Struktur Suspensi Macpherson di Suzuki Karimun Estilo

79

Suspensi depan Suzuki Karimun dari generasi awal hingga sekarang menggunakan struktur Macpherson Strut, hampir seluruh mobil-mobil dengan body monocoque menggunakan suspensi depan jenis ini. Sesuai dengan namanya sturt yang dalam bahasa jawa berarti penopang, yang disebut sebagai strut atau penopang di sini adalah shockbreaker dan per/pegas yang terangkai menjadi satu bagian.

Struktur kaki mobil penggerak roda depan

Struktur kaki mobil penggerak roda depan

Mobil-mobil yang menggunakan body monocoque seperti Suzuki Karimun, Ertiga, Swift, Splash, Toyota Avanza, Agya, Corolla Altis, Honda Jazz, HR-V, CRV, City dan lain-lain. Intinya adalah mobil saat ini dengan struktur body dan chasis yang menyatu atau akrab disebut body monocoque hampir pasti menggunakan struktur suspensi depan jenis Macpherson Strut.

Cara kerja Suspensi Macpherson

Struktur suspensi MacPherson Strut merupakan suspensi tipe independen yang berarti masing-masing roda kanan dan kiri dapat bergerak bebas tanpa saling mempengaruhi.  Namun pada Karimun Kotak dan Karimun Estilo telah dilengkapi dengan stabilizer atau antiroll device yang menghubungkan kedua control arm roda depan, sehingga tidak benar-benar dapat bergerak independen.

Ujung atas strut/ penopang terpasang pada bodi kendaraan dengan strut support. Diantara ujung strut dan strut support dilapisi dengan dudukan karet, di bawah dudukan karet tersebut terdapat strut bearing terpasang sedikit di bawah dudukan karet. Karet berfungsi untuk mengurangi rambatan getaran dari sturt ke body mobil.

Komponen Suspensi Depan Mobil Suzuki

Komponen Suspensi Depan Mobil Suzuki

Ujung bawah strut “terikat” ke ujung atas knuckle dengan mengandalkan duat baut besar dan ujung bawah knuckle terpasang ke ball joint yang menjadi satu kesatuan dengan unit control arm/lengan ayun. Agar roda dapat bergerak ke kanan dan kiri maka tierod end terhubung steering knuckle, letak tierod end ini berada pada bagian belakang as roda(lihat gambar di atas).

Bagaimana roda mobil dapat berbelok ke kanan atau ke kiri? Putaran setir yang berbentuk gerak rotasi di konversi menjadi gerakan horizontal di steering rack, lalu ujung steering rack akan terhubung dengan tierod. Nah fungsi tierod ini untuk meneruskan gaya dorong dan tarik dari steering rack ke steering knuckle. Misalkan ketika ingin berbelok ke kanan maka bagian belakang knuckle  kanan ditarik ke dalam dan bagian belakang knuckle kiri didorong ke luar sehingga roda dapat berbelok ke arah kanan. Di sistem Machperson Strut ini shockbreaker depan dan per yang menjadi satu sebagai penopang ikut berputar pada porosnya ketika roda berbelok, itulah mengapa terdapat strut bearing pada bagian atas(yang bertumpu pada body) dan lower ball joint pada lengan ayun.

Kelebihan dan Kekurangan

Macpherson Strut merupakan struktur suspensi depan yang paling  populer karena kesederhanaan dan biaya produksi yang lebih murah. Contohnya, jika pada suspensi bertipe Double Wishbone memiliki dua control arm pada posisi atas dan bawah maka pada tipe Double Wishbone hanya memiliki satu buah arm yaitu di posisi bawah(lihat gambar berikut ini).

Kekurangan Suspensi Macpherson Strut

Kekurangan Macpherson – kredit: mechanicalmania.blogspot

Desain suspensi Macpherson memiliki beberapa kelemahan dalam hal handling dan pengendalian pada jalan yang tidak mulus. Pada suspensi jenis ini jika roda bergerak vertikal(naik) maka sudut cameber roda akan berubah beberapa derajat sehingga roda tidak menapak sempurna. Kelemahan lainnya adalah struktur Macpherson Strut mendistribusikan getaran dari permukaan jalan dan roda langsung ke body monocoque mobil, sehingga tingkat kebisingan dan guncangan pada body lebih terasa dibandingkan suspensi Double Wishbones. Hal inilah yang membuat MacPherson Strut tidak sebaik suspensi Double Wishbones atau suspensi multi-link.

