Setelan Ketinggian Lampu Utama di Mobil Karimun Estilo

8

Pertama kali Mas_Mun melihat fitur setelan ketinggian lampu utama di mobil Karimun Estilo yang dapat disetel secara elektris dari dashboard terasa cukup aneh, aneh dalam artian yang positif. Bagaimana tidak, pertama kali tau fitur ini hanya ada di mobil menengah atas seperti BMW 318i generasi E36 ditahun 90-an, lah kok di Suzuki Karimun Estilo yang notabene adalah mobil entry level malah juga sudah tersedia. Selain di Karimun Estilo ternyata fitur penyetalan ketinggian sorot lampu utama secara elektris ini juga hadir di Suzuki Splash namun sayangnya di Karimun Wagon R fitur ini dihapuskan.

Setelan Ketinggian lampu utama Suzuki karimun

Setelan Ketinggian lampu utama Suzuki karimun Estilo

Pada umumnya lampu utama mobil menggunakan setelan tetap sehingga untuk menyetel ketinggian arah sorot lampu harus dilakukan secara manual dengan menyetel baut dudukan rumah lampu yang ada di balik kap mesin. Tentu ini tidak praktis, nah fitur ini mempermudah penyetalan arah sorot cahaya sehingga tidak perlu susah-susah lagi menyetelnya dengan membuka kap mesin dan mengepaskan putaran baut di masing-masing lampu, cukup menyetel ketinggiannya memlalui switch yang terletak pada dashboard di sebelah kanan setir dekat lampu indikator alaram.

Tapi taukah pemirsah kapan arah lampu itu perlu untuk disesuaikan arahnya? Kalau pemirsah jeli sebetulnya di buku manual sudah tertera, bahwa: “Penyetelan ketinggian lampu utama kendaraan diatur berdasarkan kondisi muatan kendaraan”. Iya betul, jadi pengaturan jauh dekatnya ketinggian cahaya headlight bergantung pada beban yang “diangkut” oleh mobil.

Switch penyetel ketinggian lampu mobil

Switch penyetel ketinggian lampu mobil Karimun Estilo

Jika mobil hanya bermuatan pengemudi atau penumpang depan maka dapat disetel dengan setelan sorotan lampu terjauh, namun jika muatan penuh di belakang apalagi sampai membawa barang di bagasi maka setelan sorotan perlu lebih direndahkan lagi. Kenapa? Karena jika muatan di belakang penuh beban jadi tertumpu di roda belakang yang menyebabkan per belakang jadi amblas dan ketinggian body belakang jadi lebih rendah ke tanah dibandingkan bagian depan, dampaknya sorot lampu jadi lebih tinggi sehingga perlu lebih direndahkan agar tidak menggangu pengemudi dari arah berlawanan.

Sebagaimana kita tahu bahwa per suspensi belakang Suzuki Karimun Estilo termasuk kategori empuk dan tidak kaku, sehingga untuk penggunaan harian cukup terasa nyaman namun jika diajak kencang(di atas 100km/jam) baru terasa mengayun. Konsekuensi lainnya suspensi yang empuk adalah ketika membawa muatan penuh body jadi lebih amblas, karena itulah dibutuhkan fitur penyetelan ketinggian lampu utama secara elektris di mobil ini.

 

Topik: Kelistrikkan | Tagged , lampu depan karimun estilo, Letak box sekering lampu karimun estilo, headlamp karimun estilo, harga lampu depan karimun kotak, lampu new karimun estilo.

8 comments
  • LUTFI
    December 13, 2015

    Salam Mas.. Untuk Karimun Estilo 2007 ada pengaturan ketinggian lampu utama, cuma ga berfungsi, coba dibawa ke bengkel suzuki, harus diganti semua sama headlamp..ya.. Mau ditanyakan bisa service bagian dinamo pengaturan ketinggiaanya ga mas..??


    • MasMun
      December 22, 2015

      Harus ganti semua memang karena tidak tersedia part perintilannya. Sebaiknya di cek dulu untuk memastikan bagian yang rusak, bisa jadi kabelnya putus atau switch di dashboardnya yang rusak. Cek perbagian pakai voltmeter, jangan lupa cek sekringnya juga.


  • Anif
    September 13, 2015

    Gimana Mas mun untuk menaikkan dudukan Rumah lampunya.?bautnya emank cuma 2 ya Mas mun.?mohon bantuannya Mas mun.terima kasih.


    • MasMun
      September 28, 2015

      Iya, Bautnya dikendorin terus rumah lampunya digeser mundur dikit yang bagian atas.


  • Anif
    August 26, 2015

    Mau tanya Mas mun lampu saya sudah saya setel paling jauh (0) tetapi saya rasa kurang jauh sehingga pandangan ke depan kurang yg saya khawatirkan kendaraan di depan tidak kelihatan. Gimana cara menaikkan lagi jarak cahaya lampu saya.thanks MAS mun


    • MasMun
      August 29, 2015

      Baut dudukan rumah lampu yang ke body dikendurkan dan rumah lampunya digeser diki supaya menhadap ke atas.


  • anton
    August 14, 2015

    Ok..mas mun..

    Salam persahabatan slalu..
    Anton sidoarjo..


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+