Perpanjang Selang AC Mobil Bebas Resiko Karat

3

Seperti kita tahu bahwa sistem pendingin memiliki jalur pembuangan air, sayangnya selang AC mobil di Karimun Estilo tidak panjang. Akibatnya air dingin pembuangan AC tersebut menetes di atas besi steering rack yang tepat berada di bawahnya, memang sih kemungkinan karat kecil tapi tetap saja ada kemungkinannnya. Besi di bagian bawah mesin tentu panas dan bisa dibayangkan jika setiap saat ditetesi air dingin buangan AC terus-menerus tentu lama-lama tetap resiko karat akan muncul.

Saluran Pembuangan Ac di Ruang Mesin Pendek

Saluran Pembuangan Ac di Ruang Mesin Pendek

Selang pembuangan AC yang pendek ini bukan saja milik Karimun Estilo, serupa dengan Toyota Agya, Avanza, Daihatsu Ayla, Suzuki Wagon R dan beberapa mobil lainnya selangnya dibuat pendek hanya berupa lekukan “L” di firewall ruang mesin, sehingga air menetes dari posisi yang cukup tinggi dan ketika mobil sedang dalam kecepatan tinggi tentu tetesan air AC yang dingin tersebut juga dapat mengenai firewall ruang mesin.

Untuk mengatasinya caranya cukup mudah, tinggal menyambungnya saja menggunakan selang air supaya tetesan air dapat diarahkan langsung menetes ke tanah tanpa mengenai steering rack dan firewall di bawahnya. Yang dibutuhkan hanyalah selang air yang ukuran diameter dalamnya seukuran jari telunjuk orang dewasa dan pengikat kabel plastik atau bisa juga menggunakan kawat aluminium(jangan menggunakan kawat besi biasa).

Selang Ac Mobil Karimun Estilo

Menyambung Selang Ac Mobil Karimun Estilo tambahan(berwarna biru)

Berikut langkah-langkah untuk menyambung selang AC:

  1. Buka kap mesin dan dari posisi depan lihatlah dinding ruang mesin(firewall) sebelah kanan ketika anda menghadap ke mesin maka anda akan menemukan potongan saluran air yang menghadap ke bawah.
  2. Dongkrak ban depan mobil Suzuki Karimun Estilo anda.
  3. Sambung potongan selang tambahan di saluran pembuangan AC yang pendek tersebut. Kemudian ikat dengan cable ties atau kawat aluminium.
  4. Posisikan ujung bawah selang tambahan tersebut di depan steering rack yang melintang kemudian ikatkan dengan steering rack, tidak perlu terlalu kencang. Fungsinya agar bobot selang tambahan tidak hanya bergantung pada saluran pembuangan AC yang berada di atasnya.
  5. Potong selang tambahan kira-kira 2cm dibawah steering rack.

Dengan langkah sederhana ini maka air buangan AC dapat langsung mentes ke bawah tanpa perlu mengenai komponen-komponen mobil. Sederhana sekali, sayangnya pabrikan mobil tidak berinisiatif untuk membuat selang AC yang lebih panjang.

 

Topik: Mesin | Tagged , pembuangan air ac mobil, pembuangan air ac, menyambung jalur pembuangan air ac agya, pembuang air di mesin panther, cara menyambung selang ac mobil.

3 comments
  • eko
    September 27, 2016

    Mas mun mau tanya, NKE sya pada saat AC di nyalakan tarikan mesin jd berat, ap itu normal?


    • MasMun
      September 28, 2016

      Normal mas EKo, semua mobil juga begitu tapi lebih terasa di mobil city car karena mesinnya kecil.


  • eko auli yanuar
    April 8, 2015

    Mungkin untuk mengurangi biaya produksi om. Hehehe


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+