Stabilizer Bar di Karimun Estilo

Struktur suspensi depan karimun estilo dilengkapi dengan stabilizer bar atau antiroll device. Komponen ini adalah sebuah batang baja yang menghubungkan masing-masing ujung kiri dan kanan control arm/ lengan ayun suspensi independen. Pada bagian tengah stabilizer bertumpu pada chasis dengan menggunakan bushing yang memungkinkan stabilizer untuk bergerak pada porosnya(tidak dilas mati pada chasis). Hal ini diperlukan pada suspensi depan bertipe independen, gunanya untuk mengurangi kecenderungan kendaraan terbalik jika melakukan manuver berbelok di kecepatan tinggi. Kecenderungan mobil terbalik di kecepatan tinggi ini akan semakin bertambah besar jika mobil menggunakan per/pegas yang lembut pada suspensi independen.

Shockbreaker Depan Mobil Karimun Estilo tipe Gas

Shockbreaker Depan Mobil Karimun Estilo tipe Gas

Cara kerja stabilizer pada suspensi MacPherson adalah ketika kedua roda depan, kanan dan kiri, bergerak naik atau turun secara bersamaan(misal melewati polisi tidur) maka batang stabilizer akan berputar pada porosnya yang “terikat” di chasis depan. Namun ketika salah satu roda depan bergerak naik dan yang satunya tidak(biasanya terjadi pada saat menikung di kecepatan tinggi) maka ujung arm control/lengan ayun pada roda yang bergerak naik tadi akan memaksa batang stabilizer untuk juga bergerak naik, sehingga batang stablizer menjadi terpelintir karena ujung yang satu dipaksa naik dan ujung satunya tidak. Nah karena batang baja secara sifat materialnya memiliki kelenturan namun hingga batas tertentu akan dapat menahan gaya paksa tersebut, maka pada kondisi(terpelintir) seperti ini batang baja stabilizer bertindak sebagai tahanan/penahan agar sisi ban depan yang bergerak naik akibat menikung kencang tadi tidak naik secara berlebihan yang akan menyebabkan mobil terbalik.

Suspensi tipe MacPherson Strut

Suspensi tipe MacPherson Strut

Dengan cara inilah stabilizer mengurangi kecenderungan mobil terbalik pada kecepatan tinggi. Namun sayangnya komponen yang sudah ada sejak generasi Karimun Kotak ini justru dihilangkan pada sistem suspensi depan Suzuki Karimun Wagon R. Mungkin pabrikan Suzuki berpikir: “Berapa sih kecepatan city car dapat menikung kencang di tikungan?” Hiksss :(

Perbandingan harga spare part suspensi depan

Yang sedikit mengejutkan adalah ketika kita membandingkan harga spare-part SGP untuk komponen suspensi depan di Suzuki Karimun Estilo dan Wagon R berbeda jauh, sang Kakak yang hadir lebih dulu dengan kondisi CBU dari India memiliki harga komponen suspensi depan jauh lebih mahal dari sang adik(Wagon R) yang notabene merupakan mobil lokal di kelas LCGC. Berikut ini perbandingannya:

Perbandingan suspensi depan karimun wagon r

Perbandingan suspensi depan karimun wagon r


Harga spare part kaki-kaki depan Suzuki Karimun Estilo:

  • SPRING FR COIL /Per depan: Rp 382.000
  • STRUT ASSY / Shockbreaker depan: Rp 762.900
  • KNUCKLE: Rp 669.000
  • ARM ASSY/ Lengan ayun: Rp 256.400

Bandingkan dengn harga spare part Suzuki Karimun Wagon R:

  • SPRING FR COIL /Per depan: Rp 156.000
  • STRUT ASSY / Shockbreaker depan: Rp 419.900
  • KNUCKLE: Rp 271.000
  • ARM ASSY/ Lengan ayun: Rp 225.800


Beberapa harga komponen suspensi depan original (SGP) untuk Karimun ‘kakak-adik’ cukup berbeda, perbedaan harganya hingga dua kali lipat(ngeri-ngeri sedap). :D Sekarang tinggal menyisakan sebuah pertanyaan, bisakah komponen seperti per/pegas, shock breaker depan, dan knuckle milik Wagon R dipakai di Karimun Estilo?

Topik: Roda | Tagged , , , harga shockbreaker karimun estilo, harga tie rod karimun estilo, harga ball joint karimun estilo, shockbreaker karimun estilo, ball joint karimun estilo.

