Rahasia Mesin Mobil 1000 Cc Bertenaga Besar

6

Sebutlah mobil bermesin 1000 cc Suzuki Karimun Wagon R dan Estilo dengan tenaga sebesar 68 hp(horse power) atau duo kembar Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang bertenaga 65 hp. Semuanya terasa cukup untuk penggunanaan harian di dalam kota, tapi bagaimana jika mesin 1000cc versi pabrikan dapat menghasilkan tenaga sebesar 125 hp? Hampir dua kali lipat tenaga dari mesin seri 1KR milik Toyota Agya dan seri K10B milik Suzuki Karimun. Yups itulah dapur pacu 1000 cc tiga silinder milik Ford yang diberi nama EcoBoost. Mas_Mun sudah pernah membahas mesin 3 silinder yang menjadi primadona dan salah satunya yang menjadi jawara adalah mesin Ecoboost milik Ford ini.

Mesin Ford EcoBoost Turbo 1000cc Paling Bertenaga

Mesin Ford EcoBoost Turbo 1000cc Paling Bertenaga

Di Indonesia hanya terdapat dua tipe mesin EcoBoost, yang pertama adalah tiga silinder berkapasitas 1000 cc yang digunakan pada Ford Fiesta dan 4 silinder berkpasitas 1500 cc yang digunakan pada Ford Focus, secara global ford juga memiliki yang berkapasitas 2000 cc dan 3500 cc untuk jenis ini. Lalu sebenarnya apa yang membuat mesin EcoBoost tersebut begitu powerfull? Rahasianya ada pada sinergi teknologi direct injection, variable valve timing dan turbocharge.

  • Direct Injection
    Direct injection pada mesin bensin merupakan teknologi yang lagi ngetren saat ini di semua pabrikan mobil dunia. Inti dari teknologi ini adalah injektor bahan bakar yang langsung menginjeksi bahan bakar ke ruang bakar.
  • Variable Valve Timing
    Teknologi ini mengatur timming, durasi dan tinggi bukaan klep berdasarkan putaran mesin. VVT memungkinkan jumlah suplai bahan bakar dan udara yang masuk ke mesin pada putaran tinggi dan rendah berbeda, keuntungannya selain lebih bertenaga juga lebih hemat bahan bakar.
  • Turbocharge
    Jika pada pada umumnya udara dan bahan bakar masuk ke mesin karena kevakuman ruang bakar maka pada mesin yang dilengkapi turbocharge campuran tersebut masuk ke mesin tidak hanya karena kevakuman(tersedot) tapi juga karena dimampatkan oleh Turbo sehingga campuran bahan bakar yang masuk ke mesin akan lebih padat.

Melihat tren pasar yang mulai melirik mesin kecil 1000 cc namun bertenaga maka saat ini Suzuki juga mempunyai jenis dapur pacu yang sekelas. Bukan mesin seri K yang sudah beredar selama ini melainkan lineup baru, yaitu Suzuki BOOSTERJET 1.0 berkapasitas 1000cc yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 110hp dan torsi sebesar 170Nm. Teknologi dan konfigurasi yang digunakan pada mesin Boosterjet mirip-mirip(kalau tidak ingin disebut serupa) dengan yang digunakan mesin Ecoboost yaitu 1000 cc, 3 silinder, direct injection dan turbocharge. Namun belum jelas apakah sudah menerapkan teknologi Variable Valve Timing atau belum.

Mesin Suzuki Boosterjet 1000 cc Direct Injection

Mesin Suzuki Boosterjet 1000 cc Direct Injection

Mesin Suzuki BOOSTERJET ini menurut media online luar negeri kabarnya baru akan meluncur pertama kali pada musim semi 2016 ini di Eropa dan akan dipersenjatai pada Suzuki Baleno terbaru.

Topik: Mesin | Tagged , , mobil kecil bertenaga besar, cc mobil, mesin kecil bertenaga besar, rahasia mesin mesin mobil super, mesin mobil kecil.

6 comments
  • Agung DN
    July 4, 2016

    Masmun.. saya tertarik pakai ferrite tdk soalnya murah meriah, tapi untuk xcs 3 huricane apakah perlu dipasang mengingat alternator & aki masih sehat..? Dan bagaimana pendapat Masmun tentang simota (kipas angin di pasang di lubang masuk mesin)?


    • MasMun
      July 16, 2016

      Saya belum pernah membuktikan keunggulan xcs 3 huricane dan Simota jadi tidak dapat berkomentar lebih. Untuk produk aksesoris seperti itu sebaiknya dibuktikan dengan data pemakaian, jangan mengandalkan perasaan karena akan sangat subjektif sekali.


  • Agung DN
    June 29, 2016

    Mas mau tanya bila setelah dites tekanan kompresi mesin bensin 1500 cc ke empat silindernya besarnya 125 psi, masih kuat menaiki tanjakan tdk ya? & kira2 berapa tahun lg harus ganti ring piston? Tks..


    • MasMun
      July 1, 2016

      Mesin bensin setiap mobil punya spesifikasi masing-masing. Untuk mesin karimun Estilo yang 4 silinder tekanan kompresi jika diukur menggunakan compression gauge standardnya 170 psi, dan limit terendah 128 psi. Kompresi yang rendah bukan hanya dari ring piston saja ya penyababnya, bisa dari valve seat, payung valve banyak timbunan karbon atau dinding silinder yang baret. Jadi kalau ditanyakan berapa tahun lagi harus ganti ring piston ya jawabannya tinggal dibongkar saja untuk liat kondisinya langsung.


  • rus
    May 11, 2016

    Hati2 dgn bahasa pemasaran. Sebenarnya teknologi ford, suzuki, dll itu hampir sama saja. Mereka menyebut penggunaan turbocharge yg sudah biasa, menjadi bahasa yg seolah “lebih” ditelinga. Biasa pemasaran !

    Kalau mau obyektif, google dampak pemakaian turbo pada engine, plus dan minusnya, misal dari sisi performa, fuel economy, perawatan, dsb, baru nilai apa yang dikatakan para pemasar itu. Be smart customer !


    • MasMun
      May 13, 2016

      Halo Rus saya kurang paham hubungan dengan bahasa pemasaran yang anda maksud dengan Turbocharge? Saya bukan customer FORD yang membanggakan mesin Ecoboost(apalagi dibayar oleh FORD yg telah ‘cabut’), tapi saya mengagumi teknologi yang diterapkannya. Turbo bukan barang baru Rus, di Indonesia tahun 80-an akhir sudah ada Daihatsu Charade dengan mesin 3 silinder yang telah menggunakan Turbo sejak keluar dari pabriknya.

      Tapi tahun segitu belum ada teknologi Direct Injection seperti yang digunakan mesin Ecoboost, bahkan mobil lokal saat ini mana ada yang sudah gasoline direct injection selain Ford dan Mazda dengan Skyactive-nya?

      Is there any 1000cc stock engine can generate 125 HP in this country except this 3-cylinder engine? Come on Rus be a customer with extensive knowledge, not just smart customer. :)


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+