Spesifikasi dan Harga Suzuki Karimun Wagon R Matic

21

Tiba saatnya ditahun 2015 Suzuki Karimun Wagon R matic meluncur di Indonesia setelah kurang lebih setahun yang lalu pihak Suzuki Indomobil memberikan bocoran tentang mobil baru murah ini. Tidak main-main, transmisi otomatis yang dipakai benar-benar pengembangan baru dari Suzuki yang dilabeli Auto Gear Shift(AGS)®. Meskipun transmisi ini merupakan pengembangan baru dari Suzuki namun sebenarnya sudah ada beberapa pabrikan lain yang mengaplikasikan transmisi berjenis semi-automatic transmission (SAT) ini, sebut saja Peugeot di seri 107, Proton pada Savy dan yang belum lama ini meluncur adalah Fiat 500.

Peluncuran Suzuki Karimun Wagon-R GX di IIMS2014 - Ilustrasi

Peluncuran Suzuki Karimun Wagon-R GX di IIMS – Ilustrasi

Pada generasi sebelumnya Suzuki memang tidak menyediakan varian Karimun Estilo matic untuk mesin seri K10B, namun dengan pengembangan ini akhirnya seri mesin yang juga digunakan pada Karimun Wagon R dan Celerio tersebut memiliki ‘pasangan’ baru yaitu gearbox manual dengan modul otomatis. Ya, pada dasarnya transmisi Auto Gear Shift milik Suzuki ini menggunakan transmisi manual yang telah dilengkapi dengan mekanisme Electro-hydraulic untuk menekan kopling dan melakukan perpindahan roda gigi transmisi secara otomatis.

Langkah Cerdas Menggunakan Transmisi Semi Otomatis

Suzuki melakukan langkah cerdas dengan mengembangkan transmisi semi-automatic jenis ini, karena jika masih mengandalkan transmisi otomatis konvensional dengan mekanisme torque coverter seperti yang digunakan pada Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Hyundai Atoz(dulu) maka transfer daya ke roda menjadi tidak efisien. Akselerasi mobil 1000cc yang sudah pas-pasan akan menjadi jauh lebih lambat dengan transmisi otomatis konvensional yang mengandalkan tekanan oli untuk melakukan mekanisme perpindahan gigi.

Komponen Control Actuator AGS Menempel Pada Gearbox

Komponen Control Actuator AGS Menempel Pada Gearbox

Sedangkan jika pada sistem transmisi manual  terdapat pedal kopling dan tuas transmisi yang terhubung ke gearbox menggunakan sling/kawat baja maka mekanisme itu semua dihilangkan pada sistem AGS ini karena digantikan oleh Intelegent Shift Control Actuator(ISCA) yang ‘memerintahkan’ mekanisme Electro-hydraulic untuk menekan pelat kopling dan memindah posisi gigi. Sistem otomatis itu dikemas dengan kompak dan menempel di atas gearbox manual pada Suzuki Karimun Wagon R.

Gearbox Suzuki Karimun Wagon R Otomatis

Gearbox Suzuki Karimun Wagon R Otomatis

Gearbox Auto Gear Shift Suzuki

Gearbox Auto Gear Shift Suzuki

Sayangnya kami belum mendapatkan informasi detail apakah gearbox yang digunakan ini persis seperti yang digunakan pada Wagon R transmisi manual atau tidak, namun jika menggunakan alasan efisiensi sepertinya Suzuki tetap akan menggunakan basis gearbox yang sama namun dengan sedikit perubahan dan penambahan komponen Intelligent Shift Control Actuator. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat gearbox Karimun Estilo dan Wagon R pun sama persis hingga gear ratio disetiap tingkat percepatannya yang membedakan hanya final gear ratio-nya saja.

Baca Juga: Pengalaman Test Drive Karimun Wagon R AGS

Cara Kerja Sistem AGS Suzuki

Kembali ke transmisi semi otomatis AGS Suzuki, Sistem Intelegent Shift Control Actuator pada transmisi tersebut terkoneksi dengan sistem ECU yang mengontrol sistem pasokan bahan bakar dan pengapian di mesin. Akibatnya jika terdeteksi putaran mesin terlalu tinggi(over rev) atau terlalu rendah maka secara otomatis ISCA akan memerintahkan mekanisme  Electro-hydraulic untuk menekan mekanisme kopling dan melakukan perpindahan gigi. Akibatnya adalah konsumsi bahan bakar yang bisa lebih hemat dari pada mobil manual, karena seluruh prosesnya dicontrol secara elektronis terintegrasi.