79 comments
  • Agung DN
    September 24, 2016

    Mas Mun mau tanya ya, bila per dipotong hanya 1/4 ulir bag. bawah dan 1/8 ulir bag. atas gmn ya? jadi tambah empuk atau malah keras ya..? Maksud ingin lebih lembut sedikit, menurut Masmun bisa lembut atau malah keras ya?


    • MasMun
      September 26, 2016

      Untuk potong Per kami nggak menyarankan mas Agung. Salah presepsinya kalau potong per untuk namabh kenyamanan, potong per itu untuk ceper tanpa perlu mengganti per standard(cara hemat) dan kenyamanannya tentu malah berkurang.


  • Satria utomo
    August 23, 2016

    Mas..sy punya mobil knp kq klu d pakai goyang d bagian belakang kyk ban ny g rata..gitu itu knp y…


    • MasMun
      August 29, 2016

      Mobilnya apa? Konstruksi suspensi masing-maing mobil berbeda. Langkah sederhana coba didongkrak dan dicek dulu saja permukaan ban mobilnya siapa tau ada yg benjol.


  • rahman
    August 22, 2016

    mas mun maw tanya nke 2012, klo berputar kyk ada suara dr dpan ,knp ? klo dservice berpa? thx


    • MasMun
      August 22, 2016

      Harus di cek langsung mas Rahman untuk tau suara yg dimaksud seperti apa dan dari bagian mana, baru bisa diprediksi bagian yang rusak.


  • Fachrul Rozi
    August 22, 2016

    mas Mun,,, mo tanya karlo saya 2011 kalau jalan di aspal yang kasar agak suara gemuruh dan kalau ada tanjakan polisi tidur tekanannya kurang empuk dan berbunyi tdk seperti gas?? kira – kira apa yaa masalahnya. mohon pencerahannya. trims.


    • MasMun
      August 22, 2016

      Biasanya suara gemuruh yang muncul ketika melewati aspal kasar atau jalan beton berasal dari profil bannya itu sendiri atau nggak coba dicek dulu tekanan bannya mas Fachrul. kalau suspensi depan(tipe gas) tidak ada suara jess, jess ketika melewati polisi tidur mungkin sudah pernah diganti dengan shockbreaker merek after market?


  • Deka
    August 14, 2016

    Mas Mun, NKE saya kalau jalan dngn kecepatan diatas 60kmpj, terdengar suara dengung di kabin, suara ini semakin kencang terdengar seiring dengan kencangnya putaran roda bukan putaran mesin. Sempat browsing2 kemungkinan pada bearing roda, kira2 apa lagi ya mas selain bearing, dan harga bearing NKE sekitar berapa ya? Tks


    • MasMun
      August 15, 2016

      Betul kemungkinan besar bunyi mendengung muncul dari bearing roda, kemungkinan lainnya bisa dari ban yang benjol. Harga bearing roda belakang sekitar Rp 200.000 atau 300.00 ribuan mas, yang depan saya tidak hafal.


  • Jamal Abdillah
    August 8, 2016

    Mas Mun, sy rencana mau beli estilo, tapi yg punya bilang katanya karet sayapnya aus. Sy belum paham masalah mobil. Karet sayap itu dibagian mana ya? Dan kalo ganti berapa harganya? Terima kasih infonya Mas Mun.


    • MasMun
      August 12, 2016

      Saya juga nggak tau pak yang namanya karet sayap bagian mana, dari pengalaman sy nggak ada nama part seperti itu. Coba minta ditunjukkan saja pak bagaian mana yang dimaksud.


  • bambang
    August 4, 2016

    Om Mun,, maaf mau tanya,, bisa tidak wagon r saya pakai suspensinya estilo?


    • MasMun
      August 12, 2016

      Belum pernah nyoba pak, pak Bambang pakai Wagon R? Justru suspensi Wagon R lebih murah dari Karimun Estilo loh.


  • Agung DN
    July 14, 2016

    Masmun nanya ya.. untuk shockbreker tipe gas yang paling lembut/empuk merk apa ya? Tks


    • MasMun
      July 16, 2016

      Yang original SGP bantingannya nggak keras.


  • Benk
    May 28, 2016

    Mas mun,mo tanya nih,gmn ciri2/tandanya shock depan karlo dah rusak dn waktunya ganti?kan klo yg tipe oli klo bocor ketahuan.nah klo gas gmn?thanks ats konfirmasinya.


    • MasMun
      May 28, 2016

      Coba ujung depan mobil ditekan, jika rebound terlalu cepat bisa jadi shockbreaker sudah tidak bekerja. Ciri lain shockbreaker mobil sudah tidak berkerja timbul bunyi abnormal, keausan ban tidak rata.


