas dari coolant radiator. kalau tidak keluar hawa panas ada kemungkinan heater-nya sudha dilepas dan salurannya di tutup sehingga tidak berfungsi lagi.


  • Paulus
    July 14, 2016

    Dear MasMun,

    Kalau carter olinya rembes, bgmn cara perbaikan yg paling simple. Kalau hrs ganti carter, berapa harganya dan apakah mudah untuk membukanya ? Terima kasih.


    • MasMun
      July 16, 2016

      Oli mesin rembes di sekitar bagian bawah mesin bisa karena O ring filter oli-nya sudah aus, carter(oil pan)-nya retak, atau sealent carter olinya tidak rapat. Dipastikan dulu mana penyebabnya jangan langsung ganti, karena harga carter olinya cukup mahal yaitu Rp 587.000.


  • Avan
    July 4, 2016

    Malam om, saya mw tnya karlo 2007 saya ada suara dengung tambah lg klo ac hidup malah tambah nyaring dengungnya.
    Mohon pencerahannya.trims


    • MasMun
      July 16, 2016

      Kemungkinan dari kompresor AC-nya pak Avan.


  • D.Widhiandono
    June 27, 2016

    MasMun, kenapa di Karimun Estilo saya (tahun2011), udara luar (asap knalpot mobil depan, misalnya) masih bisa masuk dalam posisi kenob pengatur udara tertutup (pada posisi pakai sirkulasi udara kabin). Berarti ada yg bocor lubangnya?
    Makasih


    • MasMun
      June 27, 2016

      Pak Widhi memang sebetulnya posisi sirkulasi udara tertutup pun memang dibuat tidak terlalu rapat oleh pabrik, karena di keliling penutupnya menggunakan busa jadi asap masih bisa masuk sedikit. Tujuannya tentu agar udara luar masih bisa masuk sedikit kedalam kabin. Tapi kalau dirasa cukup mengganggu dapat menutup secara permanen lubang masuk udara tersebut, letaknya ada di bawah wiper sebelah kiri.

      Untuk itu perlu melepas wiper dulu dan plastik penutup yang ada di antara kaca depan dan kap mesin. Demikian, semoga membantu.


  • Andi Nur Asyifa Baso
    June 13, 2016

    Mas mau tanya untuk kisaran harga kipas ac buat karimun estilo berapa ya sekarang?


    • MasMun
      June 16, 2016

      Blower AC ya mungkin maksudnya? Harga blower AC Suzuki Karimun Rp 1.010.000 mas Andi.


  • Denny
    May 21, 2016

    Mas mun, kalo blower fan switch ac mati (posisi low dan medium gak nyala, tapi klp disetel posisi HIGH ac mau nyala) itu harus diservis ke bengkel atau apakah msh bs dibenerin sendiri? Tolong tips nya dong dari mas mun, ditunggu trims.


    • MasMun
      May 21, 2016

      Kemungkinan resistor blower-nya putus itu, harus diganti. Diakalin bisa tapi resiko kebakaran.


  • praditya
    May 15, 2016

    Om permisi mau nanya saya baru dapat krimun estilo 2011 tangan pertama kesan yg saya rasakan kenapa kok pada saat ac menyala terkadang mobil bergetar posisi rpm dibawah 1000 kira2 normal atau ada masalh dengan mobil saya?


    • MasMun
      May 17, 2016

      Halo mas Praditya, karena tenaga mesin tersedot untuk memutar kompresor AC jadi mesin sedikit bergetar pada saat AC menyala, apalagi pada rpm dibawah 1000 dimana tenaga yang dihasilkan mesin masih kecil. Tapi kalau dirasa getaran berlebih maka patut dicurigai engine mounting bermasalah.


  • Agus Sulaeman
    April 1, 2016

    Dudukan tempat menyimpan minuman kalengnya yg di dasbor depan macet ga bisa di buka,kira2 punya solusinya Mas?
    Makasih sebelumnya.


    • MasMun
      April 1, 2016

      Coba disemprot WD40 dari arah bawah sambil di-intip juga mungkin ada yang mengganjal.


