Mengenal Spion Mobil Suzuki Karimun Dan Masalahnya

9

Sempat ada yang menanyakan kepada Mas_Mun bagaimana cara melepas spion mobil Suzuki Karimun tahun 2007 karena baru saja ganti, atau ada juga yang menanyakan apakah bisa mengganti bagian kacanya saja untuk spion electric yang pecah akibat tersenggol sepeda motor. Artikel kali ini akan mengulas bagian mobil yang berkaitan dengan hal tersebut, baik Suzuki Karimun Estilo generasi pertama atau kedua.

Perbandingan Suzuki Karimun Estilo Generasi Pertama dan Kedua

Perbandingan Suzuki Karimun Estilo Generasi Pertama dan Kedua

Cara Melepas Spion Mobil Dari Dudukannya

Perbedaan spion Suzuki Karimun Estilo generasi pertama(tahun 2007-2009) dan generasi kedua(2009-2012) terlihat jelas, yaitu jika spion generasi pertama masih manual(gambar kiri) maka pada New Karimun Estilo sudah elektrik(gambar kanan). Namun dudukan keduanya pada pintu mobil sama-sama menggunakan 3 buah baut/mur. 2 buah baut dari sisi luar dan satu buah mur dari sisi dalam.

Cara Melepas Spion Mobil

Cara Melepas Spion Mobil

Untuk membuka baut dudukan rumah spion Suzuki Karimun Estilo(generasi pertama maupun kedua) perlu melepas cover plastik penutupnya terlebih dahulu, dengan cara menariknya lurus ke arah samping. Sedangkan untuk melepas baut yang dari sisi dalam perlu melepas plastik kecil penutup lubang baut dari sisi dalam pintu dengan cara mencongkelnya. Untuk mencongkelnya gunakan obeng minus yang dilapisi kain.

Pada New Karlo generasi kedua jika kacanya saja yang pecah dapat diganti bagian kacanya saja, harganya sekitar Rp 80.000. Sedangkan generasi pertama jika kacanya saja yang pecah harus mengganti utuh.

Masalah-masalah Pada Spion Elektrik

Suzuki Karimun Estilo generasi kedua telah dilengkapi dengan spion elektrik(electric mirror) yang dapat mengatur arah cermin dari dalam mobil, tapi belum dapat dilipat(retract) secara elektris. Mas_Mun sempat mendapat pertanyaan dari salah seorang pembaca yang baru membeli Suzuki Karimun Estilo Bekas, yang menanyakan kenapa pengatur spion elektrik-nya tidak berfungsi. Ternyata hanya karena posisi switch pengatur masih dalam posisi ditengah, belum di geser ke kiri(untuk mengatur spion posisi kiri) atau di geser ke kanan(untuk mengatur spion sisi kanan). :D

Masalah yang biasa timbul pada spion mobil elektrik adalah motornya yang tidak berfungsi, namun untuk itu perlu dipastikan dulu apakah tidak muncul bunyi sama sekali ketika tombol pengaturan ditekan. Lazimnya ketika kita mengatur arah cermin pada spion elektrik atau electric mirror akan muncul bunyi(hanya pelan), bunyi itu berasal dari dinamo/motor yang berada pada rumah spion. Masing-masing spion terdapat dua dinamo kecil, yang satu mengatur arah naik-turun dan dinamo satunya mengatur arah kanan-kiri.

Jika pada saat pengaturan bunyi tersebut masih muncul dari dalam rumah spion tapi kaca tidak bergerak kemungkinan yang bermasalah adalah penggerak mekanisnya, yaitu roda gigi berbahan plastik yang berfungsi untuk mendorong cermin tersebut sudah aus.

Dinamo Penggerak Spion Elektrik Di Balik Kaca

Dinamo Penggerak Spion Elektrik Di Balik Kaca

Namun yang lebih sering terjadi adalah malasah elektris yaitu dinamo/motor yang tidak berputar sehingga tidak muncul suara sama sekali ketika dilakuakn pengaturan dari dalam kabin. Kalau ini yang terjadi perlu dirunut satu persatu, jika spion Suzuki Karimun sisi kanan dan kiri tidak berfungsi bersamaan yang perlu di periksa terlebih dahulu adalah sekringnya. Baca: letak kotak sekring Suzuki Karimun.

Namun jika hanya salah satu sisi saja yang tidak berfungsi maka kemungkinan ada di dinamo penggerak, kabel atau switch pengatur. Untuk mengetesnya bisa gunakan multi tester. Misalkan, ketika switch pengatur spion kiri ditekan ke arah atas/bawah tapi tidak ada tegangan DC yang keluar dari kabel maka kemungkinan masalah ada pada switch atau kabel yang menuju rumah spion elektrik mobil.

Topik: Body | Tagged , spion yang cocok untuk karimun kotak, masalah karimun kotak, Harga spion karimun estilo, modif spion karimun kotak, kaca spion karimun estilo.

9 comments
  • mfiq
    August 22, 2016

    mas_mun untuk cover spion elektrik bisa dbeli terpisah ga…trus untuk cerminnya klo dipasang tp bergetar bila mesin menyala…


    • MasMun
      August 29, 2016

      Cover bisa beli terpisah, cermin ada dua dudukan ke tengah spion, mungkin salah satunya terlepas jadi menyebabkan goyang. Coba di cek juga rumah spionnya goyang nggak? kalau itu goyang kencengin juga baut yang ke pintu mobil.


  • redy
    May 31, 2016

    spion karlo 2007 bisa diganti yang electric ngga ya? spion mobil apa yang cocok dan harganya terjangkau?
    mas mun ini domisilinya dimana?


    • MasMun
      June 6, 2016

      Bisa pakai spion Honda Jazz generasi pertama, atau pakai punya New Karlo atau ada juga spion aksesoris elektrik yg khusus untuk Karlo.


  • BUDI
    March 30, 2016

    mas mun berapa harga 1 set spion elektrik NKE ??


    • MasMun
      March 30, 2016

      Harga spion elektrik Suzuki Karimun Rp 1.020.000, tapi masih harus nge-cat bagian luarnya agar sewarna body.


  • Abdul Kholiq Anwar
    March 25, 2016

    MasMun numpang nanya kenapa kaca mobil karlo th2011 tidak bisa bergerak padahal posisi saklar sdh digeser kanan maupun kiri kalo memang sekringnya yang putus posisi nya di nomer berapa suwun


    • MasMun
      March 30, 2016

      Kotak Sekring di kolong dasboard sebelah kanan, di kotak warna biru. Posisinya sekring pojok kanan bawah(15 ampere).


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+