  • yuli
    May 18, 2016

    om,
    mau tanya kl mau ganti rack plunger sama rack bushing karimun estilo 2007 apa harus nyeting ecu segala ? trims


  • Andi
    May 15, 2016

    Permisi masmun … karlo saya thn 2007, kalo buat jalan d jalan yg agak jelek bunyi suara kletek kletek,lumayan brisik..sy bw ke bengkel resmi katanya rack steer sama drive shaft nya hrs ganti..tp sy krg yakin krn teknisinya anak2 stm baru lulus..kalo misal ganti racksteer sama drive shaft sekaliyan ongkos pasang kisaran brp duit mas ? Matur suwun


    • MasMun
      May 21, 2016

      Rack steer itu biasanya nggak diganti mas,, mahal kalau ganti utuh kecuali memang sudah rusak parah sekali. Yang biasanya diganti itu komponen yang di dalam rack steer. Harga totalnya saya tidak hafal, kalau drive shaft kondisi utuh satunya sekitar Rp 1 juta-an(kiri atau kanan saja).


  • Gugum
    April 21, 2016

    Mas mun… Mau tanya…
    Ane punya carlo 2011.. Kenapa ya kalau ketika perjalanan jauh setelah lebih dari 2 jam setir agak kerasa oblak gitu?
    Tapi besok nya kalau start jalan lagi gak apa2.. Biasanya setelah jalan terus kurang lebih 2 jam an gitu..

    Btw kalo ganti shock depan blakang ori berapa ya?

    Makasih banyak Mas Mun.. :)


    • MasMun
      April 27, 2016

      Perlu dicek langsung steering rack dan coloumn-nya. Maaf untuk harga shock belakang Suzuki Karimun saya tidak hafal.


  • romy
    March 11, 2016

    Mas Mun,
    Mohon pencerahannya,saya punya karimun new estilo 2011 dgn km sekitar 28rb,akhir2 ini ada masalah yang muncul sbb:
    1. Suara tek…tek…tek…secara berkala dibagian bawah penumpang depan, kalau kendaraan diam ditempat tidak ada bunyi tsb akan tetapi mulai bunyi jika kendaraan berjalan.
    2. Bunyi gemuruh dibagian belakang mobil (area sekitar bagian tengah kebelakang) jika perjalanan sekitar 1 jam dikendarai. Bunyi ini kadang hilang tp kadang muncul dengan durasi agak lama.
    Kedua masalah tersebut sudah saya sampaikan ke bengkel resmi suzuki setiap PM 5000km tp mereka tidak menemukan masalahnya. Saya juga sudah bawa ke bengkel knalpot tapi dicek beberapa kali tidak ditemukan masalah. Hari ini saya bawa lagi ke bengkel untuk di spooring akan tetapi masalah itu masih tetap ada….saya jadi bingung sendiri?..
    Mohon bantuannya Mas Mun


    • MasMun
      March 30, 2016

      Halo mas Romy, coba kami ulas satu per satu:
      1. Cek karet support shockbreaker depan(yang terlihat dari ruang mesin), kalau ada celah berarti sudah waktunya ganti.
      2. Bunyi gemuruh tidak ada hubungannya dengan spooring, bisa jadi karena bearing atau juga as roda belakang namun yang pasti harus dicek langsung.


  • Hilsob
    March 4, 2016

    Mas mun mau tanya gimana cara lepas Cv joint dari as nya. Kok ga ada pengunci nya? Estilo saya tahun 2010.


    • MasMun
      March 21, 2016

      Cara lepas Cv Joint atau drive shaft mobil: Lepas tie-rod end dari steering knuckle, jangan lupa kuras oli transmisi dulu. Kemudian tarik drive shaft joint kanan untuk melepas snap ring atau joint spline sisi differential. Lanjut pasang metal band ke bagian kiri drive shaft
      joint, lalu tarik drive shaft joint sisi kiri menggunakan pengungkit.


  • Yossi sh
    March 2, 2016

    Mas, saya uda coba tes tir rod sama ball join estilo 2010 msih kncang nah, tp klo jln 30 di jln yg agak rusak bunyi gluduk2 apa it karet suport? Klo pangkon shock breaker it brapa harga nya.