  • Abdullah S.
    March 8, 2016

    Maaf ikutan nanya MasMun, karlo 2007 saya ACnya masih lumayan dingin. Kalau menggunakan suhu meter kompresor berhenti bekerja rata2 di suhu 9-10 derajat celc. Nah, saya ingin men-set agar kompresor baru berhenti bekerja pada saat suhu 5-6 derajat Celc. Dimana lokasi alat tersebut Mas ?. Saya sdh cari2 gak ketemu. Dulu pada mobil sedan thn 94 saya mudah menemukan alat tsb berupa spuyer yg bisa di putar ke kiri-kanan.


    • MasMun
      March 21, 2016

      Di karimun dan mobil-mobil moderen saat ini komponen penyetelan AC seperti itu sudah tidak bisa lagi mas Abdullah.


  • Rasya
    February 28, 2016

    mas mun ikut nanya,… Knop Pengaturan hembusan angin estilo 2007 saya tidak bisa bekerja semestinya, angin mau keluar jika diputar pada posisi plg cepat jd terasa anginnya besar ngt, kalo di turunin angin sama sekali tidak keluar,. kira2 apanya yg rusak ya? makasih mas…


    • MasMun
      February 29, 2016

      Kemungkinan blower fan switch-nya rusak, jadi untuk posisi 1,2,3-nya tidak mau nyala. Blower fan switch itu saklar putar untuk mengatur kecepatan kipas/blower AC.


  • Denie
    December 29, 2015

    Mas Mun,
    Saya pakai estilo 2011, baru kali ini terasa AC ga normal. kalau estilo di bawa kecepatan tinggi Ac baru terasa dingin tapi kalau keadaan lambat Ac tidak terasa malah angin kipas aja yang ada.
    kenapa ya?


    • MasMun
      December 30, 2015

      Kemungkinan bisa di motor fan/kipas radiator-nya mas. Kerja Kondensor AC yang sejajar dengan radiator membutuhkan kipas untuk melakukan pelepasan panas, ketika mobil berjalan lambat(misal dalam kondisi kemacetan) pelepasan panas benar-benar hanya mengandalkan kipas. Oleh sebab itu jika kipas tidak bekerja dengan baik maka kondensor AC tidak dapat melepaskan panas dan AC tidak bekerja optimal.

      Sedangkan jika mobil dalam kecepatan tinggi pelepasan panas kondensor terjadi oleh angin yang berhembus melewati kisi bumper dan grille depan, sehingga peran kipas terbantu oleh angin di kecepatan tinggi mas Denie.


  • anton
    October 29, 2015

    Met sIang mas mun.
    Langsung to the point mas mun. Kalo KarLo dah panas lalu ketmu lampu merah(idle)AC on seketika rpm drop ke 600, trus naik ke 800. (Pada posisi idle rpm 800 ko semua lampu2(kota dan lampu depan) sorotnya kedap-kedip, tapi kalo rpm naik sorot lampu normal.)
    Sebelumnya makasih om atas pencerahannya.


    • MasMun
      November 25, 2015

      Sebaiknya lakukan pembersihan throttle body & injector.
      Ada kemungkinan Idle air control tidak bekerja dengan baik mungkin krn ada deposit carbon, sehingga saat ada penambahan electric load pengaturan idling tidak sesuai standart


  • Rahman
    October 27, 2015

    Mas mun mau tanya nih apa ac karimun estilo th 2012 rpm ga naik, kalau ac hidup, tolong penjelasanya mss, trim’s


    • MasMun
      October 27, 2015

      Kalau rpm mesin bertahan(tidak turun) ketika AC sedang bekerja sebenarnya itu sudah dinaikkan mas Rahman, kalau tidak dinaikan rpm bisa turun 200 hingga 300rpm tapi karena iddle up-nya bekerja sehingga rpm mesin bisa bertahan.


  • anton
    September 17, 2015

    Mas mun
    Saya pake karlo 11…
    Klo ac dihidupkan rpm malah turun…bukanya naik…sudah saya cek ke bengkel selenoid. dan dibersihkan namun hasinya tetapa sama…
    Mohopencerahanya mas mun
    Trimakasih…


    • MasMun
      September 29, 2015

      RPM-nya turun ke berapa ketika AC menyala mas?


