Ini Dia Plus Minus Toyota Agya Bekas Tipe E Versi Termurah

0
Toyota Agya Bekas Tipe E Warna Silver

Toyota Agya Bekas Tipe E Warna Silver

Tepat di bulan September 3 tahun yang lalu Toyota Agya resmi diluncurkan oleh Toyota Astra Motor(TAM) yang juga menandai lahirnya kelas baru di pasar mobil Indonesia, yaitu kelas LCGC(Low Cost Green Car). Sejak awal peluncurannya Toyota menyediakan tiga tipe dari yang terendah yaitu tipe E, kemdudian tipe G dan tipe TRD yang merupakan varian tertinggi. Lalu bagaimana fitur dan harga mobil Toyota Agya bekas tipe E ini apakah sebanding dengan tipe G atau TRD yang merupakan varian yang lebih lengkap dan lebih mahal.

Sebenarnya Mas_Mun sudah cukup familer dengan Toyota Agya matic tipe G, namun pada kesempatan kali ini seorang teman yang baru saja membeli Toyota Agya bekas tipe E namun dengan kondisi masih seperti baru mengundang Mas_Mun untuk mengetes mobil bekas yang baru dibelinya itu.

Mobil bekas namun kondisinya bisa dikatakan seperti baru, karena jarak tempuh baru saja beranajak dari angka 1000 kilometer. Menurut cerita sang pemilik Toyota Agya tipe E bekas ini dibeli dari pemilik tangan pertama yang menang undian dari salah satu bank, karena jarang dipakai oleh pemilik sebelumnya maka jarak tempuh dan kondisi mobilnya masih seperti baru.

Toyota Pintar mendesain mobil

Harus diakui Toyota pintar dalam mendesain mobil, bukan  mendesain mobil dengan garis lekukan yang dinamis dan menarik layaknya mobil eropa seperti BMW dan Mercedes Benz, namun Toyota mendesain mobil berdasarkan selera masyarakat banyak. Sehingga produk mobil Toyota selalu laris dipasaran, salah satunya adalah mobil LCGC Toyota Agya bekas ini.

Jika kita flash back ke belakang sebelum 2013 tahun lahirnya LCGC, mobil di kelas 1000 cc dengan kapasitas 5 penumpang hanya ada Suzuki Karimun Estilo pada waktu itu, setelah seblumnya Hyundai dan KIA terlebih dahulu menghentikan penjualan Hyundai Atoz dan Kia Visto. Namun begitu kelas LCGC di buka dan Toyota mengeluarkan Agya bermesin 1000 cc dengan harganya yang relatif terjangkau maka dengan sekejap kelas LCGC 1000 cc langsung ramai peminat. Toyota Agya Tipe E yang diposisikan sebagai varian termurahnya pada saat diluncurkan dibanderol tidak lebih dari Rp 100 juta. Lalu berapa harga pasaran Toyota Agya bekas saat ini?

Belum Dilengkapi Fog Lamp Dan Spion Elektrik

Belum Dilengkapi Fog Lamp Dan Spion Elektrik

Spesifikasi Agya Tipe E

Sebelum membahs tentang harga Agya Bekas kami kami akan membahas mengenai spesifikasi body, mesin dan fitur-fitur apa saja yang terdapat di mobil ini. Desain bodynya terlihat lebih lebar dan lebih rendah jika dibandingkan dengan Suzuki Karimun Estilo, sehingga terlihat lebih besar padahal jika diamati lebih jauh dimensi spesifikasi panjang keduanya sama persis, yaitu 3,6 meter.

Lebar Agya tipe E 1,6 meter sedangkan lebar Karimun Estilo 1,475 meter. Selisihnya  hanya terpaut perbedaan lebar sebanyak 12,5 cm, namun begitu masuk ke dalam kabin baru terasa Agya lebih lebar sehingga terasa begitu lapang.

Bagian Belakang Telah Dilengkapi Garnish Tanpa Spoiler

Bagian Belakang Telah Dilengkapi Garnish Tanpa Spoiler

Dari sisi fitur mobil Toyota Agya bekas tipe E ini tidak berbeda jauh dengan Karimun Estilo, Power window, central lock, electric power steering, sabung pegaman untuk lima penumpang,sandaran kepala di jok belakang sudah tersedia. Namun uniknya ada plus minus yang tidak saling ada diantara keduanya.

