Ini Dia Kelebihan Dan Kekurangan Karimun Estilo

10
Kelebihan Dan Kekurangan Karimun Estilo City Car

Kelebihan Dan Kekurangan Karimun Estilo Sebagi Mobil Harian

Ulasan kami hampir selalu membahas mengenai produk city car dari Suzuki ini tapi kami harus tetap objektif dalam memberikan ulasan sehingga dalam kesempatan kali ini Mas_Mun akan memberikan ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Karimun Estilo selama penggunannya yang sudah hampir menginjak tahun kelima.

Mas_Mun berusaha untuk selalu objektif ketika memberi penilaian atau review terhadap sebuah mobil. Hal itu dibuktikan dalam ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Kia Picanto Vs Karimun Estilo, atau penilaian terhadap Karimun Wagon R matic, atau review test drive Suzuki Celerio yang masih merupakan “saudara kandung” dari Karimun Estilo. Membahas kelebihan dan kekurangan Karimun Estilo dalam rentang 5 tahun penggunannya secara pribadi tentu akan lebih detail dari pada hanya sekedar mencobanya sekali kemudian menulis reviewnya.

Kelebihan – We Like:

  • Kecil Praktis
    Sesuai kodratnya sebagi city car body kecilnya yang imut menjadikannya fun to drive untuk medan perkotaan. Bagi yang memiliki ukuran garasi rumah terbatas mobil ini tentu menjadi menjadi solusi dari pada membeli mobil ukuran besar namun pintu garasi rumah malah jadi tidak bisa ditutup.
  • Irit BBM
    Mesin 1000 cc pada Karimun Estilo generasi pertama(mesin 4 silinder) maupun generasi kedua(mesin 3 slinder) terhitung irit untuk penggunaan harian. Di dalam kota untuk penggunaan sehari-hari konsumsi bahan bakarnya sekitar 14-15 km/liter, sedangkan untuk perjalanan luar kota bisa mencapai 19-20 kilometer/liter kondisi AC hidup dan mengemudi normal.
  • Mesin Bandel
    Mesinnya bandel selama dalam kondisi terawat keluhan macam-macam tidak banyak dijumpai dan ketika trouble banyak mekanik yang bisa menangani mesin Suzuki.
  • AC Sangat Dingin dan Tidak Rewel
    Karena kabinnya mungil ketika sore dan malam hari kabin terasa dingin, bahkan bisa dikatakan terlalu dingin. Keluhan AC tidak pernah terjadi selama lima tahun, rahasinya yaitu pasang filter AC. Filter AC seharga kurang lebih Rp 100.000 itu mencegah kotoran memasuki sirkulasi AC sehinnga Evaporator tetap bersih.
  • Pedal Kopling Ringan
    Pedal kopling ringan sehingga tidak cepat lelah ketika menghadapi kemacetan. Jika pedal kopling Suzuki Estilo terasa berat maka dapat dijadikan indikator bahwa kopling(kampas dan kovernya) sudah waktunya ganti.
  • Daya Muat Barang
    Ketika bangku belakang dilipat rata muatannya jadi begitu besar, bagi anda yang sering membawa barang banyak tentu tidak menjadi masalah untuk membawanya.
  • Fitur Lengkap
    Karena Suzuki Karimun Estilo tidak termasuk mobil LCGC jadi secara fitur cukup lengkap dan berani untuk disandingkan dengan fitur-fitur mobil LCGC terbaru. Sebut saja kaca spion elektrik, pengaturan ketinggian sorot lampu utama secara elektrik, pengaturan AC lengkap(panas/dingin, sirkulasi udara dan arah hembusan AC), power window di empat pintu, head rest(sandaran kepala) model terpisah sebanyak 4 buah.
Keunggulan Suzuki Estilo Memiliki Fitur Lengkap

Keunggulan Suzuki Estilo Memiliki Fitur Lengkap

Kekurangan – We Dislike:

  • Roda Depan Rawan Bunyi
    Hampir semua city car yang menggunakan teknologi EPS lebih riskan mengalami kejadian seperti ini. Namun penyakit ini sudah seperti “hafalan Pancasila” bagi teknisi yang akrab dengan mobil Suzuki Karimun, kalau tidak kaliper rem depan kendur, karet support shock depan aus atau masalah di rack steer. Jika shockbreaker dalam kondisi prima masalah biasanya hanya berkutat pada tiga bagian itu.
  • Limbung di Kecepatan Tinggi
    Bagi yang suka memacu mobil dalam kecepatan tinggi harus kecewa dengan pilihan Karimun Estilo. Walau mobil ini bisa meraih Top Speed hingga lebih dari 170 km/jam namun untuk mengemudikannya diatas 110 kkm/jam rasanya sudah tidak nyaman karena terasa limbung. Mengingat kodratnya yaitu sebagai mobil kota. Namun yang lucu adalah ketika muatan mobil penuh seperti ketika mudik lebaran, gejala limbung itu jadi jauh berkurang tentu karena bobotnya yang lebih sehingga ban jadi lebih menapak ke aspal jalan.
  • Kabin Kurang Senyap
    Jika melewati jalan yang agak keriting suaranya terdengar hingga ke kabin, namun pada generasi Karimun Wagon R dan Suzuki Celerio peredam suara kabinnya sudah labih baik. Jika ingin lebih kedap anda dapat menambahkan peredam kabin mobil, ada yang berwujud cairan yang disemprot atau lembaran yang ditempel pada pintu, lantai dan atap.
  • Minim Cup Holder
    Cup holder atau wadah tempat minum di kabin sangat minim sekali, hanya ada dua di depan dan satu di belakang. Salah satu cup holder di dashboard depan pun akan terkena kaki penumpang depan jika dibuka, sehingga efektifnya hanya terdapat dua cup holder pada mobil ini. Untuk penggunaan dalam kota tentu tidak masalah, namun untuk perjalanan jauh jadi kurang praktis.
  • Kain Jok Mudah Kotor
    Kain pembungkus jok bawaan mobil yang berwarna terang bahannya terkesan murah dan mudah terlihat kotor, menambahkan cover pelapis jok sepertinya menjadi opsi wajib agar kain pembungkus jok bawaan tetap bersih.

