Service Berkala Pada Mobil Modern Saat Ini

33
Karimun Estilo Menunggu Giliran di Bengkel resmi

Karimun Estilo Menunggu Giliran di Bengkel resmi

Service berkala atau service rutin pada mobil menjadi prosedur yang diwajibkan oleh pabrikan kepada kita sebagai pemilik mobil. Tidak tanggung-tanggung akibatnya, apabila pemilik mobil yang masih dalam masa garansi lalai melakukan perawatan berkala di bengkel resmi maka garansi yang dimiliki bisa hangus alias tidak berlaku lagi. Sebenarnya langakah apa saja sih yang dilakukan ketika melakukan service berkala pada mobil kita?

Tiga hal utama yang dilakukan pada service rutin adalah pembersihan, pemeriksaan dan penggantian. Intinya yang dilakukan entah itu service mobil Honda, Toyota atau Suzuki adalah tiga hal tersebut. Contoh bagian yang dilakukan pembersihan adalah saringan udara dan busi. Kemudian untuk pemeriksaan dilakukan pada rem, air radiator, karet-karet pada roda depan, dan lain-lain.Fungsi dari pemeriksaan adalah ketika ada indikasi kerusakaan kecil maka akan segera ditangani agar tidak menimbulakn kerugian yang lebih besar. Untuk penggantian seperti pada busi, air radiator, oli gearbox(presneling), minyak rem(semuanya berdasarkan periode tertentu), dan yang paling sering adalah oli mesin beserta saringannya.

Sebagai contoh, ketika Mas_Mun melakukan service rutin penggantian minyak rem Suzuki Karimun Estilo, yang berdasarkan buku service Suzuki adalah setiap 20.000 kilometer. Di setiap bengkel resmi prosedur penggantian minyak rem diikuti dengan pembersihan kampas rem dan pemeriksaan komponen rem. Setelah di cek ternyata ada seal piston pada rem teromol belakang yang perlu diganti, akibatnya jika tidak diganti maka kampas rem akan selalu menempel di rumah teromol sehingga kampas akan cepat sekali habis. Harga komponen seal tersebut hanya Rp 28.000 dan biaya pemasangannya gratis karena masuk di jasa kuras minyak rem, tapi apa akibatnya jika tidak diketahui sejak awal? Yaitu perlu mengganti kampas rem belakang karena akan cepat habis akibat bersentuhan terus dengan rumah teromol, harga part-nya Rp 550.000. :(

Jadwal Service Berkala Suzuki Karimun

Jadwal Service Berkala Suzuki Karimun

Sebenarnya ada satu hal yang saat ini sudah tidak dilakukan ketika service berkala pada mesin mobil-mobil moderen, yaitu penyetelan. Penyetelan yang berhubungan dengan mesin pada mobil terdahulu meliputi penyetelan klep, karburator dan pengapian, namun untuk mesin moderen seperti pada Suzuki all new Swift, Ertiga dan Karimun Estilo/ Wagon R saat ini semua hal tersebut sudah tidak diperlukan lagi karena teknologinya sudah berbeda dengan mobil di periode tahun 90-an. Karimun Estilo dan Wagon R hanya memerlukan pengecekan celah klep setiap 30.000 kilometer.

Jadwal penggantian spare part rutin

Untuk Service Mobil Suzuki, berikut ini jadwal penggantian rutin spare part pada mobil anda ketika melakukan perwatan berkala berdasarkan buku pedoman pemilik kendaraan:

  1. Setiap 5000km dan kelipatannya: Ganti Oli + Filter Oli.
  2. Setiap 20.000Km dan kelipatannya: Penggantian setiap 5000km + Ganti Busi + Oli transmisi + Kuras Minyak Rem.
  3. Setiap 40.000Km dan kelipatannya: Penggantian setiap 20.000km + Filter Udara + Kuras Radiator.
  4. Setiap 100.000Km dan kelipatannya: Penggantian Timming belt Seperti pada Karimun Estilo 4 silinder dan Suzuki Swift lama.

Tambahan: Untuk harga service mobil Suzuki New Karimun Estilo di Bengkel resmi sebesar Rp 450.000, namun berdasarkan sharing teman-teman harga tersebut berbeda-beda untuk bengkel Suzuki, tergantung lokasi kotanya.

