Pentil Ban Tubeles Mobil Kecil Tapi Vital

0
Komponen Kecil Pada Ban Namun Vital

Komponen Kecil Pada Ban Namun Vital

Pentil ban tubeles merupakan komponen kecil yang jarang sekali diperhatikan, ukurannya yang kecil berada di bawah membuat kita malas untuk menyentuhnya. Kapan kita akan menyentuh bagian ini? Lazimnya paling hanya ketika menambah tekanan ban.

Pentil ban ‘memiliki tugas’ sebagai lubang untuk memasukan udara sekaligus menahan tekanan udara di dalam ban agar udara tidak keluar sehingga tekanan didalam ban tetap terjaga. Di dalam pentil terdapat valve atau katup yang menahan agar udara dari dalam tidak keluar, saluran udara yang melalui katup itu ukurannya cukup kecil sehingga jika kemasukan kotoran akan menyebabkan katup di dalam pentil tidak dapat menutup sempurna. Misalkan anda menambah tekanan ban dalam kondisi pentil kotor karena sebelumnya mobil melewati genangan air yang berpasir, maka pasir halus tersebut bisa saja terdorong masuk dan mengganjal valve yang ada di dalam pentil. Kalau sudah begitu akibatnya tekanan ban dapat terus berkurang karena valve yang tidak dapat menutup sempurna.

Bagian Dalamnya Valve dan Saluran Udaranya

Bagian Dalamnya Valve dan Saluran Udaranya – Via: US Patent US6005480

Tutup Pentil Sebagai Solusi Murah

Untuk menghindari terjadinya kondisi seperti di atas maka perlu untuk menjamin kebersihan lubang pentil. Solusi yang murah dan mudah adalah dengan memastikan tutup pentil selalu terpasang pada ban mobil anda. Kita kadang menganggap sepele pentil yang tidak ada tutupnya, padahal harganya juga tidak seberapa. Kalau tutup pentil mobil anda hilang atau sudah rusak silahkan beli di tukang tambal ban dan untuk toko ban lazimnya mereka menyediakan secara cuma-cuma.

Ketika anda mengisi ban dengan Nitrogen untuk pertama kalinya(sebelumnya akan di-vakum terlebih dahulu) maka tutup ban akan diganti dengan yang berwarna hijau, sebagai tanda bahwa ban telah berisi Nitrogen. Tujuan dari pemberian tanda tersebut adalah agar ban tidak di isi lagi dengan udara biasa. Baca juga: Dampak Ban berisi Nitrogen dicampur udara biasa.

Perbandingan Pentil Berbahan Karet dan Stainless

Perbandingan Pentil Berbahan Karet dan Stainless

Selain itu pada saat mengganti ban tubeles sebaiknya diikuti dengan penggantian pentil. Mas_Mun selalu menganjurkan hal ini karena pentil berbahan karet akan getas seiring berjalannya waktu apalagi selalu terkena panas dan hujan, sehingga jika sudah terlalu lama ada kemungkinan untuk muncul sobekan kecil karena getas tadi. Harga pentil karet perbuahnya bekisar antara Rp 10.000 – 15.000, oh iya jika anda menggunkan velg racing dengan nuansa warna chrome maka anda dapat menyesuaikan pentil anda dengan yang berbahan besi atau aluminium agar senada dengan warna velg, harga pentil besi atau stainless bisa dua-tiga kali lipat harga dari yang berbahan karet.

Topik: Roda | Tagged komponen pentil ban tubles mobil, lubang pentil ban mobil, pentil besi, pentil besi velg, pentil di dalam mobil.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+