Tambal Ban Tubeless Model Baru Lebih Kuat

7

Bagaimana jika ban mobil anda bocor dengan lubang yang cukup besar seukuran jari kelingking orang dewasa. Atau bagaimana jika dinding ban sobek karena terkena benda tajam? Pernah ada teman yang sharing bahwa roda mobilnya bocor dengan ukuran diameter yang cukup besar, namun setelah ditambal dengan tambal ban tubeless biasa(disumbat dengan karet panjang model cacing) ternyata masih terjadi kebocoran walaupun hanya bocor halus.

Bocor halus adalah istilah yang biasa digunakan jika terjadi kebocaran dari celah yang sangat kecil, biasanya ditandai dengan ban yang selalu terlihat kekurangan angin(tekanan) dan harus dipompa kembali setiap periode waktu tertentu. Lubang yang masih bocor halus walaupun telah ditambal itu terjadi karena ukuran lubangnya terlalu lebar, maka ketika hanya disumbat dengan tambalan biasa model cacing tidak akan tertutup dengan sempurna.

Alat Tambal Ban Tubeless

Alat Tambal Ban Tubeless

Dari situ Mas_Mun baru tau ternyata ada tambal ban tubeles model baru yang lebih kuat dan rapat daripada tambalan dengan metode konvensional. Metodenya adalah menambal lubang yang bocor dari sisi dalam, jadi ketika tertekan udara ban dari arah dalam tambalan justru semakin rapat dengan permukaan dalam ban.

Keuntungan tambal ban model ini jelas lebih kuat rekatannya dan dapat menutup lubang lebih besar yang tidak dapat ditambal dengan tambalan model konvensional. Dan ternyata tambal ban tubeless dari sisi dalam ini bisa juga menambal jika yang bocor adalah sisi dinding ban yang tentu tidak bisa ditambal dengan metode konvensional, asalkan ukuran lubang pada dinding tidak lebih dari dua centimeter.

Cara Menambal Ban Tubles Model baru

Cara Menambal Ban Tubles Model baru – Digerinda Dahulu

Lalu apa kekuranganya metode tambal ban seperti ini? Kekurangannya adalah lebih repot ketika penerapannya, karena harus memisahkan ‘si karet bundar’ dengan velg-nya. Belum lagi harus menggerinda permukaan sisi dalam terlebih dahulu agar permukaannya menjadi kasar, kemudian di-lem lalu di-press sambil dipanaskan. Kebayangkan daya rekatnya seperti apa dengan proses cara menambal ban tubles yang serumit itu. :D

Setelah permukaan karet digerinda beri lem

Setelah permukaan karet digerinda beri lem – Gambar: ModifiaksiCom

Bahan yang digunakan sebagai penambalnya adalah karet, namun ada yang berbentuk lingkaran dengan batang memanjang(seperti paku payung) dan ada juga yang berbentuk lembaran persegi. Yang berbentuk paku payung dipasang dari sisi dalam ban mobil kemudian batang karet yang memanjang dipasang menembus lubang pada ban dan ketika sudah terpasang dipotong dari sisi luar agar rata dengan permukaan ban.

Tambal Ban Tubeless Sisi Dalam

Tambal Ban Tubeless Sisi Dalam – Tempelkan bahan penambal

Sedangkan yang berbentuk persegi biasanya hanya digunakan untuk menambal kebocoran pada dinding ban mobil. Untuk yang jenis ini diperlukan alat tambal ban khusus yaitu alat press yang disertai pemanas. Prosesnya setelah permukaan bagian dalam di gerinda kemudian diberi lem lalu bahan penambal yang berbentuk lembaran karet persegi tersebut di-press sambil dipanaskan. Tujuannya tentu agar tambalan ban pada dinding ban mobil dapat benar-benar melekat dengan sempurna.

Topik: Roda | Tagged , cara menambal ban tubles, cara menambal ban tubles yang benar, cara tambal ban tubles, alat tambal ban tubles tembak, tambal ban tubles.

7 comments
  • Priyo
    July 3, 2016

    Kalau di depok boleh tau dimana yg bisa tambal samping tks


    • MasMun
      July 16, 2016

      Maaf pak Priyo saya tidak tahu.


  • husni
    January 11, 2016

    Kalo daerah BSD ada dimana ya? tambal ban tubless biasa rata2 beberapa bulan kemudian bocor halus


    • MasMun
      January 13, 2016

      Kalau BSD saya kurang tau juga pak.


    • Yudi
      June 21, 2016

      Kaliber graha raya ada tambal dalam.ban


  • satrio
    August 24, 2015

    Biasanya tambal jenis begini ada di mana? Apakah di toko ban? Terima kasih atas informasinya.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+