Rotasi Ban Mobil Agar Keausan Lebih Merata

6

Jika anda memperhatikan mobil anda pernahkah anda berpikir mengapa ban depan mobil lebih cepat aus atau habis dibandingkan bagian belakang? Untuk mengukurnya anda dapat menggunakan uang logam yang diletakkan dengan posisi tegak dalam kembangan atau alur pada tapak ban, ketika diukur kedalaman alur tapak ban depan dan bagian belakang mobil anda maka biasanya ban depan akan lebih cepat berkurang ketebalannya.

Sebabnya adalah karena pada kendaraan pribadi beban kerja roda depan lebih berat dari pada beban kerja roda belakang. Pada mobil penggerak roda depan seperti pada jenis sedan, city car, small mpv(Honda Mobilio, Jazz, Suzuki Ertiga, Chevrolet Spin), beberapa SUV(Kia Sorento, Hyundai Santa Fee) roda depan bertugas sebagai penggerak kendaraan. Selain itu juga sebagai penghenti laju kendaraan karena lebih dari 60% kerja rem mobil bertumpu pada rem depan mobil(itu mengapa biasanya rem depan mobil Cakram dan yang belakang teromol). Roda depan juga berfungsi mengarahkan kendaraan, ban yang berbelok menciptakan gesekan lebih dengan aspal.

Cara Merawat Ban Mobil Dengan Rutin Merotasi

Cara Merawat Ban Mobil Dengan Rutin Merotasi

Tidak cukup hanya itu, roda depan juga sebagai penopang beban utama mobil yaitu mesin dan gear box, jika pada mobil pengangkut komersial(misal truck atau bus) rancangan beban utamanya adalah muatan yang diangkut pada bagian belakang maka pada kendaraan penumpang pribadi beban utamanya adalah adalah mesin, gear box dan biasanya hanya berisi dua penumpang di depan. Seluruh beban tersebut lebih terpusat pada roda depan, sehingga kalau anda perhatikan dalam kondisi mobil terparkir ban depan mobil terlihat lebih kempes dibandingkan ban belakang karena pada saat kondisi diam saja beban mobil terpusat di depan. Jika anda mengerem mendadak pada saat mobil melaju maka roda depan menanggung beban lebih besar lagi karena menahan momentum mobil untuk maju dan mayoritas gaya itu tertahan di rem depan sehingga distribusi bobot kendaraan semakin terpusat di depan.

Karena beban kerja yang tidak merata itulah maka diperlukannya rotasi ban mobil. Hal itu dilakukan dengan tujuan untuk membagi keausan ban mobil agar lebih merata, jika rotasi ban tidak pernah dilakukan maka dapat dipastikan umur pemakaian ban mobil akan singkat karena yang depan lebih cepat habis sedangkan ban belakang masih tebal. Kerugiannya adalah anda akan lebih cepat mengganti kedua ban depan padahal penggantian ban mobil sebaiknya dilakukan secara keseluruhan.

Kapan perlu dilakukan rotasi ban mobil? Sebaiknya dilakukan berbarengan dengan Spooring dan balancing setiap 20.000 kilometer. Untuk rotasi roda sebaiknya anda memperhatikan kembangan atau alur ban yang anda gunakan, jika tertera arah putaran ban maka rotasi hanya bisa dilakuakan dengan memindah roda depan ke belakang dan sebaliknya. Tapi jika tidak tertera arah putaran dengan kata lain ban boleh berputar dengan arah kebalikannya maka rotasi dapat dilakuakan dengan menyilang roda depan kanan dengan roda kiri belakang dan sebaliknya.

Petunjuk Bagaimana Urutan Rotasi Ban Mobil

Petunjuk Bagaimana Urutan Rotasi Ban Mobil

Bukan hanya itu, silahkan anda melihat tipe ban serep yang dimiliki mobil anda. Jika ban serep menggunakan jenis, ukuran ban dan velg yang sama persis dengan roda lainnya maka untuk rotasi ban anda perlu meyertakan ban serep. Namun jika ban serep yang digunakan mobil anda tipe temporary(biasanya pada mobil Honda dan mobil merek-merek Eropa) yang hanya digunakan pada saat emergency, maka rotasi hanya perlu dilakukan pada empat roda yang terpasang.

Sebenernya cara merawat ban mobil cukup mudah, yaitu: Rutin spooring, balancing dan rotasi cukup dilakukan setiap kelipatan kilometer 20.000, kemudian jangan lupa untuk mengecek tekanan ban mobil sebulan sekali.

Topik: Roda | Tagged , , rotasi ban mobil, rotasi ban, cara merotasi ban mobil, ban mobil yang cepat habis depan atau belakang, pengertian rotasi ban.

6 comments
  • hubert
    August 31, 2015

    Baut nya sih ga ada masalah mas mun, semuanya sudah lepas,copot bautnya sih gampang, tapi yg sy heran semua baut udah lepas tapi bannya masih nempel ga bisa dicopot spt masih ada bautnya, kenapa ya?


    • MasMun
      September 28, 2015

      Coba ditarik ke arah luar yang kenceng, kemungkinan karena karat sehingga menempel antara tromol ke permukaan dalam velg.


    • Edwin
      September 30, 2015

      Itu gara2 di cabut sesudah di dongkrak. Turunkan Lalu masukin lagi baut2nya Lagi lalu goyang2 mobilnya. Waktu puter baut secukupnya saja. Cuman untuk Biar nga molos jatoh nanti.


  • hubert
    August 30, 2015

    Tolong pencerahannya nih, saya mau rotasi ban, tapi kenapa ban bagian depan setelah dicopot semua bautnya kok bannya susah dilepas, seperti nempel. Mau dipaksa takut merusak komponen lain. Tolong bagaimana triknya pdhl ban belakang gampang aja dicopot. Trimakasih sebelumnya..


    • MasMun
      August 30, 2015

      Kadang baut roda memang susah dilepas, biasanya caranya melepasnya perlu sedikit dipaksa dengan cara menginjak kunci rodanya. Kalau ngelepas baut roda depan pastikan roda dalam kondisi lurus mas Hubert.


  • mukhlis
    July 20, 2015

    Wah trims info nya, soalnya ni lagi ngincar estilo 2012, tpi pingin warna item, moga kelaksan amien


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+