Posisi Harga Suzuki Celerio Dimanakah Kelas Mu

0
Gambar Brosur Suzuki Celerio

Gambar Brosur Suzuki Celerio

Spesifikasi dan harga Suzuki Celerio - Pada awal bulan Juni 2015 Suzuki Celerio resmi diluncurkan untuk pasar Indonesia yang tersedia dalam dua varian, yaitu versi trasnsmisi otomatis CVT dan transmisi manual 5 percepatan. Satu hal yang ditekankan oleh Suzuki Indomobil bahwa ini merupakan mobil dengan kapasitas 1000 Cc yang pertama kali mengusung transmisi CVT di Indonesia. Transmisi CVT umumnya digunakan pada kendaraan kelas menengah, transmisi yang tidak lagi menggunakan roda gigi ini juga merupakan yang pertama kali digunakaan pada line up produk Suzuki di Indonesia.

Jika melihat spesifikasi transmisi yang digunakan dan desain body-nya tentu Suzuki Celerio unggul jika dibandingkan dengan mobil-mobil di kelas LCGC, termasuk saudara kandungnya Karimun Wagon R yang sama-sama berkapasitas 1000 Cc. Namun begitu mengetahui harga Suzuki Celerio Mas_Mun langsung berpikir dimanakah kelas mobil ini sesungguhnya, karena dari segi harga terbaca jelas bahwa produk ini tidak disiapkan untuk bersaing di kelas LCGC dan bahkan lebih dekat dengan harga di kategori MPV 1200 Cc seperti Mitsubishi Mirage, Nissan March atau bahkan Daihatsu Sirion dengan kapasitas mesin 1300 Cc.

Kemudian dibuatlah tabel perbandingan harga untuk mobil-mobil MPV dikelas 1200 Cc bertransmisi otomatis(harga On The Road Jakarta), kecuali Toyota Etios Valco yang memang tidak tersedia pilihan transmisi otomatis. Dari situ tampak bahwa harga Celerio memang sangat dekat dengan kelas di atasnya, dan yang paling mendekati adalah harga Nissan March.

Perbandingan Harga Suzuki Celerio Matik

Perbandingan Harga Suzuki Celerio Matik

 Spesifikasi Suzuki Celerio tidak ada kelasnya

Harganya ‘menempel’ di kelas 1200 cc tapi spesifikasi mesin yang diusung Suzuki Celerio hanya 1000cc namun dengan teknologi transmisi CVT, rem ABS dan dilengkapi dengan air bag. Nampaknya Suzuki Indomobil  ingin bermain di Samudra Biru yaitu menyasar mereka yang menginkan mobil 1000 Cc tapi diluar kelas mobil LCGC, niche market yang hampir tanpa persaingan. Sebenarnya Astra Peugeot di Indonesia pada tahun 2012 pernah meluncurkan mobil 1000 Cc 3 silinder dengan harga yang cukup tinggi yaitu Peugeot 107 tapi seri ini tidak terdengar lagi gaungnya seperti hilang ditelan bumi. Rivalnya saat ini dikelas 1000 Cc non LCGC tinggallah KIA Morning yang hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual seharga Rp 142,5 juta.

Mas_Mun mencoba menganalisa atau lebih tepatnya menebak-nebak  siapa saja pasar yang ditarget Suzuki Indomobil Sales:

  1. Mereka yang menginginkan mobil perkotaan sebagai operasional harian yang irit namun lebih nyaman dan trendy dari sekedar mobil LCGC.
  2. Mereka yang ingin membelikan anak atau istrinya mobil sendiri untuk keperluan harian.
  3. Mereka yang telah mengerti ketangguhan dan keiritan mesin K10B Suzuki ingin upgrade kendaraannya tapi tidak ingin kehilangan kerakter irit dari mobilnya.

Dari kriteria itu semua Mas_Mun mengira akan amat sedikit jumlahnya pembeli Suzuki Celerio ini yang merupakan orang yang baru memiliki mobil pertama kali. Karena bagi mereka yang baru akan memiliki mobil untuk pertama kali tentu lebih memilih kelas LCGC atau jika punya dana yang lebih akan memilih kelas 1200 Cc atau sekaligus akan membeli Low MPV seperti Suzuki Ertiga atau Toyota Avanza.

Namun ada alternatif lain jika ternyata niche market yang disasar oleh Celerio terlalu sepi peminat, Suzuki Indomobil bisa saja memasangkan mesin seri K12 milik Suzuki Splash pada engine bay Celerio. Jadilah Suzuki Celerio dengan mesin 1200 Cc yang lebih powerful namun tetap irit(terbukti pada Splash selama ini) ikut ‘bertanding’ pada kelas 1200 Cc dengan tetap menggunakan transmisi otomatis CVT , rem ABS dan peranti keselamatan Air Bag maka jadilah city car yang cukup kuat untuk bersaing di kelas ini. Tidak menutup kemungkinan loh Pemirsah karena saat ini Suzuki Splash sedang terancam untuk discontinue lagi oleh pabrikanya di India(Suzuki Splash didatangkan utuh dari India – beritanya ada di sini).

Harga Suzuki Celerio Transmisi Manual: Rp 147 juta dan Transmisi otomatis CVT: Rp 159 juta. (OnTheRoad Jakarta). Celerio dimanakah kelasmu….. :D

Topik: lain-lain | Tagged , , , perbandingan mirage dan celerio, Wagon r sepi peminat, katimun estilo vs celerio, suzuki celerio mpv, suzuki celerio vs nissan march.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+