Cara Pasang Lampu Led di Mobil Dengan Soket H4

6
Perbandingan Lampu LED versus H4 Standard

Perbandingan Lampu LED (putih) versus H4 Standard (kuning)

Jika sudah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya kemudian berniat memasang lampu LED di mobil, berikut ini dijabarkan langkah-langkah pemasangannya. Cara pasang lampu led di mobil cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Pemasangan lampu LED dilakukan pada mobil yang menggunakan bohlam lampu standard tipe H4. Tentu kami mencobanya pada  Suzuki Karimun Estilo. Pemasangan pada kedua mobil tersebut tidak memerlukan banyak ubahan/modifikasi dan tentunya dapat diaplikasikan juga pada mobil pabrikan Jepang lainnya yang menggunakan bohlam tipe H4 pada lampu depannya, seperti Mitsubishi, Nissan, Honda dan Toyota.

Manfaatkan Kaki Bohlam H4 Yang Sudah Rusak

Manfaatkan Kaki Bohlam H4 Yang Sudah Rusak

1) Agar kabel lampu LED bisa tersambung dengan kabel lampu bawaan mobil pilihannya ada dua, bisa mengupas kabel lampu milik mobil atau memodifikasi kabel LED agar dapat masuk ke soket H4 standar mobil. Kami memilih opsi kedua agar kabel lampu standar mobil tetap utuh dan lebih aman dari konsleting. Caranya, pasang kaki/pin di ujung kabel LED dengan cara menyoldernya. Kaki/Pin bisa didapat di toko elektronik atau memanfaatkan kaki dari bohlam H4 bekas.

Solder Ujung Kabel Dengan Pin Agar Masuk Soket H4

Solder Ujung Kabel Dengan Pin Agar Masuk di Soket H4

2) Solder kaki/pin tersebut ke  3 ujung kabel LED, jumlahnya sama persis dengan kaki lampu bohlam H4. Jika sudah, agar tidak saling bersentuhan tutup sambunganya dengan selotip kabel.

Pasang Adaptor Dudukan H4 Pada Lampu LED

Pasang Adaptor Dudukan H4 Pada Lampu LED

3) Pasang Adaptor H4 pada Lampu LED, jangan lupa ada baut dan mur kecil untuk mengunci adaptor pada dudukan body lampu LED.

4) Lepas bohlam lampu utama mobil, caranya sudah pernah Mas_Mun ulas di halaman ini: Lepas Bohlam H4.

Skema Kabel Soket Lampu H4

Skema Kabel Soket Lampu H4

Pasang Kabel Lampu LED ke Soket H4 Standar Mobil

Pasang Kabel Lampu LED ke Soket H4 Standar Mobil

5) Untuk langkah pemasang langkahnya tinggal dibalik dari melepasnya, hanya saja pemasangan kawat pengait lampu di belakang refltektor agak susah karena terdapat kipas kecil dibelakang lampu LED. Jika sudah terpasang tinggal menyambung pin di ujung kabel lampu LED ke soket H4 bawaan mobil. Kabel Putih=Low Beam, Kabel Biru=High Beam, dan Kabel Hijau=Ground(untuk keterangan kabel biasanya tercantum di kemasan dus). Jangan lupa rapihkan kabel-kebelnya.

Perbandingan Sinar Pada Malam Hari - High Beam

Perbandingan Sinar Pada Malam Hari – High Beam

Selesai silahkan bandingkan sinarnya ketika malam. Jika dirasa terlalu menyilaukan maka wajib untuk menyetel ulang ketinggian arah lampu agar tidak menyilaukan pengemudi lain dari arah berlawanan. Untungnya penyetelan ketinggian lampu depan secara elektrik melalui switch dari kabin bisa dilakukan pada Suzuki Karimun Estilo dan Suzuki Spalsh.

Topik: Kelistrikkan | Tagged lampu led mobil, lampu led H4, cara pasang lampu led di mobil, lampu led mobil h4, soket lampu h4.

6 comments
  • gerald
    October 23, 2016

    Mas mun harga mika lampu depan karlo 4sylinder per buahnya berapa? Punya saya ud mulai buram dan tergores. Selama ini saya pakai lampu 90/100w dan pasang relay. Makasih sebelum dan sesudahnya masmun


    • MasMun
      October 25, 2016

      Mika dan reflektor tidak dijual terpisah, coba bawa ke spesialis repair lampu mobil saja mas. Biasanya mika bisa kembali cerah lagi, tapi ya tidak bisa 100% kembali seperti baru untuk biayanya biasanya sekitar 200-ribuan untuk sepasang lampu depan.


  • khusus led
    September 18, 2016

    apv,swift,karimun mekanisme H4nya sama ya? kok itu perlu nuker socket ya? kalau lampu impor beda ya mas urutan kakinya?


    • MasMun
      September 27, 2016

      Bukannya nuker soket, tapi bikin pin agar kabel lampu LED-nya bisa masuk ke soket H4 mas.


  • Dito Kosa
    August 10, 2016

    Mas mun.. saya sudah mencoba memasang led di mobil apv kenapa tidak bisa yaa? secara merk sama-sama suzuki.. apakah sistem kelistrikannya berbeda?


    • MasMun
      August 12, 2016

      Kemungkinan lampu LED-nya yang tidak cocok pak Dito, kalau soketnya bisa pakai soket H4 seharusnya bisa.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+