Biaya Service Mobil Suzuki Karimun Wagon R vs Toyota Agya

0
Foto Bengkel Tunas Toyota

Foto Bengkel Tunas Toyota

Ketika akan membeli sebuah mobil yang digunakan untuk kendaraan harian anda perlu juga untuk mempertimbangkan besarnya pos pengeluaran yang dibutuhkan oleh sebuah mobil, antara lain seperti pajak tahunan mobil, biaya bahan bakar dan biaya service. Jadi sebagai konsumen sebaiknya tidak hanya terpaku pada harga mobilnya saja.

Kali ini Mas_Mun akan melakukam komparasai biaya perwatan mobil entry level antara Suzuki Karimun Wagon R dan Toyota Agya. Untuk biaya service berkala New Karimun Estilo kebijakannya saat ini disamakan dengan biaya perawatan Wagon R walalupun untuk harga spare part terdapat perbedaan.

Daftar biaya perawatan berkala ini bersumber dari papan harga yang terpampang di bengkel Tunas Toyota dan bengkel resmi Suzuki Sejahtera Buana Trada diperiode awal tahun 2016 ini. Untuk jaringan bengekl resmi Toyota dan Suzuki di luar kota Jakarta tentu akan ada perbedaan harga menginggat cost tenaga kerja untuk masing-masing provinsi di Indonesia juga berbeda.

Biaya Service Agya Wagon R Di Bengkel Resmi

Biaya Service Agya dan Wagon R Di Bengkel Resmi

Jika ditilik biaya service mobil atau perawatan berkala antara Toyta Agya dan Suzuki Karimun Wagon R hanya berbeda tipis. Kedua pabrikan menganjurkan perawatan berkala setiap kelipatan 10.000 km, sedangkan setiap keliapatan 5000 km hanya dilakukan penggantian oli mesin dan filternya. Namun di Suzuki untuk kelipatan 5000 kilometer juga dilakukan pengecekkan terhadap 23 item di bagian mesin, rem dan roda sehingga harganya sedikit lebih mahal.

Mungkin akan timbul pertanyaan, “Loh katanya biaya perawatan mobil baru itu gratis hingga 50.000 km?” Yang gratis adalah biaya jasanya sedangkan untuk oli, minyak rem, radiator coolant dan penggantian spare part kategori fast moving seperti busi dan filter udara tentu tidak gratis. Biaya penggantian itulah yang tercantum di atas namun perlu dipahami bahwa harga di atas itu tidak termasuk penggantian jika terjadi keausan pada komponen yang lebih dini akibat kesalahan pemakaian, misalkan kamps kopling dan kampas rem yang aus.

Ganti Oli di Bengkel Resmi

Untuk oli bengkel resmi Tunas Toyota akan memberikan opsi mau pakai Castrol atau oli Toyota(TGMO=Toyota Genuine Motor Oil). Kalau memilih TGMO akan diberikan opsi lebih lengkap, mau yang kekentalan 10W/40, 5W/30, atau yang paling encer dengan kualitas terbaik 0W/20? Tentu semuanya dengan harga yang berbeda. Standarnya Toyota akan memberikan oli TGMO 10W/40 untuk Toyota Agya seharga  Rp88.000/liter, yang sudah include dalam biaya paket perawatan di atas. Namun jika ingin mengganti dengan yang lebih encer dan spek API(Amercican Petroleum Institute) yang lebih baik maka tentu perlu merogoh kocek yang lebih dalam lagi.

Untuk bengkel resmi Suzuki tidak diperkenan menawarkan produk selain oli resmi Suzuki(SGO=Suzuki Genuine Oil). Dan oli yang tersedia untuk Karimun Estilo atau Wagon R hanya 5W/30 seharga Rp72.000/liter dan 0W/30 seharga delapan puluh ribuan untuk perliternya.

Chemical Product Perlu Atau Tidak?

Yang disebut chemical product antar lain seperti engine flush, brake cleaner, injector cleaner, throttle body cleaner, dan lain-lain. Produk cairan ini biasanya akan disertakan oleh Service Advisor ketika anda melakukan perawatan berkala di bengkel resmi, sehingga tentu sebagai konsumen pengeluaran anda akan bertambah. Namun sebetulnya penting atau tidak sih chemical product itu?

Chemical product dibutuhkan untuk beberapa kondisi, seperti ketika membersihkan throttle body injeksi atau ketika melakukan perawatan rem maka biasanya chemical brake cleaner ikut disertakan dan itu wajar. Namun beberapa bengkel resmi terkadang berlebih dalam meyertakan product chemical tersebut, misalkan setiap mengganti oli maka harus menggunakan cairan engine flush padahal tipe oli baru dan lama yang digunakan tetap sama. Dalam kondisi yang tidak diperlukan seperti itu anda dapat menolak penggunaan chemical product kepada Service Advisor sehingga uang yang anda keluarkan benar-benar hanya untuk produk yang dibutuhkan saja.

Suzuki Karimun Service Di Bengkel Resmi

Suzuki Karimun Service Di Bengkel Resmi

Biaya Service Mobil Naik Terus

Biaya service mobil akan terus meningkat setiap tahunnya, sebagai contoh ketika awla-awal diluncurkan ditahun 2013 biaya service Toyota Agya untuk jarak tempuh 10.000 kilometer ditetapkan sebesar Rp 253.200(sumber: Autobild) namun kini ditahun 2016 biaya service Toyota Agya untuk jarak tempuh 10.000 kilometer mencapai Rp 685.000.

Kok bisa terjadi kenaikan setinggi itu? Ternyata di 10.000 kilometer Tunas Toyota saat ini menyertakan spooring dan balancing sehingga biaya perawatan Agya di 10.000 kilometer hampir mencapai Rp700.000. Sedangkan jika tanpa spooring dan balancing biaya perawatan berkala pada jarak tepuh tersebut hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 420.000, namun tetap saja kenaikannya hampir dua kali lipat dalam kurun waktu yang hanya 3 tahun.

Tentu kenaikan biaya perawatan merupakan keniscayaan karena inflasi terus berjalan setiap tahunnya dan itu berlaku untuk semua merek mobil. Cukup mahal juga ya biaya service mobil di bengkel resmi? Sebagai pemegang sertifikat teknisi bengkel resmi Suzuki, Mas_Mun jadi berinisiatif meluncurkan layanan perawatan mobil Suzuki yang lebih murah dari pada di bengkel resmi nih. :D

Topik: Mesin | Tagged , suzuki karimun wagon r vs toyota agya, biaya service mobil karimun wagon, Biaya servis mobil karimun, tarif service mobil suzuki di bengkel resmi, biaya service karimun wagon r deng.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+