Mekanisme Electro Hydraulic AGS Suzuki

Mekanisme Electro Hydraulic AGS Suzuki

Cara Kerja semi automatic transmission

Cara Kerja semi automatic transmission

Bahkan karena sistem transmisi otomatis ini pula Suzuki merubah mekanisme ‘buka-an’ valve throttle body pada sistem pasokan bakar yang pada Karimun Estilo dan Wagon R transmisi manual menggunakan sling/kawat maka pada varian Wagon R otomatis ini sudah menggunakan teknologi drive by wire alias terhubung secara elektronis menggunakan kabel. Ujung-ujungnya adalah efisiensi bahan bakar, tidak heran ketika majalah TopGear India melakukan test pada Suzuki Celerio yang menggunakan transmisi AGS yang serupa dengan yang digunakan pada Wagon R ini konsumsi bahan bakar yang diraih justru lebih hemat daripada menggunakan transmisi manual. Jika pada versi manual meraih 15km/liter maka pada transmisi matic AGS berdasar test TopGear justru meraih 18km/liter.

Kelebihan transmisi semi otomatis Karimun Wagon R

Suzuki Global mengklim memiliki beberapa keunggulan dengan sistem transmisi otomatis AGS di Suzuki Karimun Wagon R ini, diantarnya adalah:

  1. Konsumsi bahan bakar yang lebih irit daripada matik konvensional bahkan dibandingkan dengan transmisi manual.
  2. Easy to drive di lalulintas dalam kota.
  3. Minim perawatan layaknya transmisi manual.
  4. Fun to drive karena terdapat mode manual jika anda ingin mengontrol perpindahan gigi secara bebas.
  5. Perpindahan gigi yang lebih halus jika dibandingkan dengan dengan transmisi yang full manual.

Cara mengoperasikannya

Transmisi otomatis terbaru milik Suzuki ini memiliki beberapa posisi tuas yaitu Reverse(R), Neutral(N), Drive(D) dan Manual(M). Tidak ada mode Parking(P) seperti yang terdapat pada tuas matik pada umumnya, jadi ketika parkir letakkan tuas pada posisi Neutral(N) dan tarik rem tangan, persis seperti transmisi manual.

Tuas Transmisi Karimun Wagon R Matic

Tuas Transmisi Karimun Wagon R Matic

Lalu bagaimana cara menjalankan mobil Suzuki Karimun Wagon R atau Celerio bertransmisi otomatis AGS  ini?

  • Cara menstater mesin pastikan tuas pada posisi Neutral(N) kemudian putar kunci kontak.
  • Untuk menjalankan mobil dari posisi berhenti injek pedal rem terlebih dahulu kemudian geser tuas posisi ke “D” lalu injak pedal gas sedikit barulah mobil akan berjalan.
  • Ini yang menarik. Jika dalam mode pengendaraan santai di posisi Drive(D) maka cara untuk menaikan gigi presneling ke posisi gear lebih tinggi cukup angkat sedikit pedal gas layaknya ketika kita memindahkan presneling pada transmisi manual maka gigi presneling akan naik. Ini akan menghemat bahan bakar.
  • Sedangkan jika anda ingin memacu mobil secara agresif pada posisi Drive(D) cukup tekan terus pedal gas maka perpindahan gigi akan dilakukan pada posisi putaran mesin(RPM) maksimal yang diijinkan oleh ECU. Sekedar info, RPM maksimal untuk mesin Suzuki Karimun Estilo adalah 5500Rpm, jika akan melebihi RPM tersebut maka limiter akan bekerja untuk menahan dan mesin seperti tersendat-sendat.
  • Pada posisi D jika anda ingin berakselerasi misalkan untuk menyalip kendaraan di depan, cukup kick down(injak hingga pol) pedal gas dan gigi akan turun 1 tingkat secara otomatis sehingga akselerasi dapat maksimal.
  • Jika anda ingin mengontrol secara bebas posisi gigi transmisi pindahkan tuas ke mode manual. Geser ke belakang(ikon + ) untuk memindahkan gigi presneling ke posisi lebih tinggi dan geser ke arah depan(ikon – ) untuk menurunkan posisi gigi presneling. Layaknya mobil dengan transmisi automatic maka akan ada indikator posisi gigi pada panel instrument speedometer. Walaupun tuas pada posisi mode manual tapi jika RPM mesin terlalu rendah maka secara otomatis presneling akan downshit satu tingkat ke bawah dan jika rpm terlalu tinggi(hingga batas maksimal) maka juga akan otomatis upshit satu tingkat ke posisi lebih tinggi.

Apa yang harus diperhatikan

Selain penggantian oli transmisi hal yang perlu benar-benar diperhatikan dalam pemeliharaan transmisi semi otomatis pada Suzuki Karimun Wagon R Matic dan Celerio ini adalah ‘kesehatan’ kelistrikan  mobil. Kenapa? Kontrol otomatis AGS ini mengandalkan arus listrik dari Aki artinya jika dibandingkan versi manual maka Suzuki Karimun versi matic ini mengkonsumsi daya aki lebih banyak, selain itu sistem elektrik Power Steering pada Suzuki Karimun pun juga mengandalkan arus listrik dari Aki. Jadi pastikan aki dan alternator Karimun Wagon R matic selalu dalam kondisi yang prima, untugnya kedua bagian tersebut selalu dicek ketika service berkala di BeRes Suzuki.

