Pemasangan Damper Shock Pada Karimun Wagon R

8

Beberapa pengguna mobil mengeluhkan mobilnya terasa limbung ketika dipacu dalam kecepatan tinggi. Hal tersebut merupakan hal yang lumrah karena pabrikan merancang suspensi mobil dengan tujuan untuk penggunaan sehari-hari yang mengutamakan kenyamanan penumpang sehingga suspensi dirancang lebih empuk. Hampir semua kendaraan pribadi saat ini menggunakan tipe per keong yang tentu lebih empuk dibandingkan tipe per daun(leaf spring), semakin empuk suspensi maka tentu membuat mobil terasa limbung ketika dipacu dalam kecepatan tinggi. Apalagi pada jenis mobil MPV dengan ground clearance yang tinggi.

Terbuat Dari Karet Sehingga Elastis

Terbuat Dari Karet Sehingga Elastis

Untuk meminimalisir gejala tersebut pada kecepatan tinggi ada komponen after market yang biasa disebut dengan damper shock, yang dapat dipasang pada per keong mobil anda. Sebenarnya komponen yang terbuat dari bahan karet ini tidak dipasang pada shock absorber mobil melainkan pada per mobil. Cara kerjanya adalah dengan menyelipkan dan diikat pada per mobil, sehingga ketika per tertekan damper bekerja sebagai penahan agar per sedikit menjadi lebih keras dengan begitu gejala limbung dapat berkurang.

Mas_Mun mencoba damper mobil merek Sago yang dipasarkan oleh Fauzia Azka dari Semarang. Uji coba dilakukan pada suspensi belakang Suzuki Karimun Wagon R yang menggunakan ukuran per yang sama dengan Karimun Estilo yaitu berjarak 3 cm antar ulirnya. Suspensi belakang kedua mobil ini terkenal lembut sehingga terasa mengayun ketika dipacu dalam kecepatan tinggi, wajar saja karena memang dirancang sebagai mobil perkotaan yang kecil dan lincah.

Jarak Ulir Per Belakang Suzuki Karimun 3 Cm

Jarak Ulir Per Belakang Suzuki Karimun 3 Cm(Diukur ketika belum didongkrak)

Service Rem Sekalian Pasang Damper Cukup Didongkrak

Service Rem Sekalian Pasang Damper Cukup Didongkrak

Hasil Setelah Terpasang

Setelah terpasang kami mengujinya dengan tiga penumpang di jok belakang Karimun Wagon R dan ternyata suspensi belakang tidak terlalu amblas karena satu ulir per tertahan oleh damper dan ketika manuver berbelok suspensi belakang terasa jadi lebih rigid.

Kemammpuannya sebagai komponen tambahan pada suspensi bekerja cukup baik dengan menambah rigiditas ayunan suspensi, tapi jangan dibandingkan dengan mengganti per dan shock absorber tipe sport yang jauh lebih rigid dan mahal. Per dan shock breaker after market bertipe sport terasa jauh lebih rigid sehingga lebih mantap ketika digunakan untuk bermanuver di kecepatan tinggi tapi mengorbankan kenyamanan untuk penggunaan harian.

Damper Shock Pada Suspensi Belakang Karimun Wagon R

Damper Shock Pada Suspensi Belakang Karimun Wagon R

Topik: Roda | Tagged , shockbreaker karimun wagon r, suspensi karimun, aplikasi magnet tdk pada karimun wagon r, wagon r suspensi, suzuki karimun dipasang pro shock.

8 comments
  • gerald
    October 16, 2016

    Mas, tanya dong harga sport dampernya perbuah brp? Saya ad niat beli nih heehe


    • MasMun
      October 25, 2016

      Satu set(kanan-kiri) sekitar 300-400 ribu rupiah mas Gerald.


  • Agung DN
    August 25, 2016

    Mas Mun mau tanya, sport dampernya tahan berapa tahun ya?


  • Agung DN
    July 14, 2016

    Masmun tanya ya.. kalau mau meninggikan roda tanpa ganti per & ban tapi nambah dg karet stoper (yg diatas per/ bukan yg dililitkan di per) biar tambah tinggi 3 cm aman tdk ya? Tks


  • satrio
    June 26, 2016

    mas mun, kalau baca dari ulasan mas mun, sepertinya sport damper-nya tidak mengurangi limbung terlalu banyak ya? Kalau pakai shock breaker, bisa kasih rekomendasi merek dan tipe? Terima kasih.


    • MasMun
      June 26, 2016

      Betul, karena karakter suspensi City Car memang dibuat lembut banget mas. Pakai Kayaba katanya lebih kaku, kalau mau experimen pakai shock ori Suzuki Splash aja pasti lebih kaku(kemungkinan modif dudukan atasnya).


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+