Topik: Mesin | Tagged , servis berkala pada mobil, service berkala mobil, servis berkala mobil, perawatan berkala mobil, service mobil.

33 comments
  • sigit
    November 21, 2016

    Selamat pagi mas, mau tanya nih, kmaren ke Beres Suzuki nanya estimasi servis ertiga di KM 40.000, sesuai yang ada di buku servis aja sih yg ane tanyain ke Beres.

    Ada beres yang nawarin:

    – engine tune up and scan electrical engine.
    – carbon cleaner
    – Fuel set system cleaner

    Itu perlu diambil gak ya mas?

    oia….kalo kuras minyak rem apa sekalian servis rem 4 roda ya?


    • MasMun
      November 22, 2016

      Semua mobil Suzuki Tune Up masih gratis hingga 50.000 kilometer mas Sigit, scan electrical engine tidak perlu jika tidak ada indikator yg menyala. Fuel system dan Carbon cleaner tidak wajib, hanya saja sebaiknya sebelum 50.000 dilakukan penggantian filter bensin sekalian kuras tangki bensin.


  • asep
    November 15, 2016

    masmun mo tanya kalau harga vbelt estilo berapa ya, soalnya sudah 80.00km


    • MasMun
      November 22, 2016

      V-belt nya ada dua mas Asep, satu untuk menggerakan alternator satu lagi untuk kompresesor AC. Masing-masing harga V-belt nya sekitar Rp90.000-an.


  • Hermiawan
    October 9, 2016

    Mas untuk gambar jadwal perawatan berkalanya, saya boleh minta file yang masih berformat .pdf .dic ? Kalo masih ada


    • MasMun
      October 15, 2016

      Yang diatas format gambar bisa di save juga kok pak.


  • eric bana
    October 4, 2016

    Siang Mas Mun.. Saya baru dapat estilo 2011 Km nya 45.000 an kalau mau service kira2 apa aja yg di ganti dan berapa estimasi biayanya Mas Mun. Terus kalau service di beres sudah online belum untuk mengetahui history service sebelum nya.. Mohon saran dan masukan nya. Tks


    • MasMun
      October 4, 2016

      Untuk jarak tempuh segitu fan belt sebaiknya sudah diganti, biayanya sekitar Rp 200.000(2buah, belt alternator dan kompresor AC). Kemudian yang lainnya hanya cairan saja sih, seperti Oli mesin, oli presneling, minyak rem(sekalian cek + memebrsihkan rem), dan ganti radiator coolant. Sama busi dan saringan udara, keduanya seharusnya sudah pernah diganti di jarak tempuh 40.000 kilometer.

      Biayanya total kurang lebih Rp 1juta mas Eric(bukan di Bengkel Resmi).


  • mila
    August 22, 2016

    gan maw nanya saya maw servis karimun wagon r gs 2014 di km 24.500, kmren trakhir servis di km 19.000 cuma kena ganti oli 250rb, kira2 skrg kena biaya berapa ya? thx gan


    • MasMun
      August 29, 2016

      Kelipatan 5000 ribu biasanya hanya ganti oli+filter dan biaya jasa pengeceekkan Rp 100.000. Service berkala di 20.000 kilometer kemarin harusnya sudah ganti busi loh mbak Mila dan sebaiknya diikuti rotasi ban + spooring-balancing.


  • Satria utomo
    August 13, 2016

    Om..sy baru dpet karimun estilo 2012 km 75 rbuan klu servis kr2 biayany brp y…


    • MasMun
      August 14, 2016

      Service di Beres sekitar 200 ribuan jasanya saja pak Utomo, oli mesin skitar 230ribu, oli gearbox rp 200ribuan, busi (3buah) 120ribu, filter oli 30ribu. Tinggal dimana pak Utomo? Kalau di Jakarta bisa kami bantu.


