Pilihan Air Radiator Coolant Terbaik di Pasaran

10

Menjaga temperatur mesin dalam level normal merupakan hal yang mutlak entah itu pada setiap mesin mobil, jika mesin overheat melebihi batas normal maka mesin akan mati dan akan berdampak pada komponen di dalam mesin. Itu sebabnya sistem pendingin mesin termasuk air radiator menempati fungsi penting dalam menentukan performa sebuah kendaraan. Belum lagi faktor eksternal yang memperberat seperti suhu udara yang cukup panas dan faktor kemacetan lalulintas, sehingga perlu bagi kita untuk memilih mana radiator coolant yang terbaik.

Sayangnya beberapa pemilik mobil yang masih awam memilih untuk tidak menggunakan radiator coolant. Mereka memilih untuk mengisi air radiator dengan air keran biasa atau air mineral. Padahal hal tersebut tidak baik untuk jangka panjang karena air mineral bersifat korosif terhadap mesin dan lebih mudah menguap. Sebagai contoh, ketika Mas_Mun masih menggunkan mobil lama(bermerek “H”) karena ketidaktahuan fungsi air radiator maka setelah menguras radiator hanya mengisinya kembali dengan air keran murni, dampaknya tidak terasa langsung, suhu mobil masih normal dan tidak ada gejala apa-apa. Namun hampir satu tahun kemudian mobil mengalami overheat setelah dicek sistem pendinginnya dari radiator, selang, dan thermostat ternyata semuanya penuh dengan endapan karat karena hanya diisi dengan air keran tanpa radiator coolant sama sekali.

Itulah mengapa radiator coolant yang baik bukan hanya menjaga suhu kerja ideal pada mesin tapi juga mencegah timbulnya karat pada internal sistem pendingin mesin. Saat ini cukup banyak radiator cooolant yang beredar di pasaran, apalagi saat ini banyak merek baru yang harganya cukup miring. Mas_Mun sempat baca di Autobild Indonesia yang melakukan pengetesan beberapa merek produk tersebut yang beredar di pasaran, pengetesannya berdasarkan dua parameter yaitu Kandungan konsentrat Propylene dan Harga. Air coolant yang baik konsentratnya berada di angka -20 sampai -50. Semakin tinggi angka minusnya, semakin baik dan untuk menilai kandungan konsentrat digunakanlah alat refractometer. Sebagai perbandingan, air murni biasa kandungan konsentratnya berada pada angka 0(Nol). Berdasarkan pengujian yang dilakukan, Prestone radiator coolant berada pada hasil teratas dengan nilai konsentrat Propylene yang tertinggi.

Kalau ditanya, Untuk mobil Suzuki Mas_Mun pilih radiator coolant yang mana? Jawabannya ya Suzuki Coolant SGP(kemasan 4 liter), alasannya simple karena rekomendasi pabrik jadi sudah pasti aman, syukur selama ini mesin tidak pernah overheat dan ketika menguras radiator Karimun air buangannya tidak ada endapan karat sama sekali, kemudian yang terpenting harganya justru lebih murah dari Prestone radiator coolant(kemasan 3,78 liter). :D :D :D

- Prestone

Prestone Radiator Coolant

Harga : Rp 129.000 [Recomended]
Rating: * * * *
Kandungan Konsentrat: -18

Hasil tes kami, produk yang satu ini mencapai kandungan konsentrat -18 di fractometer. Ini menjadikannya sebagai produk dengan performa terbaik yang bisa dimiliki.

- Top 1 

Top One Coolant

Harga : Rp 57.000 [Best Buy]
Rating: * * * * *
Kandungan Konsentrat: -8

Dengan kandungan konsentrat -8, cairan pendingin lansiran Top1 ini mendapat poin optimal sebagai kedua terbaik. Dengan banderolnya Top1 merupakan kedua termurah di antara semua radiator coolant yang kami tes.

- Master Radiator Coolant

Master Coolant

Harga : Rp 82.900
Rating: * * *
Kandungan Konsentrat: -7

Kan­dung­an konsen­tratnya di angka -7, alias membuatnya ber­hak menempati urutan ketiga.

- Carrera

Carrera Coolant

Harga : Rp 57.900
Rating: * * *
Kandungan Konsentrat: -3

Harga yang ditawarkan Carrera lebih menarik dari Pro-V karena lebih murah. Tidak banyak karena selisihnya sangat tipis. Namun ternyata performanya malah lebih baik dari rivalnya itu.

- Pro-V

Pro-V Coolant

Harga : Rp 64.900
Rating: * *
Kandungan Konsentrat: -2

Bisa dibilang kandungan konsentrat Pro-V berada di papan tengah. Sedikit di atas garis air (0), cairan pendingin ini memberi performa biasa saja.

- Megacool

Megacool Coolant Termurah

Harga : Rp 16.000
Rating: * * *
Kandungan Konsentrat: -1

Sedikit di atas garis air (waterline) membuat penca­paian Megacool tak bisa dibanggakan. Tapi istimewa­nya adalah ia pu­nya harga paling murah.

- Dobeli RC10

Dobeli RC10

Harga : Rp 89.900
Rating: *
Kandungan Konsentrat: 0

Terkejut saat melihat kandungan konsentrat Dobeli berada di titik 0. Angka ini mengartikan kalau ia sama dengan air biasa, penilaian poin Dobeli semakin turun karena dari sektor harga ia merupakan kedua termahal setelah Prestone.

Topik: Mesin | Tagged air radiator yang bagus, air radiator mobil yang bagus, air radiator terbaik, harga coolant, air radiator coolant yang bagus.

10 comments
  • Eric
    November 22, 2016

    Kl utk ertiga seken yg bagus tp murah yg mana ya..brp hrga nya..kl mau beli kmn ya… trims


    • MasMun
      November 30, 2016

      Kami menyarankan pakai Suzuki Radiator Coolant, sudah terbukti dan harganya juga lebih murah daripada yg merek terkenal.


  • aan
    November 18, 2016

    consetrate radiator coolant suzuki berapa mas…? ;)


    • MasMun
      November 22, 2016

      Rp 110.000, tipe-nya yang ready to use ya mas jadi bukan yg dicampur air lagi.


  • agungdn
    October 21, 2016

    Masmun, mau tanya knp indikator oli selalu menyala sekitar 1 detik tiap pagi setelah starter mesin nyala, habis itu tdk nyala lg, masih normal tdk ya? Tks


    • MasMun
      October 25, 2016

      Normal kok yang tidak normal jika ketika mesin nyala kemudian tiba-tiba indikator oli-nya hidup.


  • yuddy arista
    August 10, 2016

    Mas Mun, salam kenal saya pakai estilo 2010 3 cyl, baru ambil second, tanya dong, kalo indikator suhu di mobil ini memang tidak tersedia ya? jadi bgmn kita bisa tahu suhu normal atau ga nya? Thanks a lot untuk pencerahan nya


  • darwis
    May 25, 2016

    mas mun, nke 2010 saya ternyata pakai air biasa untuk radiator, kalau mau ganti air radiator coolant prosedurnya bagaimana?
    perlu diflush dl ga?


    • MasMun
      May 26, 2016

      Kalau sudah lama pakai air biasa biasanya karatnya sudah banyak, sebaiknya pakai radiator flush dulu untuk bersihkan karat di bagian dalamnya. Setelah itu dikuras lagi baru diisi radiator coolant.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+