    • MasMun
      March 21, 2016

      Bisa karet support shock depan atau kemungkinan juga bushing rack-steer. Harga karet Support shock depan Rp 17.000 saja perbuah, yang lebih mahal biaya jasanya karena perlu bongkar sturt asy depan. :D


      • Trio febriant
        August 20, 2016

        Mas Mun…saya punya karlo 2011 klo buat belok bunyi klotok2,,trus saya cek ban sblh dalam aus tidak rata..mohon pencerahan kira2 apa yg perlu di perbaiki…thanks


        • MasMun
          August 20, 2016

          Bunyi bisa muncul dari drive shaft atau bearing roda depan yang sudah minta ganti, kalau sudah diperbaiki lanjut dengan spooring dan balancing.


  • siadink
    February 24, 2016

    Mas Mun mau tanya, ban depan sebelah kiri karlo 2007 saya posisinya agak mundur daripada sebelah kanan mas (jadi kalo kita selipin tangan diantara ban sama kepet depan, ada beda 1 jari lah jaraknya/ban kiri tiga jari pas, ban kanan tiga-empat jari). kata beres sih itu control arm nya (balljoint) bengkok, mungkin pernah kena lobang dengan keras katanya, perasaan saya sih nggak mas. udah saya ganti armnya masih aja begitu tapi udah lebih kecil jaraknya sih, kira2 kenapa ya mas? kata bengkel spesialis suzuki (bengkel biasa) bisa jadi dudukan arm ke body yang bengkok, atau antiroll bar nya yang bengkok… bener ga ya? dispooring sih ngga ketauan, dibawa nyetir jg enak, tapi kalo saya liat posisinya emang agak mundur

    makasih mas mun


    • MasMun
      February 25, 2016

      Yang dibilang bengkel benar semua, kalau saya curiga memang pada bagian arm atau dudukannya yang di chasis, biasanya kalau bengkok karena pernah mengalami accident. Punya Suzuki Karimun Estilo-nya dari baru atau beli second? Selama ini mobil pernah dipakai saudara/orang lain nggak?


  • Zainal arifin
    February 12, 2016

    Mas mun mau tanya, berapa harga cv joint punya karimun estilo tahun 2009? makasih


    • MasMun
      March 21, 2016

      Kalau yang Suzuki Estilo 3 silinder harus ganti utuh drive shaft-nya, harganya sekitar Rp 2,1 juta. Untuk Estilo 4 silinder yang lama bisa ganti cv Joint-nya saja, harganya RP 1,2juta. Itu harga part ori SGP ya.


  • Benk2
    February 9, 2016

    Ass mas mun,karet support sok depan estilo ori kena brp ya?trus dmn bisa ordernya?


    • MasMun
      February 10, 2016

      Harganya sekitar Rp 30.000, bisa dibeli di bengkel resmi atau pusat onderdil yang ada tulisannya distributor SGP.


  • Fajar Nugraha
    January 26, 2016

    Om, Saya beli karimun estilo bekas tahun 2007 baru 120000 km.
    Karimun saya dulu beli bulan agustus 2015 kaki kakinya normal sekarang ketika berbelok suka bunyi kletek kletek itu kenapa ya om? Mohon pencerahannya.
    Kalau pun di betul kan kira kira estimasi biayanya berapa ya om? Terima kasih.


    • MasMun
      February 5, 2016

      Kemungkinan drive-shaft (cv joint)nya itu mas Fajar. Kalau bisa diganti perbagiannya saja tidak terlalu mahal tapi kalau harus ganti utuh harganya drive-shaftnya mencapai Rp 2,2 juta untuk Karimun Estilo generasi pertama.


  • Anif
    January 10, 2016

    Mas mun mw nanya nech ada gak solusi untuk membuat suara brisik dari kaki karimun estilo gak masuk atau sedikitnya kurang dari biasanya pada saat dijalan rusak atau bergelombang saya sudah pasang VSD di 4 shockbreakernya tpi masih aja berisik..mohon pencerahannya mas.thanks


    • MasMun
      January 13, 2016

      VSD itu nggak berpengaruh sama sekali untuk mengurangi suara roda yang masuk ke kabin Om,, coba pakai peredam kabin yang dilapisi di lantai kabin atau pakai cairan semacam aspal yang disemprot di dek bawah mobil.


  • Bambang s
    January 7, 2016

    Ass mas mun,karlo saya taon 2011.ada sedikit masalah di kaki2 depan sebelah kanan,ketika di rem mendadak timbul suara “duk”.tapi nggk selalu sih.kira2 apanya ya?


    • MasMun
      February 5, 2016

      Antara karet Support shock depan atau mungkin batu kaliper rem depan kendor.


