Tips Merawat Antena di Atap Mobil

0
Antena radio mobil di atap

Antena radio Suzuki Karimun Estilo di atap

Hampir semua mobil saat ini menggunakan antena di posisi atap, jarang sekali yang masih menggunakan antena model pancing(yang ditarik ke atas)  karena mungkin modelnya sudah ketinggalan zaman. Selain Karimun Estilo sebut saja Honda Jazz, Swift, Mazda 2 sampai mobil beratap tinggi seperti Honda Freed dan Pajero Sport pun sudah menggunakan antena model ini, walaupun nggak kebayang gimana caranya menggapai antena di mobil setinggi itu.  Suzuki Karimun Estilo sejak generasi pertama pun(tahun 2007) sudah menggunakan antena di atap, walaupun ada beberapa orang yang kurang sreg karena antena mobil Suzuki terlihat terlalu panjang.

Lalu bagaimana melakukan perawatan antena atap mobil yang jarang sekali kita perhatikan? Sebenarnya sangat minim sekali perawatannya. Biasanya Mas_Mun mengelapnya dengan cairan Vinyl protectant yang biasa untuk mengkilapkan interior mobil. Jadi setelah selesai mengilapkan interior mobil dengan lap yang disemprotkan cairan Vinyl protectan, bekas lap yang masih basah tadi sekalian untuk mengelap antena dari pangkal hingga ujung, jadinya antena lebih mengkilap. Cairan Vinyl protectant-nya bebas, bisa Sonax,  Armor All, Kit atau Meguiar’s.

Tips Merawat Antena Atap Mobil

Tips Merawat Antena Atap Lumasi Sebulan Sekali

Kemudian perawatan antena atap lainnya yang paling penting adalah satu atau dua bulan sekali melumasi AS-nya dengan minyak mesin jahit Singer atau oli mesin yang encer. Perlu diketahui minyak Singer lebih encer dari oli mesin sehingga lebih mudah memasuki celah as tengah antena. Kenapa harus dilumasi? Pengalaman Mas_Mun dulu sebelum rutin melumasi pernah sampai susah mau meratakan antena ke atap hingga atapnya jadi ikut tertekan, padahal kalau dipakasakan bisa menyembabkan atap tempat dudukan antena menjadi penyok. Jadi walapun anda jarang sekali merubah posisi antena(menegakkan atau merebahkan antena) ada baiknya rutin melumasi bagian ini menggunakan pelumas, sedikit saja tidak usah banyak-banyak pada bagiam as-nya. Jadi sewaktu-waktu ingin merubah posisi antena tidak perlu usaha extra untuk menggerakkannya dan yang paling penting anda tidak beresiko mebuat atap sampai penyok karena tertekan keras ketika merubah posisi antena.

 

 

 

 

Topik: Body | Tagged , perawatan karimun kotak, antena suzuki karimun, cara merawat karimun estilo, tips merawat mobil karimun estilo, tips pemeliharaan estilo 2007.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+