Cara Pemasangan Rear Upper Spoiler Mobil

0
Kondisi Spoiler Mobil Yang Sudah Terpasang

Kondisi Spoiler Mobil Yang Sudah Terpasang

Body kit – Rear upper spoiler pada city car atau mobil berjenis MPV agaknya terasa wajib, alasannya sederhana karena bagian belakang mobil terlihat sangat polos tanpa tambahan aksesoris yang terletak di atas kaca belakang mobil ini. Coba lihat saja Karimun Wagon R(selain tipe Dilago) ataupun Karimun Estilo yang dari pabriknya tidak dilengkapi wiper di kaca belakangnya, pun tidak dilengkapi spoiler sehingga terlihat sangat polos.

Untungnya Suzuki sudah menyediakan aksesoris body kit SGA yang memang didesain untuk produk mobil Suzuki, salah satunya body kit rear upper spoiler ini yang tersedia untuk berbagi mobil Suzuki seperti APV, Swift, Karimun Wagon R dan Karimun Estilo. Karena ukurannya sudah pas sehingga tidak memerlukan ubahan, hanya saja perlu ngebor body mobil terlebih dahulu untuk lubang bautnya.

Perlukah Bor Untuk Memasang Body Kit?

Semua body kit SGA original Suzuki telah dilengkapi dengan double tape dan baut set, beberapa orang yang sayang mobilnya harus dilubangi dengan mata bor untuk memasang spoiler memilih hanya menggunakan double tape tersebut tanpa melubangi body mobil. Mas_Mun memilih tetap menggunakan baut sebagai “pengikat” utama spoiler dan body mobil agar lebih terjamin kekuatannya, sehingga mau tidak mau body belakang akan ditembus dengan mata bor.

Berikut langkah pemasangannya:

1 Fitting Mengepaskan Body kit

1 Fitting Mengepaskan dan Menandai Titik Pengeboran

1) Langkah pertama ini untuk memberikan tanda titik pengeboran di body mobil. Caranya: Pada sisi dalam spoiler terdapat dua lubang untuk baut yang akan terpasang dari sisi dalam. Lubang tersebut kemudian di disumpal busa yang telah dibasahi dengan cat. Setelah itu spoiler dipas-kan di atas kaca belakang, sehingga busa tadi menempel di body dan meninggalkan titik noda cat sebagai tanda titik pengeboran.

2 Cara Bor Body Mobil Diberi Tanda dulu

2 Bor Body Mobil Setelah Diberi Tanda Terlebih Dahulu

2) Tandai kedua titik noda cat tadi dengan obeng plus agar tidak hilang. Bersiap untuk membolongi body atau pintu belakang. Gunakan mata bor yang lebih kecil terlebih dahulu agar mudah menembus plat body, baru kemudian diulangi dengan mata bor yang lebih besar.

3 Sealent dan Double Tape Tempel Body Mobil

3 Beri Sealent dan Double Tape Untuk Menempel

3) Persiapan untuk memasang spoiler, beri tambahan sealent sebagai penguat perekat di sisi dalam kemudian lepas sedikit ujung lapisan pelindung double tape.

4 Pasang Baut dari Sisi Dalam

4 Pasang Baut dari Sisi Dalam

4) Lepas dua penutup lubang(warna hitam) dari sisi dalam, caranya cukup mencongke dengan menggunakan kuku. Kemudian pasang spoiler dan baut dari sisi dalam pintu bagasi. Pemasangan baut spoiler berbeda dengan mobil Toyota, yang pada beberapa tipe baut justru dipasang dari sisi luar atas. Untuk Suzuki dipasang dari sisi dalam bagian bawah. Pada tahap ini pemasangan baut jangan terlalu kencang.

5 Cara Lepas Double Tape Perlahan

5 Lepas Double Tape Dengan Cara Perlahan

5) Tujuan dari pemasangan baut yang tidak dikencangkan tadi adalah agar masih terdapat celah untuk melepas lapisan penutup double tape.

6 Kencangkan Baut

6 Kencangkan Baut

6) Setelah double tape terlepas semuanya baru kencangan kedua baut dari sisi dalam.

7 Persiapan Sealent

7 Persiapan Sealent Dengan Menutupi Selotip Kertas

7) Mulai ke tahap finishing, yaitu persiapan pemberian sealent. Sealent berguna untuk menambal agar air tidak memasuki celah. Pasang selotip kertas sebagai pelindung pada bagian body mobil dan spoiler agar tidak terkena ceceran sealent, sehingga sealent hanya akan mengisi celah sambungan diantara keduanya dan hasilnya nanti akan terlihat rapih menambal celah.

8 Penggunaan Sealent Untuk Menambal Celah Body Mobil

8 Penggunaan Sealent Untuk Menambal Celah Body Mobil

8) Pemberian sealent lazim digunakan untuk menambal celah saat pemasangan body kit mobil, termasuk rear upper spoiler. Sealent dapat dibeli di toko bangunan, untuk sealent jenis ini terdapat dua pilihan warna yaitu hitam dan putih.

9 Perbandingan Sebelum dan Sesudah Pasang Spoiler

9 Perbandingan Sebelum dan Sesudah Pasang Spoiler

Silahkan dibandingkan hasilnya setelah terpasang pada Suzuki Karimun Estilo, tapi sepertinya masih kurang wiper belakang. :) Untuk jasa pengerjaan pengecatan dan pemasangan spoiler per-panel di bengkel body repair biasanya dikenakan biaya mulai Rp 300.000 sampai dengan Rp 400.000-an, tentu harga jasa tersebut tergantung kota dimana kita tinggal.

Topik: Body | Tagged , cara pasang spoiler mobil tanpa bor, cara pasang spoiler mobil, cara memasang spoiler mobil, cara pasang spoiler, cara pasang spoiler mobil tanpa di bor.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+