  • dani
    January 4, 2016

    Mas mau tanya kalau wagon r di bawa jalan pelan belakang berasa goyang seperti tinggi kanan dan kirinya beda…kenapa ya…mobil baru 6 bulan di pakai


    • MasMun
      January 4, 2016

      Coba baut rodanya di cek apa ada yang kendor, kemudian jangan lupa juga cek tekan ban apakah kurang. Untuk Struktur suspensi belakang Karimun Wagon R sebenarnya tidak berbeda dengan milik Estilo, yang menggunakan batang Lateral Rod untuk mencegah roda bergeser kiri-kanan – Suspensi belakang Karimun Wagon R.


  • indra
    December 19, 2015

    Mas mun dimanakah saya bisa mendapatkam shocbeker depan ori sgp tipe gas, saya pake nke 2009, selama ini saya cari cari yang ada hanya tipe shocbeker y oli aja


    • MasMun
      December 22, 2015

      Bisa diorder ke kami Pak,, lama pesanan kurang lebih satu minggu.


  • I Wayan Primara
    December 18, 2015

    Numpang tanya apakah bisa beli cv joint luar saja untuk karimun estilo 2007 atau apakah bisa substitusi dengan wagon R dan berapa harganya terimakasih


    • MasMun
      December 22, 2015

      Beda Bli drive shaft Karlo 2007 dengan milik Wagon R. Harga satu set drive shaft/Cv joint Karlo 2007 Rp 2.355.000.


  • kuzzman
    November 29, 2015

    Mas Mun, mau tanya..
    mobil saya karimun estilo tahun 2007, kalau dibawa jalan menanjak tiba – tiba ada suara “krutuk-krutuk” dari roda depan (dulu tidak). Kira – kira masalahnya apa..? Apakah kaki – kakinya bermasalah..? Mohon pencerahannya


    • MasMun
      December 2, 2015

      Sulit memprediksi sebabnya jika tidak mencoba langsung. Coba dicek mur as roda kendor atau tidak, cek as roda masih normal atau oblak dan bisa juga kemungkinan dari mekanisme kopling.


  • Anwar
    November 14, 2015

    Mas mun..klo di dlm dasboard ( depan kursi penumpang yang depan) bunyi ky ad klep yg lepas itu knapa ya?! Tp bunyi nya pas d gas aja..klo d glindingin g bunyi..klo mw ngcek nya gmn ya?! Ap mesti d bongkar dashboard nya?! Mohon pencerahan nya ya mas mun


    • MasMun
      November 17, 2015

      Kalau bunyinya berhubungan dengan gas kemungkinan besar sumber bunyi ada di ruang mesin bukan di dashboard.

      Sayangnya untuk hal teknis seperti ini harus dicek langsung. Coba saja dibawa ke bengkel resmi Suzuki, untuk pengecekkan sederhana seperti ini biasanya tidak dikenakan biaya.


  • Vaska
    November 11, 2015

    Mas Mun,
    Saya mau tanya, baru seminggu beli karimun estilo 2007 bekas km 43rban, kmren abis ganti motor blower karena bermasalah(bunyi nggiiikkk..grrukk..grruukk.. kyk konslet) udh di bawa ke bengkel katanya harus di ganti, kena 850 tp masih garansi. 2 hari mulai kerasa kurang dingin AC nya.. knp ya mas? trus suspensinya kena polisi tidur masih enak(suara pess pess) tp klo kena jalan jelek bunyi gluduk2.. memang gitu ya mas? pdhal baru di spooring.. Mohon Pencerahan nya.. Hatur nuhun..


    • MasMun
      November 12, 2015

      Motor blower itu fungsinya untuk menyedot udara dan menghembuskan angin yang keluar dari kisi-kisi saluran AC. Jika bagian tersebut yang diganti maka, garansinya hanya meliputi blower AC saja tapi dingin tidaknya AC tidak tercakup dalam garansi. Coba dites dulu, AC-nya mengeluarkan angin tidak? Kalau iya berarti blower barunya tidak ada masalah. Yang bermasalah di bagian sistem AC yang lain, berarti itu tidak termasuk dalam garansi loh.

      Kemudian tentang roda depan yang bunyi gluduk-gluduk ketika melewati jalan rusak. Ada beberapa kemungkinan seperti karet support suspensi, rack steer atau engine mounting. Itu harus dicek satu-persatu. Kemarin waktu beli Karimun Estilo bekas sudah dicek dulu bagian tersebut atau bunyinya baru muncul ketika sudah dipakai?


      • Vaska
        November 12, 2015

        Mas mun, untuk AC iya mengeluarkan angin. trus untuk bunyi gluduk2 pas di cek aman si sebelum beli, kmren aja pas di jalanan jelek baru berasa.