 

Roda Depan Bunyi Karena Keausan Komponen

Roda Depan Bunyi Karena Keausan Komponen

Tentunya setelah mengenal kelebihan dan kekurangan Karimun Estilo, anda dapat menentukan pilihan apakah produk city car dari Suzuki ini sesuai dengan kebutuhan transportasi harian anda.

Topik: Mobkas | Tagged , kelemahan karimun estilo, kekurangan karimun estilo, kelemahan suzuki karimun estilo, kelemahan karimun estilo matic, kekurangan suzuki estillo.

10 comments
  • Dani dwi putra
    October 27, 2016

    Mas sy punya KE 2007 bbm biasa pake premium,, apakah berbahaya ke mesin dampak kedepan ny?


    • MasMun
      October 28, 2016

      Nggak, hanya saja ruang bakar lebih kotor jika pakai bensin premium.


  • budi
    October 9, 2016

    pagi mas mun…..
    mobil saya estilo 2011, klo lagi stasioner. kok geterannya kenceng sampek kayak ngrasain mobil diesel tapi klo sdh jalan ga terasa, klo macet. begitu lagi. kira2 apanya ya klo pun ganti dimana ya dan harganya brp ya? trmksh.


    • MasMun
      October 15, 2016

      Karakter mesin 3 silinder memang getarannya kencang pak Budi, tapi kalau sudah berlebih ya harus dicek apa engine mounting sudah lemah atau juga bisa karena mesinnya pincang. Mesin pincang bisa disebabkan karena busi disalah satu silinder tidak bekerja maksimal, salah satu injektor ada yg tersumbat, atau koil ada yg mati. Harus dicek langsung pak untuk memastikan kerusakannya.

      Kalau di jakarta bisa kami bantu cek-kan.


  • rio dedi
    September 11, 2016

    mas mumun mau tanya niih… mobil saya NKE 2010.. perlukah saya memasang xcs 3 ke nke saya? pinginnya sih pasang untuk memperlama umur elektronik EPS dan audio.. apa memang ada pengaruhnya om untuk kedua komponen tsb?? trims mas mun..


    • MasMun
      September 14, 2016

      Untuk merek Hurrucane XCS 3 kami belum pernah nyoba mas, tapi secara konsep memang masuk akal dan dapat diterima. Coba saja pasang mas, nanti kan bisa dilihat tegangan listrik mobilnya bagaimana setelah dipasang.


      • rio dedi
        September 15, 2016

        laporr mass mun…
        kemaren saya kasih Hurricane damper Sport plus xcs 4… lumayan menguras kantong mass..
        Untuk XCS memang berfungsi sebagai Volt stabiliser, lampu sekamin terang audio jernih plus tarikan nafasnya panjang dan responsiv… bensin saya memang pakai pertamax…
        trus untuk Pemasangan Damper lumayan mas nambah stabilitas mobil… goyangannya agak berkurang..
        tapi secara garis besar cukup puas mas dengan alat pemasangan tersebut… jadi makin cintrong sama karimumun… heheh
        oh ya mas mun, ada pengaruh nya gak kalau kita sering ganti2 pertamax ke pertalite dan begitu sebaliknya?


        • MasMun
          September 16, 2016

          Iyalah XCS4 kan harga-nya jutaan, tapi untungnya mereka kasih garansi kan. Sebenarnya bisa di cek loh pengaplikasian alat volt stabilizer itu terhadap kelistrikan mobil, nanti kapan2 deh dibuatkan artikelnya.

          Pemasangan damper di Suzuki karimun Estilo memang terasa dampaknya karena kami sudah pernah uji coba langsung. Pengaruhnya nggak ada sih, tapi sebaiknya ya konssten pakai satu jenis BBM saja.


  • fatih
    May 4, 2016

    mas mun, tunggangan saya estilo tahun 2010, ada bunyi gluduk di bgn depan, sudah ganti karet support shoxk depan kanan kiri, sudah berkurang bunyinya. namun masih kalau abis putar stir, balik ke posisi semula muncul bunyi deg deg, begitu pula kalau melewati paving blok, sesekali muncul bunyi deg deg


    • MasMun
      May 13, 2016

      Kalau itu harus dicek langsung column steer dan rack steer-nya mas.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+