Cara Menyalip Mobil Lain Bagi Yang Baru Belajar Nyetir

0
Jangan Menyalip Jika Tidak Memungkinkan

Jangan Menyalip Jika Tidak Memungkinkan

Bagi pemula yang baru belajar nyetir namun sudah cukup lancar tentu sudah berani untuk mengemudikan mobilnya sendiri di jalanan. Belajar mengemudi sambil berhenti di tanjakan sudah, belajar parkir sudah, mungkin kini saatnya untuk mempelajari bagaiamana cara menyalip mobil lain di depan anda yang berjalan lambat.

Bagi yang hanya terbiasa dengan rute dalam kota dimana mobil atau kendaraan lainnya hanya berjalan dengan kecepatan rendah dan jalanan yang cukup lebar maka menyalip mobil di depan tentu bukan hal yang sulit. Namun bagaimana jika para pemula sedang menempuh perjalanan luar kota untuk pertama kalinya, dengan kondisi jalan hanya satu jalur dan terdapat kendaraan penumpang seperti angkot, atau truk/pikap dengan barang bawaan di depan kita yang biasanya hanya berjalan lambat.

Cara Menyalip Dengan Aman Jangan Langsung Memotong Jalan

Cara Menyalip Aman Jangan Langsung Memotong Jalan -aglowcarrental

Karena itulah diperlukan pengetahuan bagaimana cara menyalip mobil lain di depan anda bagi yang baru belajar nyetir. Perinsip dasar ketika menyetir adalah kesabaran dan perhitungan.Pada saat ingin menyalip perhatikan kedua hal tersebut, jika memang belum memungkinkan untuk menyalip karena jalanan masih ramai maka tunggulah dan bersabarlah. Ketika mengemudi tanamkan dalam benak kita untuk menghormati sesama pengguna jalan dengan tidak memakan hak pengguna jalan lain yaitu memyerobot jalur yang berlawanan. Jangan berprilaku seperti oknum supir bus AKAP(antar kota antar provinsi) yang terkadang ketika menyalip justru menuntut pengemudi lain dari arah berlawanan untuk menepi.

Berikut ini tips atau cara menyalip mobil lain yang aman bagi pemula:

  1. Teknik menyalip yang lazim: Sebelum mendahului kendaraan lain yang berada di depan, perpendeklah jarak dengan kendaraan tersebut sambil anda turunkan posisi gigi presneling. Tujuan dari menurunkan gigi presneling adalah meningkatkan putaran mesin sehingga akselerasi dapat lebih cepat. Namun sebelum anda memperpendek jarak dengan mobil di depan pastikan anda masih dapat melihat kondisi di depan mobil yang akan disalip tersebut.
  2. Menyalip harus dalam kondisi jalan yang kosong, jika jalur sudah dirasa aman jangan lupa nyalakan sein kanan untuk memberi tanda pada pengendara di belakang. Atau jika dirasa perlu kedipkan pula lampu dim depan untuk memberi tanda bagi mobil dari arah yang berlawanan.
  3. Cek blind spot di kaca spion dengan menggerakkan kepala sedikit ke arah depan sambil menengok ke spion mobil, tujuannya untuk memastikan bahwa kondisi di sekeliling belakang mobil dalam kondisi aman.
  4. Jangan menyalip pada posisi jalan yeng menikung, karena kendaraan dari arah berlawanan tidak dapat terlihat sehingga beresiko besar terjadi kecelakaan.
  5. Jangan menyalip pada jalan tananjakan curam dengan garis median jalan yang tidak putus-putus.
  6. Ketika mendahului kendaraan lain dan ingin kembali ke jalur semula jangan langsung berbelok ke kiri dengan ekstrim, karena akan memotong jalur kendaraan lain yang anda dahului dan hal tersebut sangatlah tidak sopan(lihat gambar di atas).
  7. Pahami kemampuan akselarsi mobil anda, misalkan jika mobil anda merupakan city car tentu akselarasinya tidak sebaik mobil sedan berkapasitas mesin yang besar sehingga membutuhkan jarak yang lebih panjang dan waktu yang sedikit lebih lama ketika menyalip walalupun mungkin hanya dalam hitungan detik.
Perhatikan Garis Pembatas Jalan Sebagai Panduan

Perhatikan Garis Pembatas Jalan Sebagai Panduan

Agar lebih yakin dalam hal keamanan ketika ingin menyalip mobil lain di depan perhatikan saja garis pemisah ditengah jalan, jangan mendahului jika terdapat garis median jalan yang tidak putus-putus. Lihat juga marka jalan jika ada larangan mendahului biasanya terdapat pada jalan berkelok sebaiknya anda bersabar menunggu hingga melewati jalan yang lurus untuk menyalip mobil lain yang berada di depan.

CATATAN harap diperhatikan:
– Hati-hati jika ingin menyalip kendaraan besar seperti truck, karena Pemirsah akan sulit untuk dapat melihat kondisi keadaan di depan truck.
Cara menyalip menggunakan mobil matic bisa dengan menekan secara mendadak pedal gas dalam-dalam (kick dwon) agar gigi transmisi dapat turun satu tingkat.
– Waspadalah jika mobil yang ingin anda salip tiba-tiba mengerem, bisa jadi ada motor atau orang yang akan menyebrang di depan.

Topik: Mengemudi | Tagged , cara menyalip mobil, belajar menyalip mobil, cara menyalip dengan mobil, cara menyalip mobil yang benar, cara mengemudi mobil dengan menyelip mobil dengan satu arah.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+