        • MasMun
          November 14, 2015

          Tolong kalau AC sudah tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin saja, AC-nya jangan dinyalakan nanti malah membuat kerusakan tambah parah. Kalau Ac masih mengeluarkan angin berarti blower yang kemarin baru diganti tidak ada masalah, masalahnya mungkin ada kebocoran freon sebaiknya langsung di perbaiki dibengkel AC saja.


  • ian
    October 15, 2015

    tanya mas mun… sockbreaker depan karlo 2007 kalo diganti merk after market ada yang cocok ngga sama karlo saya? kalo ada merknya apa mas, ato tipe apa? sebelumnya terima kasih untuk jawabannya jawabannya


    • MasMun
      October 17, 2015

      Kalau mau pakai merek aftermarket bisa coba pakai shockbreaker Kayaba tipe Excel G mas Ian.


  • Arman
    August 12, 2015

    Minta pencerahannya lagi MasMun…, Karlo sy 2011, karet boot cv joint yang arah ke mesin sudah robek sekeliling, sehingga minyak gemuknya meluber kemana mana.. as tarik yg panjangnya sekitar sejengkal yg menuju ke roda apabila sy goyang2kan mengeluarkan bunyi kletek-kletek….bagaimana mengatasi problem tsb..estimasi biaya berapa yang sy butuhkan jika di bawa ke beres??..apakah hal tsb bisa ditangani oleh bengkel2 biasa?? terima kasih atas penjelasannya.


    • MasMun
      August 13, 2015

      Karet boot yg sobek sebaiknya cepat diganti mas. Kalau cmn ganti karet boot nggak harus di Beres. Maaf untuk biayanya sy kurang tau.


  • bayu
    August 6, 2015

    Mas Mun. saya mau tanya.
    Estilo 2011 saya tiap kali melewati polisi tidur selalu keluar bunyi “psstt.. psstt..” sperti suara angin bocor gitu.
    Namun saya cek tdk ada ban yg bocor. saya perhatikan jg arahnya dr depan jg dr belakang. kok g mungkin ya ban bocor semua. kira2 knp ya mas? makasih..


    • MasMun
      August 7, 2015

      Hehehe,,, suara yg muncul itu hal yg sangat normal Mas Bayu. Itu adalah suara dari shockbreaker, kenapa muncul suara seperti ban bocor? Karena shockbreaker Karimun Estilo adalah tipe gas. Kalau di mobil-mobil kebanyakan menggunakan tipe oli, jadi nggak usah dikhawatirkan itu justru berarti shockbreaker karimun estilo mas Bayu masih bekerja dengan baik. :)


      • bayu
        August 7, 2015

        oh ternyata begitu.. klo begitu terima kasih banyak Mas atas informasinya, maklum nubie. hehehe..


      • iwan
        June 27, 2016

        MasMun karlo 2012 saya juga sama, kalo lewat polisi tidur masih keluar bunyi “psstt.. psstt..” sperti suara angin bocor, tapi kalo kena jalan berlobang atau pita kejut bunyinya keras kayak udh minta ganti walau cuman jalan skitar 40~60 kpj, emang begini atau udah minta ganti shockbreaker ya mas, thanks sbelumnya.


        • MasMun
          June 27, 2016

          Bunyi psstt normal pak Iwan karena city car Suzuki Karimun pakai shockbreaker tipe gas, kemudian bunyi ketika lewat garis kejut(misalkan menjelang pintu tol) pun normal. Kalau mau melewati garis kejut sebaiknya direm beberapa meter sebelum melindas garis tersebut, jangan ketika sudah melindas baru direm.


  • satrio
    July 16, 2015

    MasMun, mau tanya apakah ada cara agar Wagon R tidak terlalu bergoyang kalau jalan? Sebelumnya mobil saya SX4. Apakah karakteristik goyang Wagon R bisa lebih diredam agar mirip SX4 (misalnya ganti shock breaker ke lebih keras)? Mohon maaf bila pertanyaan saya dirasa konyol.

    terima kasih.


    • MasMun
      July 18, 2015

      Kalau saran sy jangan ganti shockbreaker dulu Om krn msh dlm masa garansi, coba pasang vsd(valen sport damper) di per belakang aja om. Itu bisa mengurangi jarak main/travel per belakang.


