Tips Memilih Velg Bekas Dari Pedagang

0
Tips memilih Velg bekas apa saja yang diperhatikan

Tips memilih Velg bekas apa saja yang diperhatikan

Mengganti velg mobil menjadi cara jitu buat meningkatkan gengsi dan tampilan mobil karena mobil yang telah berganti velg jadi berbeda secara tampilan dengan mobil kebanyakan. Pilihan untuk ganti velg bisa saja mengganti dengan velg baru yang biasanya buatan jepang, lokal atau yang replika dari Taiwan. Tapi ada juga pilijan lain yang tidak kalah menggoda, yaitu menggunakan velg bekas copotan mobil lain.

Sebagai contoh, velg Suzuki Karimun Estilo bisa menggunakan miik Suzuki Swift atau Spalsh dengan diameter 15 inch. Velg Toyota Agya dan Daihtsu Ayla bisa menggantinya dengan velg Toyota Vios. Namun jika memilih velg bekas untuk modifikasi, perlu lebih jeli dalam memilih. Karena tak jarang pelek seken sudah terpoles oleh cat ulang sehingga tampak mulus. Padahal mungkin saja pelek itu pernah pecah atau bibir velg pernah rompal. Maka tidak salah kalau dalam memilih velg bekas benar-benar perlu kita perhatikan kondisinya.

Sebenarnya akan lebih mantap kalau pelek itu copotan mobil baru dan catnya asli pabrik. Karena biasanya lapisan cat nya tipis dan garis-garis halus pada bagian dalam bodi pelek masih tampak. Ini karena proses pembuatan pelek dengan proses CNC, jadi kalau anda perhatikan velg bagian dalam(yang menghadap ke kolong mobil) catnya tebal seperti cat bagian luarnya perlu dicurigai bahwa velg tersebut pernah di repaint atau dicat ulang. Sebenarnya velg yang sudah pernah di repaint tidak ada jeleknya, hanya saja dikhawatirkan pernah terjadi sesuatu pada velg tersebut.

Jual velg bekas Suzuki Swift ring 15

Ada yang jual velg bekas Suzuki Swift ring 15

Kemudian amati pula bibir belakang pelek, kalau masih bagus terlihat lurus. Bila sudah direpair atau pecah tetap akan terlihat, karena garis-gariss velg di bagian dalam yang tidak di cat akan ketutup dempul. Cara mudah untuk melihat bibir velg bekas masih dalam keadaan lurus atau tidak adalah dengan meletakannya diatas kaca, jika pernah di perbaiki atau bergelombang akan terlihat ada celah antara velg dan kaca.

Tips Memilih velg bekas dari penjual lainnya yang tidak kalah penting adalah amati lubang baut pelek. Tak jarang lubang baut berubah akibat modifikasi ubahan PCD. Misal velg yang tadinya berlubang baut 4 dengan PCD 100 dirubah ke PCD 114. Biasanya proses perubahan PCD dengan cara membor luban baru dan lubang lamanya di cor kemudian dicat ulang. Padalah proses cor besi itu panas yang berdampak velg bisa menjadi tidak lurus lagi. Belum lagi karena material cor yang berbeda dengan material metal pembentuk velg sehingga antara kedua material tidak menyatu dengan kuat, sehingga berbahaya. Saran Mas_Mun hindari membeli velg bekas yang sudah mengalami modifikasi PCD.

Velg bekas Suzuki Splash

Pedagang jual Velg bekas Suzuki Splash

Cara pamungkas dalam membeli velg bekas dari pedagang yang terkahir dari Mas_Mun adalah minta ijin ke si Pedagang untuk membawanya ke bengkel ban untuk di balancing. Dari situ akan terlihat apakah velg masih recomended untuk dibeli atau tidak. Karena akan kelihatan apakah velg masih balance(tidak butuh banyak timah) atau perlu banyak ditempel timah karena sudah tidak balance. Jadi balancingnya sebelum deal transaksi dengan pedagang, jadi kalau kualitas velg bekasnya sudah jelek ya tidak jadi beli. Koneskuensinya paling tinggal ngasih uang rokok Rp.50.000 aja buat si Pedagan dan keluar modal uang buat balancing 4 velg saja.

Topik: Roda | Tagged , , , jual velg mobil bekas ring 15, velg mobil bekas, pelek mobil bekas, harga velg mobil ring 15 bekas, tips membeli velg mobil bekas.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+