  • Denjo
    August 1, 2016

    Siang mas mun,mw tanya…sy kan baru beli new karlo 2011 km nya 43 ribu apakah masih dapet service gratis ga ya di beres?tp sebelumnya sm pemilik yg dulu ga servise di beres(sy lihat di kartu service)


    • MasMun
      August 2, 2016

      Masih mas,, masih dapet jatah free service sekali itu di km 50.000. tinggal tunjukin buku servicenya saja. Saran saya yg sekarang service biasa dulu(tidak gratis jasa) nah nanti yang 50.000 kilometer baru pakai yang gratisnya. Btw, dapet harga berapa mas Denjo Karlo 2011-nya?


      • Denjo
        August 2, 2016

        Makasih mas mun saran nya..sy dapet 80 jt mas mun


  • Arif
    July 13, 2016

    Mas mun – sore , salam kenal
    Saya baru saja ke beres , service wagon r mt
    Km skrng 43, hanya ganti oli komplit
    Harusnya service besar 40km , sayang mahal banget Rp 1,8jt, jd nunggu 5rb berikutnya saja

    Yang saya mau tanya. Bila sudah sampai 50rb km. Garansi sudah habis ya. Tidak berlaku lagi
    +Kena biaya jasa service ya
    Wagon thn 2015


    • MasMun
      July 16, 2016

      Halo mas Arif kebijakan Suzuki Indomobil saat ini hingga jarak tempuh 50.000 kilometer masih dapat service gratis tanpa batasan waktu, nanti ke bengkel-nya pas 48.000 kilometer saja. Untuk 40.000 Kilometer sesuai prosedurnya memang sudah butuh banyak penggantian seperti ganti saringan udara, busi, radiator coolant, minyak rem, dan oli transmisi, untuk Suzuki Karimun Wagon R biaya total penggantian part ketika service 40.000 Km sekitar Rp 1.267.000(tidak samapi Rp 1,8jt).

      Saran saya sebaiknya yang sudah waktunya di ganti tetap diganti, namun jika dirasa terlalu mahal dan agar tidak terlalu membebani dapat diganti secara bertahap. Misal ganti Oli(sudah), kemudian selanjutnya ganti busi+filter, radiator coolant, dan seterusnya.


  • Benk
    June 8, 2016

    Ass mas mun,punya saya karlo 2011,km 53000.kira2 dh waktunya ganti vbelt ap blm?thanks ats infonya.


    • MasMun
      June 16, 2016

      Sudah kelewat mas, anjuran Suzuki penggantian belt dilakukan setiap 40.000 kilometer.


  • arifin
    February 11, 2016

    sore mas mun..maaf mau tanya ttg karimun estilo 2008 hibahan adik saya krn dia dpt rush,krm waktu serah terima dia bilang blom ganti olie dan kata dia suruh ke sh*p&drive aja..nah beda nya sh*op&drive dan beres apa yah…krmn hanya ganti olie c*strl mgantec ksh cairan ke mesin sblm olie di ganti.km dh 13n thx *minta saran untuk perawatannya coz saya msh lbh nyaman pake roda 2 di banding 4


    • MasMun
      February 12, 2016

      Setahu saya shop & drive itu cuma untuk penggantian ban, aki(gratis cek), oli(plus biasanya bonus filter ori yg non-Ori). Kalau bengkel resmi ya untuk perawatan dan perbaikan komplit. Jadi kalau “service”-nya ke shop and drive paling ganti oli, cek aki sama tekanan ban aja.

      Cairan yang dimasukkan ke mesin sebelum ganti oli adalah engine flush, gunanya adalah membersihkan sisa oli sebelumnya. Biasanya engine flush digunakan kalau mau ganti merek oli, agar tidak tercampur dengan sisa oli sebelumnya. Engine flush itu hanya untuk membersihkan, habis itu dikeluarkan lagi untuk kemudian diisi oli yang baru, oh iya setiap penggantian oli sangat disarankan untuk mengganti filteroli juga.

      Untuk perawatan rutin mobil Suzuki tinggal lihat tabel di atas saja, lihat berdasarkan kilometer atau waktunya.

      Semoga membantu.


  • herwin lal
    February 11, 2016

    kWR saya dikit lagi nyentuh 20rebu km. klo biaya servis sy liat kena 1.xxx.xxx, melihat manual book yang diganti kan cuman oli, filter oli, busi dan oli transmisi… rasanya kok biaya sperpart gak nyentuh 1.xxx.xxx,, apa bisa saya cuman bayar sesuai sperpart yg diganti saja… tngkyu


    • MasMun
      February 11, 2016

      Jangan lupa di 20.000 kilometer ada penggantian minyak rem.
       