  • Tri
    July 13, 2015

    Assalamu alaikum mas mun… Wah klw bicara soal mumun estilo memang gak ada habisnya… Itulah mengapa sy slalu cari tw info ttg karimun estilo sebelum akhirx sy bs dapat web mas mun…
    Gini mas bro.. Tempo hari karimun estilo 2007 mengalami masalah pada kaki2 depan, krn penasaran sy coba cek sndiri.. Sy melihat karet penyangga softbreaker ( pada bagian atas ) mulai melar, setelah dicek dibengkel ternyata softbreaker sebelah kirinya sudah harus d ganti.. Jadi bengkel mengganti dengan softbreaker baru tapi dengan type berbeda yaitu karimun kotak punya, alasannya tidak menemukan type estilo.. setelah pemakaian hampir setahun kaki2 kembali bermasalah pada seblah kanan.. Katax sih harus d ganti seperti yg sebelah kiri.. Yg mnjadi pertanyaan sy.. Apakah berpengaruh ketika softbreaker depan estilo 2007 diganti menggunakan softbreaker karimun kotak? Dan apakah karet penyangga atas juga harus d ganti? Terima kasih sebelumnya broo


    • MasMun
      July 18, 2015

      Halo om Tri, saran saya kalau mengganti Shockbreaker gantilah minimal sepasang(kanan dan kiri) kemudian jangan gunakan miliki mobil lain karena ukuran panjangnya belum tentu sama. Jika dana terbatas lebih baik mengganti dengan merek after market(non SGP/ori) tapi yang didesain khusus untuk mobil kita.

      Untuk karet support shockbreaker sebaiknya sekalian diganti jika sudah rusak, karena pengerjaannya sekalian dengan penggantian shockbreaker jadi bisa hemat biaya jasa pemasangan.


  • edwin
    July 11, 2015

    Dear om Masmum
    Mau nanya..sy pakai eatilo thn 2012. Kalau sedang berjalan diaspal yg agak kasar, getaran dan suara ban depan seperti terdengar ‘grudug an’kasar gitu, tp kalau diaspal mulus tidak terdengar. Apakah itu dari suada ban atau komponen kaki2 depan ada bermasalah.

    Salam.
    Edwin


    • MasMun
      July 11, 2015

      Karakter Karimun Estilo memang kaki depannya agak gemereduk mas kalau lewat jalan kasar, Saya coba Wagon R pun seperti itu juga(baca test drive saya mengenai Wagon R AGS deh). Tapi kalau bunyinya parah ada kemungkinan karet support shockbreaker depan sudah minta ganti, coba minta di cek dulu aja kalau pas ke bengkel.


  • Hilson
    June 30, 2015

    Mas Mun mau tanya, estilo saya 2010 bunyi klutuk-klutuk roda depan, setelah saya periksa as roda saya tarik-tarik ternyata bunyi kemungkinan dari situ karena agak longgar. Kira-kira apa yg harus saya ganti. terima kasih


    • MasMun
      June 30, 2015

      Dicoba sekali lagi mas Hilson, ketika roda depan digoyang-goyang, minta tolong org lain utk megangin kaliper rem depan(yg berfungsi menggigit cakram rem). Kalau setelah kalipernya dipegangin tapi roda tidak bunyi kalipernya kendor. Kalau masih bunyi coba digerakin bannya dengan posisi tangan di kanan kiri roda atau tangan di posisi atas-bawah roda. Kalau goyang berarti tie road atau balljoint-nya ada yg rusak juga.

      Jika roda benar-benar berisik ketika diputar bisa jadi laher as-rodanya sudah rusak.


  • feys
    June 28, 2015

    Om Mun sy newbie nih, mau nanya,, Kalo Steering Rack atau Tie roadnya kena, ngaruh ga ke stir. Coz Karlo sy skrg Stirnya kerasa agak berat. Pdhl panel EPS ga masalah. Kalo habis belok stirnya ga balik otomatis. Hrs di bantu tangan.


    • MasMun
      June 28, 2015

      Jelas berpengaruh Om. Coba ban depannya didongkrak, dalam keadaan ban lurus lalu dengan kedua tangan digoyang kanan-kiri dan atas bawah. Jika oblak berarti bermasalah tuh kaki-kakinya.


  • Fajar
    June 15, 2015

    Oomm,
    saya pake new estilo th 2010 akhir, sekarangn ada kendala dmana steer nya kl di belok setengah kekanan ( 90* dari posisi lurus ) kemudian di goyang ada bunyi2 kluk..kluk.. itu kira2 apa penyebabnya ya oomm..

    tnx’s


    • MasMun
      June 17, 2015

      Ada kemungkinan bagian steering rack atau tie road-nya sudah kena.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+