Generasi Awal Belum Dilengkapi Petunjuk RPM

Generasi Awal Tipe E Belum Dilengkapi Petunjuk RPM(Atas)

Toyota Agya tipe E karena merupakan varian terendah tidak terdapat fitur pengaturan spion eletrik, velg-nya belum alloy, dan tidak terdapat fitur keamanan kunci immobilizer padahal fitur-fitur tersebut sudah terdapat pada Suzuki Karimun Estilo yang lebih dulu hadir. Tapi keunggualnya adalah semua mobil Toyota Agya sudah dilengkapi dengan dual air bag sebagai fitur keselamatan tambahan.

Empat Power Window Sama Seperti Karimun Estilo

Empat Power Window Sama Seperti Karimun Estilo

Mesin Toyota Agya menggunakan mesin berkode 1KR-DE. Memiliki konfiguarsi 3 silinder segaris, DOHC, dengan catalytic converter di saluran pembuangan emisinya, menggunakan timming chain sebagai penggerak camshaft, dan belum menerapkan teknologi katup variabel. Mirip sekali dengan mesin Karimun Estilo berkode K10B, namun mesin K10B milik Suzuki justru menghasilkan tenaga lebih besar 3 ps jika dibandingkan mesin Toyota Agya 1KR-DE.

Feel Saat Mengemudi

Duduk di balik setir dan mengemudikan Toyota Agya rasanya mirp seperti mengemudikan Suzuki Karimun Estilo. Akselerasinya khas mesin 1000cc, putaran setirnya yang ringan dan posisi duduknya. Namun yang membedakan adalah ketika melihat dashboard baru terasa bahwa mobil ini cukup lapang.

Dashboard Lebar dan Terdapat Air Bag

Dashboard Lebar dan Terdapat Air Bag

Jika meilhat dashboard Toyota Agya tipe E ini terasa kurang futuristik seperti milik Tipe G dan tipe TRD S, sebabnya karena tape(head unit) yang digunakan belum menggunakan model yang terintegrasi dengan dashboard seperti yang digunakan oleh varian yang diatasnya. Agya Tipe E masih menggunakan head unit after market seperti Karimun Estilo namun sudah dapat memutar musik MP3 dari flash disk.

Harga Agya Bekas – Value For Money

Pada saat diluncurkan 3 tahun yang lalu harga Agya tipe E pada price-list dihargai Rp 99,9 juta, namun di tahun 2016 ini harganya sudah lebih dari Rp 110 juta. Itu untuk tipe terendah, lalu bagiamana yang untuk tipe tertinggi? Untuk tipe tertinggi yaitu TRD S dengan transmisi manual Rp 126 juta dan Rp 137 untuk yang bertransmisi otomatis.

Velg Agya Tipe E Masih Kaleng Dengan Tuutup Dop

Velg Agya Tipe E Masih Kaleng Dengan Tutup Dop Plastik

Mobil Bekas:Agya Tipe E Atau Suzuki Karimun Estilo

Mobil Bekas: Agya Tipe E Atau Suzuki Karimun Estilo

Sepertinya memilih Agya bekas tipe E lebih masuk akal bagi yang ingin berhemat, tentu dengan catatan kondisi mobilnya yang harus terawat agar tidak membutuhkan pengeluaran extra. Lalu berapa harga Agya bekas di pasaran saat ini? Harga untuk tipe E bekas berumur 3 tahun masih berada di atas 85 jutaan dan kebanyakan masih berada di atas harga Rp 90 jutaan, namun tentu angka tersebut masih bisa kurang lagi jika sudah di-nego.

Tapi bagi anda dengan budget yang lebih terbatas mungkin dapat mempertimbangkan Suzuki Karimun Estilo bekas dengan harga yang terpaut antara 10 sampai 20 jutaan lebih murah dari harga Agya bekas tipe E, namun dengan fitur yang lebih lengkap dan spesifikasi yang tidak jauh berbeda.

Topik: Mobkas | Tagged , , agya bekas yang warna biru jarang peminatnya ?, agya e 2016 sudah ada spoiler belakang, agya warna merah tipe E.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+