      • Biaya jasa dan part ganti oli mesin+filter= +/- Rp250.000
      • harga busi karimun wagon R 3buah= +/- Rp120.000
      • ganti oli transmisi= +/- Rp200.000
      • Biaya jasa kuras dan service rem di bengkel resmi Suzuki(termasuk part)= +/- Rp320.000.

       
      Silahkan di total sendiri pak Herwin. Tapi itu harga service berkala untuk bengkel resmi di Pulau Jawa, biasanya beda pulau ada perbedaan sedikit. Kalau mau ganti sesuai spare part yang dinginkan saja bisa pak Herwin, tapi beresiko garansi mobil jadi hangus.


  • Cakra
    January 26, 2016

    Saya Tahun lalu bulan 5 (May awal 2015) karimun wagon R type GS. Jarang Saya pakai..hingga kini (bulan January 2016) baru 1X Saya service pas kilometer 600an Dan skrg sdh 2978km, udah 3X Suzuki dealer ingetin service seh tp Saya bingung neh Krn kilometer rendah jarang pakai sementara bulan Trus ber jalan. Baiknya gmn ya?apa tetap Saya service?cost Nya msh gratis apa bayar brp? Thanx u


    • MasMun
      February 5, 2016

      Ikuti aja anjuran di buku service manualnya kan ada batas kilometer atau jangka waktu mana yang lebih dulu. Walaupun kilometer belum mencapai tapi kan ada batas waktunya jadi tetep harus service kalau tidak garansi mobil jadi hangus(tidak berlaku). Service tetap gratis selama belum 50.000km(yang 5000km, 10.0000 km dan kelipatannya.

      Oh iya oli tetep harus diganti ya maksimal setahun sekali ketika jarak tempuh masih belum mencapai batas penggantian sekalipun.


  • nurudin
    October 30, 2015

    share aja bos,, habis tune-up di beres ungaran habis 620.000 T.T


    • MasMun
      October 30, 2015

      Kilometer mobil sudah berapa Mas Nurudin? Normal sih biaya segitu, yang diganti hanya oli+filter kan?


  • dedi
    September 25, 2015

    salam kenal pak,saya baru beli karlo 2010 km 60.000,tapi gak ada servis recordnya,saya tanyain sama yg punya gak ada,,
    apa Beres Suzuki mau menerima jika saya ingin melakukan servis /tune up?


    • MasMun
      September 26, 2015

      Salam kenal Mas, beres Suzuki tetap akan menerima service walau tanpa buku service. Jadi tidak usah khwatir, nanti mereka akan menyarankan penggantian atau perawatan berdasarkan jarak tempuh Karimun Estilo milik nas Dedi.


  • Tomi
    August 27, 2015

    Assalamu’alaikum wr. wb. Salam kenal MasMun. Saya punya Ertiga tetapi masih awam untuk perawatannya. Mohon petunjuk, berapa km Suzuki Ertiga saya harus ganti oli? kelipatan 5.000 atau 10.000 km? Apakah ketika rotasi ban di bengkel resmi harus spooring dan balancing? Berapa biaya spooring dan balancing di bengkel resmi suzuki? Terakhir, BBM jenis apa yang cocok bagi Ertiga? Terima kasih.


    • MasMun
      August 29, 2015

      Ganti oli dilakukan setiap kelipatan 5000 kilometer mas Tomi. Rotasi ban sebaiknya juga diikuti dengan spooring dan balancing. Untuk biayanya di bengkel resmi Suzuki saya tidak ingat pastinya, tapi kalau biaya dibengkel ban ada di link ini: biaya spooring balancing.


  • gugun
    July 27, 2015

    tanya mas mun, klo untuk tune up itu apa saja yang diperiksa dan kira2 berapa biayanya ?

    terima kasih


    • MasMun
      August 2, 2015

      Itu digambar ada penjelasannya checklist bagian yang perlu diperiksa atau diganti, yg diberi huruf P= Periksa dan G=Ganti. Untuk biaya Service-nya sekitar Rp400ribu kalau di bengkel resmi.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+