Berikut ini daftar harga Suzuki Krimun Wagon R Matic dan Suzuki Celerio ontheroad Jakarta:

  • Harga Karimun Wagon R GL Matic ( A/T ) OTR Rp 113.000.000,-
  • Harga Karimun Wagon R GX Matic ( A/T ) OTR Rp 120.000.000,-
  • Harga Karimun Wagon R GS Matic ( A/T ) OTR Rp 121.500.000,-
  • Harga Suzuki Celerio Manual ( M/T ) OTR Rp 142.000.000,-
  • Harga Suzuki Celerio Matic ( A/T ) OTR Rp 154.000.000,-

Kredit Gambar: Global Suzuki dan Yanuar S.

Topik: Mesin | Tagged Karimun Wagon R Matic, karimun wagon r ags, karimun ags, karimun matic, harga karimun wagon r matic.

21 comments
  • winoto
    August 4, 2016

    mohon pencerahan… apakah diperbolehkan ..saat mobil bergerak .. kemudian memindahkan posisi tuas dari manual ke matic (atau sebaliknya)…thaks


    • MasMun
      August 5, 2016

      Boleh pak Winoto, tidak ada masalah. Ketika dipindah ke mode otomatis atau manual gigi akan menyesuaikan sendiri terlebih dahulu.


  • wahyu M
    June 27, 2016

    Yth. Mas Nun

    Saya mau tanya kalau saya mau mengganti kopling suzuki karimun apakah cukup menurunkan girboxnya saja atau harus turun dengan mesinnya. Terima kasih semoga saya mendapat jawabannya


  • zaidan fikri
    August 18, 2015

    Pak, mobil karimun jenis R AGS double transmisi apakah di daerah ada tenaga tehnisinya,soalnya saya agak resah nih jika ada gangguan kemana perbaikannya dan dibawkemana ya mas,saya baru mau beli mobil ini saya minat dan tertarik sekali,tapi itu tadi masalahnya jika ada gangguan mau perbaikan kemana,dan tidak semua mekanik faham mobil jenis ini.mohon selusinya ya mas.terimakasih.


    • MasMun
      August 19, 2015

      Teknisi kalau di bengkel resmi pasti sudah siap pak, tapi kalau di bengkel umum kemungkinan masih jarang sekali. Gearbox Karimun Wagon R matic ini sama persis dengan yang manual pak jadi nggak perlu khawatir kalau rewel, yang perlu dijaga adalah sektor kelistrikan mobil karena tekbologi AGS-nya benar-benar sudah electric.

      Solusinya pak Zaidan kalau bagi saya: Saya nggak khawatir sama sekali dengan teknologi baru ini karena ada jaminan nama Suzuki, garansi 3 tahun, dan jaringan service yang luas. Tapi saya khawatir kalau pengguna Wagon R transmisi AGS yang bisa matic dan manual ini sampai memodifikasi kelistrikan mobil atau sampai tidak memperhatikan/merawat aki mobilnya, karena justru kuncinya ada dikelistrikan mobil.

      Semoga membantu pak Zaidan.


  • feys
    July 2, 2015

    Mas Mun, sy ga ngerti Transmisi spt itu, belum pernah nyoba. Udah keenakan yang Manual Transmisi aja..hehehe…


    • MasMun
      July 4, 2015

      Jujur saya juga lebih senang dng transmisi Manual Karimun, lebih bebas aja ngontrolnya.


  • satrio
    May 28, 2015

    Saya berniat beli Wagon R AGS tapi tidak yakin unit AGS-nya bisa awet sampai 5 tahun, krn biar gimana mekanis-elektrik tidak akan seawet full mekanis (seperti automatic transmission). Bila unit AGS rusak, kata mekanik suzuki, hrs diganti whole unit & harganya mahal. Sementara garansi suzuki hanya tiga tahun.

    Saya tetap ingin beli Wagon R AGS ini tapi bila selewat tiga tahun kemudian unit AGS-nya rusak apakah bisa di-convert ke full manual (cabut unit AGS-nya)?

    terima kasih


    • MasMun
      May 29, 2015

      Menurut perkiraan saya tidak bisa pak Satrio, karena unit elektrik di transmisinya terhubung dengan komputer mesin(ECU). Kecuali, perangkat elektronis di mobil seperti Injeksi mesin juga mau diganti konvensional memakai karburator. Tapi akan sangat sayang sekali. Solusinya pakai saja dulu pak hingga jangka 3 tahun setelah itu jual lagi :)


      • satrio
        July 11, 2015

        Akhirnya Wagon R AGS pesanan saya datang juga hari ini. Sejujurnya saya beli tanpa test drive, jadi baru skrg coba sambil putar2 komplek. Alhamdulillah mantap bgt, pergantian giginya cukup halus. Manual nya juga mantap! Betul2 nikmat. Namun, masih ketar-ketir juga kalo tiba2 suatu hari AGS nya ngadat di tengah jalan. Saya betul2 cuma andalkan nama Suzuki nih tapi krn sdh 3x pakai suzuki nggak pernah kecewa, saya masih optimis dgn nama besar Suzuki. Bismillah.