  • kristianto
    September 4, 2015

    Hi MasMun, AC karimun saya tidak dingin apalagi jika full 5 orang, padahal malam.
    klo hanya berdua dan mlm seh dingin. Yg paling parah siang dan full 5 orang, panas bgt. Pls advice..


    • MasMun
      September 28, 2015

      AC kurang dingin ketika siang karena memang udara di luar lebih panas apalagi jika diisi hingga 5 orang tentu jumlah panas dari tubuh penumpang juga meningkatkan suhu kabin, kalau kondisi begitu sebagus apapun AC kecepatan putaran kipas blower AC perlu disetel ke level 2.

      Jika masih kurang dining juga, ada kemungkinan komponen AC khususnya Evaporator sudah kotor. Bisa dibawa kebengkel resmi atau bengkel spesialis AC untuk dibersihkan dan jangan lupa pasang filter kabin agar lebih awet bersihnya.


  • nyikoneng
    August 18, 2015

    mas, sy pake KE 2008, keluhannya utk AC, udara dr luar msk ke dlm kabin, pdhl setelan AC sudah diatur sedemikian rupa sesuai petunjuk.
    kira2 apa & bgmn permasalahan dan solusinya ya mas?
    suwun.. :)


    • MasMun
      August 19, 2015

      Memang begitu mas, jadi di lubang ventilasi depan memang tidak tertutup rapat agar udara dari luar kabin dapat sedikit masuk ke kabin. Solusinya di tutup rapat saja bagian ventilasi yang ada dibawah wiper depan, bawa aja ke bengkel resmi kalau pas service dan minta ditutup sekalian. Paling kena biaya Rp 30.000.


  • bayu
    July 25, 2015

    Salam kenal Mas.
    Saya punya estilo 2011, baru-baru ini tombol AC saya tidak menyala saat ditekan, namun AC terasa tetap menyala, lampu sein juga tidak menyala namun lampu hazard menyala. kira2 permasalahannya dimana ya Mas?

    Terima kasih.


    • MasMun
      July 26, 2015

      Waduh… Coba dicek sikring-nya dulu mas. Ada artikelnya di blog ini, monggo dicari dulu.


  • satrio
    July 12, 2015

    Instrumen pengaturan udara sama sekali tidak ada di Wagon R. Sepertinya bila perlu sirkulasi udara silahkan buka kaca. Betul2 LCGC…


    • MasMun
      July 12, 2015

      LCGC kasta tertinggi padahal,,, agak ngerasa aneh gak sih Om satrio? Menurut sy kalau dibanding dashboard KarLo jadi kayak terkesan polos banget gitu :D


  • hubert
    May 20, 2015

    Salam kenal, sy punya estilo 2008, saat hujan gerimis sy menyalakan ac dan mengarahkan hembusannya ke kaca mobil, namun yg terjadi di kaca bagian luar mengembun sehingga menghalangi pandangan. Untuk menghilangkan embun nya dg cara disapu oleh wiper. Pertanyaannya: apakah ada cara lain untuk menghilangkan embun selain disapu dg wiper? atau bagaimana pengaturan tombol-tombol yg benar agar kaca depan tidak mengembun? Ini terjadi pada saat hujan gerimis atau setelah hujan berhenti tapi suhu di luar masih dingin, sedangkan wiper sudah dimatikan. Jadi mau tidak mau sesekali wiper diaktifkan untuk menyapu embun yg ada di luar kaca mobil. Terima kasih sebelumnya.


    • MasMun
      May 22, 2015

      Kalau embun di kaca dalam cukup menyalakan AC seperti biasa maka akan hilang dengan sendirinya, untuk yang diluar memang kalau dingin biasanya berembun juga dan saya biasa menghilangkannya juga dengan wiper yg menyala sendiri setiap beberapa detik(intermittent mode). Kalau mudah sekali berembun bisa dicoba dengant tembakau rokok yang sedikit dibasahi kemudian dioleskan di kaca luar mobil.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+