Dampak Kurangnya Tekanan Ban Terhadap Konsumsi BBM

0
Rutin Lakukan Pengecekkan Kondisi Tekanan

Rutin Lakukan Pengecekkan Kondisi Tekanan

Pemeriksaan tekanan angin ban merupakan hal yang sepele dan bisa dilakukan siapa saja namun sayangnya kita kerap kali lalai memeriksa tekanan angin ban. Padahal lama-kelamaan tekanan ban pasti akan berkurang dengan sendirinya. Ban dengan tekanan angin yang kurang memiliki resiko pecah lebih besar dan konsumsi bensin yang menjadi lebih boros.

Hal tersebut terjadi karena dibutuhkan tenaga mesin yang lebih besar untuk menjalankan mobil dalam kondisi tersebut. Lalu seberapa besar pengaruh kurangnya tekanan angin ban terhadap konsumsi BBM mobil?

Berikut ini Mas_Mun kutip hasil test majalah Auto Bild Indonesia edisi 224 dalam test pengujian pengaruh tekanan ban terhadap konsumsi BBM mobil.

Metode Pengetesan Pertama:

Metode pengukuran konsumsi BBM yang dipakai adalah full-to-full. Sementara untuk mencatat semua parameter jarak digunakan perangkat GPS. Tekanan angin ban yang disyaratkan pada Toyota Avanza 1.3 E M/T adalah 31 psi untuk depan dan 35 psi untuk belakang. Kecepatan rata-rata diusahakan berada di kisaran 20 km/jam, mirip dengan kecepatan rata-rata pengujian konsumsi BBM dalam kota untuk mobil baru. Target jarak tempuh pada kisaran 50 kilometer.

Hasil Test Pertama:

Setelah menghabiskan waktu 2 jam 45 menit, tim berhasil menuntaskan jarak 54,97 km dengan kecepatan rata-rata 19.9 km/jam dan BBM yang dibutuhkan sebanyak 4,52 liter. Artinya dengan menggunakan tekanan ban yang direkomendasikan pabrik maka konsumsi BBM adalah 12,16 km/liter.

Metode Pengetesan Kedua:

Kemudian untuk test kedua tekanan angin semua ban dikurangi 10 psi. Ban depan menjadi hanya 21 psi dan ban belakang menjadi 25 psi.

Hasil Test Kedua:

Dalam waktu tempuh 2 jam 20 menit mobil berhasil menempuh jarak 48,33 km dengan kecepatan rata-rata 19,8 km/jam. Artinya dengan menurunkan tekanan ban 10 psi maka konsumsi BBM adalah 9,11 km/liter.

Kesimpulan

Terbukti tekanan angin ban yang kurang menyebabkan konsumsi BBM mobil jadi lebih boros. Hal ini tidak lain disebabkan karena mesin butuh tenaga lebih besar untuk memutar seluruh ban. Jadi, mulai sekarang biasakan untuk memperhatikan tekanan angin ban. Selain bisa menghemat BBM, kondisi ban juga lebih terjaga sehingga umur pakai jadi lebih lama.

 

Topik: Roda | Tagged 5 akibat tekanan ban dikurangi, apa pengaruhnya ban mobil kurang angin, pengaruh ban terhadap konsumsi bbm, pengaruh tekanan ban.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+