        • MasMun
          July 11, 2015

          Waduuh saya pengen nyobain Wagon R AGS jalan ke daerah perbukitan deh, bener-bener penasaran gimana rasanya. Untuk durability saya yakin kok Om nama besar Suzuki, cuman yg bener-bener perlu diperhatikan menurut saya adalah ‘kesehatan’ AKI. Karena versi AGS ini sdh bener-bener full elektronis semua, sebisa mungkin jangan ngutak-ngatik(modif) sektor kelistrikan Om Satrio.


        • satrio
          July 12, 2015

          Kalo baca buku manualnya, di area perbukitan disarankan pindah ke manual mode.

          Tips penting pakai AGS (dari buku manual juga) adalah pd saat parkir, injak rem dan pindahkan tuas transmisi ke gigi R atau D (otomatis ke gigi 1) lalu langsung matikan mesin dan tarik rem tangan. Dgn begini, persneling tetap di gigi R atau 1 pada saat mesin mati.

          Pada saat nyalakan mobil, injak rem pindah ke posisi netral dan putar kunci kontak.

          Ini cara AGS agar mobil terparkir dgn aman. Sekedar info.


        • MasMun
          July 12, 2015

          Info penting nih buat pembaca lainnya,,, Thanks Ifonya Om Satrio :D


  • Tosa
    May 23, 2015

    Tolong tanya, mengenai perawatannya:

    Kalau matic standard, perawatannya ganti oli transmisi matic dalam jangka waktu jauh lebih lama dibanding manual, dan tidak perlu ganti kampas kopling sampai sangat lama, kecuali terjadi something wrong.

    Sedangkan bagaimana dengan perawatan utk AGS ini?

    Terima kasih.


    • MasMun
      May 23, 2015

      AGS untuk kampas kopling dan oli gearbox sepertinya menggunakan SOP perawatan yang sama dengan transmisi manual, karena basis gearbox dan koplingnya sebenarnya kan dari transmisi manual. Dan tidak perlu oli khusus gearbox matic.


  • panji
    May 22, 2015

    Transmisi ags ini pake kopling ga ya?


    • MasMun
      May 22, 2015

      Pakai plat kopling tapi tidak ada pedal kopling, karena mekanisme penekanan kopling sudah menggunakan cara elektro hidraulis. Jadi hanya ada pedal gas dan rem seperti matik biasa mas Panji


  • Jimmy Saputra
    May 4, 2015

    Ternyata begitu,

    Tapi kalau jual dan tukar tambah, kayaknya harus siap2 menambah uang dalam jumlah besar.

    Terima kasih atas informasi yang sangat berharga./

    Salam.


  • Jimmy Saputra
    May 4, 2015

    Artikel yang sangat bagus, apalagi berita Karimun Wagon R Matic ini sudah lama dinanti orang, karena jalanan kota yang pada macet.

    Saya aja sudah lama menunggu versi Matic, akhirnya dengan terpaksa beli Karimun Wagon R GX pada bulan Februari, yang manual.

    Kayaknya AGS ini hanya menambah perangkat khusus di atas mesin manual, kira2 yang manual apakah bisa ditambah perangkat ini?

    Mohon informasi bagi para pencinta Karimun yang terlanjur beli manual, dan ingin ganti jadi semi-automatic.

    Thanks


    • MasMun
      May 4, 2015

      Betul Pak basisnya transmisi Manual yang ditambahkan modul Otomatis. Untuk upgrade ke transmisi Otomatis AGS tidak disarankan karena Suzuki tidak melepas modul AGS terpisah dipasaran dan selain itu kalaupun ada tentu harganya akan cukup mahal. Saran saya lebih baik trade in saja dengan yang versi otomatis.

      Dari aduan beberapa costumer Suzuki pihak sales di dealer memang tidak mau menginformasikan hal ini jauh-jauh hari Pak(Padahal beberpa media online sudah memberitakan peluncuran Karimun Wagon R matic ini sejak akhir tahun lalu), sebabnya mereka di target penjualan bulanan. Kalau calon pembeli pada pending semua untuk menunggu unit yang Matic nanti penjualan mobil Suzuki pada bulan berjalan tentu banyak yg tidak tercapai. Sangat disesalkan sekali.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+