Plus Minus Vios Limo Dibanding Suzuki Karimun

0
Body Vios Limo Memiliki Ukuran Dimensi Lebih Besar

Body Vios Limo Memiliki Ukuran Dimensi Lebih Besar

Sekilas seperti tidak adil ya jika membandingkan sedan Vios Limo bermesin 1500 cc dengan mobil city car bermesin 1000 cc, tapi sesungguhnya kedua mobil ini sekelas dari sisi harga jual kondisi bekas. Ceritanya bermula sekitar dua tahun yang lalu ketika salah seorang saudara ingin membeli mobil bekas dengan budget sekitar 70 juta rupiah. Tentu saja Mas_Mun menyarankan city car Suzuki Karimun, hal pertama yang menjadi pertimbangan karena ukuran garasi rumahnya yang terbatas sehingga pas jika di isi mobil seukuran Suzuki Karimun.

Pertimbangan lainnya tentu tentu karena Mas_Mun hanya akan menyarankan mobil bekas yang telah terbukti sendiri keunggulannya, apalagi budget yang dimliki sesuai dengan harga Suzuki Karimun bekas. Namun entah mengapa beliau lebih tertarik pada sedan Vios Limo bekas sebuah perusahaan taksi ternama di Jakarta. Hingga akhirnya membeli unit Vios Limo bekas ini dari Jakarta dan membawanya ke Jawa Tengah, sudah berikut proses mutasi surat-surat kendaraannya.

Perbandingan Vios Limo Dengan Suzuki Karimun

Perbandingan Vios Limo Dengan Suzuki Karimun

Sedikit fakta mengenai mobil bertipe sedan ini diimport secara CBU dari Thailand untuk menggantikan Timor S515i dan Toyota Soluna yang lebih dulu hadir sebagai armada taksi, yang ada dalam foto ulasan kali ini adalah Limo generasi kedua. Nama sesungguhnya bukanlah Vios Limo melainkan hanya Limo, namun entah mengapa banyak orang yang menyebutnya sebagai Vios Limo. Limo diplot sebagai kendaraan umum dengan spesifikasi fitur yang lebih rendah, sedangkan untuk kendaraan pribadi Toyota mengeluarkan Vios dengan fitur yang lebih lengkap. Keduanya menggunakan platform yang sama, plek dari body hingga mesin yang membedakan hanya fitur dan ukuran rodanya saja.

Perbandingan Vios Limo Vs Suzuki Karimun Estilo

Kali ini yuk kita bandingkan plus minus Vios Limo dibandingkan dengan mobil bekas Suzuki Karimun Estilo. Yang pertama dari sisi dapur pacu, mesin yang digunakan mobil Limo eks taksi ini sama persis dengan yang digunakan oleh Toyota Vios maupun Yaris selama lebih dari 10 tahun. Mesin berkode 1NZ-FE ini adalah mesin legendaris yang terkenal irit dan bandel dari Toyota, power yang dihasilkan sebesar 109 ps terbilang cukup untuk menjalankan mobil berbobot kosong 1020 kg ini. Bandingkan dengan Suzuki Karimun Estilo bermesin 1000 cc yang menghasilkan tenaga sebesar 68 ps dengan bobot mobil seberat 850 kg, tidak heran akselerasi Limo jauh lebih unggul dari Suzuki Karimun. Tarikannya terasa berisi dari putaran bawah hingga atas.

Kode Mesin Irit dan Bandel Miliki Toyota

Kode Mesin Irit dan Bandel Miliki Toyota

Selanjutnya dari sisi Interior, kabin Vios Limo lebih lebar dari Suzuki Karimun Estilo tentu dampaknya jarak bahu antara penumpang depan dan pengemudi tidak serapat jika kita berada di kabin Karimun Estilo. Begitu juga dalam hal panjang keseluruhan mobil yang terpaut hingga 70 cm sehingga duduk di jok belakang Vios Limo lebih lapang dibanding jok belakang Suzuki Karimun, belum lagi terdapat bagasi belakang membuat daya angkutnya lebih banyak.

Fitur yang dimiliki Vios Limo pun tidak banyak berbeda dengan produk city car Suzuki. Walaupun mobil ini bekas taksi namun sudah terpasang head unit Clarion yang dapat memutar kepingan CD dan terdapat port Aux-In. Namun karena ini bukanlah Toyota Vios yang dipasarkan Toyota Astra Motor maka mobil ini belum dilengkapi power window pada ke empat pintunya dan electric mirror untuk pengaturan kaca spion seperti yang sudah terdapat pada fitur standar Suzuki Karimun Estilo.

Head Unit Clararion Standard Dilengkapi AC dan Sarung Jok

Head Unit Clararion Standard Dilengkapi AC dan Sarung Jok

Vios Limo Belum Dilengkapi Power Window

Vios Limo Belum Dilengkapi Power Window

Dari sisi eksterior dimensi keseluruhan mobil ini lebih panjang 70 cm dan lebih lebar 22,5 cm jika dibandingkan Suzuki Karimun Estilo. Tentu ini memberi keunggulan dari sisi kelapangan kabin, namun apabila garasi rumah memiliki ukuran yang terbatas seperti garasi milik saudara Mas_Mun, tentu konsekuensinya pintu garasi jadi tidak dapat ditutup jika mobil sedang terparkir karena ukuran body-nya yang cukup panjang. Untuk roda standarnya Vios Limo menggunakan velg kaleng ring 14, namun ketika membeli mobil ini dari pool taksi calon pembeli juga ditawarkan dengan pilihan velg alloy yang biasanya adalah copotan dari Toyota Vios atau Yaris berdiameter 15 inch, tentu dengan konsekuensi biaya ekstra untuk mengu-upgrade velg.

Kesimpulan

Dari kelas dan spesifikasinya tentu jauh lebih unggul Vios Limo sedan bermesin 1500 cc dibandingkan mobil city car 1000 cc, namun harga kedua mobil ini dalam kondisi bekas tidak terpaut jauh yang menjadikannya setara bagi calon pembeli dengan budget 70 jutaan.

Perbandingan Antara Sedan Dan City Car

Perbandingan Antara Sedan Dan City Car

Mesin Toyota 1NZ-FE yang digunakan terkenal bandel dan irit tentu selama anda mendapatkan mobil bekas taksi yang terawat tidak perlu perlu terlalu khawatir akan kerusakan, namun bagi yang berminat membeli sedan bekas ini perlu bersiap dengan pengeluaran ekstra untuk penggantian part fast moving yang rutin seperti kampas rem, kampas kopling, shockbreker dan komponen kaki-kaki Vios Limo karena jarak tempuhnya rata-rata sudah mencapai 300.000 kilometer di umurnya yang baru menginjak tahun kelima.

Topik: Mobkas | Tagged , , bobot karimun kotak, daya tahan mesin limo toyota sampai berapa ?, karimun vs yaris, timor atau karimun, plus minus beli mobil bekas taxi.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+