Perjalanan Karimun Estilo ke New Selo Di Boyolali

Letak New Selo Antara Dua Gunung - Sumber Google Maps 2016

Letak New Selo Antara Dua Gunung – Sumber Google Maps 2016

Bagi mereka yang pernah mendaki gunung Merapi tentu tidak asing lagi dengan tempat yang bernama New Selo. Tempat ini adalah jalur pendakian utama dan di titik ini pulalah lokasi tertinggi dimana kendaraan baik mobil atau pun motor dapat menaiki kaki gunung Merapi. Biasanya para pendaki menginap dan beristirahat di salah satu rumah warga dusun Plalangan yang dijadikan sebuah camp. Ya, dusun ini adalah dusun yang paling dekat dengan puncak Merapi sehingga jalan utama menuju New Selo yang membelah dusun ini cukup terjal dan panjang.

Terkahir kali Mas_Mun pergi ke New Selo ini sudah lebih dari enam tahun yang lalu ketika belum terjadi erupsi dasyat gunung Merapi di tahun 2010. Pada waktu itu mobil yang digunakan adalah Toyota Kijang Innova bermesin bensin 2000 cc berpenggerak roda belakang, dan jalan yang dilalui dari arah Boyolali masih cukup bagus. Ketika ada kesempatan lagi di akhir pekan kenapa tidak iseng-iseng ke sana lagi dengan mobil kecil yang hanya bermesin 1000 cc dan berpenggerak roda depan, ya mobil apalagi kalau bukan Karimun Estilo. Sebenarnya ke-isengan ini untuk menjawab banyak pertanyaan dari pembaca yang menanyakan, apakah mobil tipe city car 1000 cc ini cukup kuat melibas tanjakan terjal?

Jalanan Hancur dan Berdebu

New Selo yang terletak di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali – Provinsi Jawa Tengah berada di sebelah utara kaki gunung Merapi. Sehingga jika anda ingin mencapi New Selo dari arah Jogja(berada di sebelah selatan) maka arahnya harus memutari gunung Merapi. Rute yang dipilih bisa memutar ke arah timur melewati Klaten lalu menuju Boyolali, atau memutar ke arah barat melewatai Muntilan, Magelang.

Karena tidak ingin perjalanan berangkat dan pulang dari Jogja melewati jalan yang sama maka direncanakan ketika berangkat rute yang dipilih adalah ke arah timur melewati Klaten lalu Boyolali, dan ketika pulang lewat arah Barat yaitu Muntilan, Magelang. Toh lebih dari enam tahun yang lalu jalur keduanya sudah cukup bagus jadi kami pikir tidak ada masalah ketika harus melewati kedua rute tersebut.

Jalan Dalam Proses Perbaikan

Perjalanan hingga melewati kantor pusat pemerintaha Kabupaten Boyolali terbilang bagus dan tidak ada kendala, walalupun jalan sudah mulai menanjak terus, hingga akhirnya ketika mulai memasuki jalan Boyolali-Magelang yang mulai berkelok-kelok ternyata sedang mengalami perbaikan. Jalur aspal yang dulunya cukup baik ternyata sudah rusak dan saat itu sedang dalam proses perbaikan yaitu di cor semen.

Sehingga jalan berkelok dan menanjak itu harus dilalui secara bergantian dari dua arah dan jalan dilalui untuk bergantian itu telah tertup tanah berpasir halus kas daerah pengunungan. Sehingga potensi untuk terjadinya ban selip cukup besar jika harus berhenti di tengah tanjakan.

Jalan Sedang Dalam Proses Pengecoran

Pengerjaan Pembesian Sebelum jalan di Cor Semen

Dua Arah Saling Bergantian

Awas Nancep Besi Jalan

Setelah cukup lama melewati jalan Boyolali-Magelang dari arah timur maka kita akan menemukan pertigaan yang terdapat bangunan Joglo didekatnya. Dari situ tinggal berbelok ke kiri untuk menuju New Selo. Tapi, justru setelah pertigaan itu kita hanya bisa menggunakan gigi 1 saja karena jalanan menanjak terus dan lebar jalan hanya pas untuk dua mobil. Jalan tersebut adalah jalan yang membelah dusun Plalangan yang tepat berada di kaki gunung Merapi sebelah utara.

Jalan Menanjak yang Panjang di Dusun Plalangan - Selo

Jalur Pendakian Utama Gunung Merapi Melewati New Selo

Gunung Merbabu Terlihat Jelas di Sebrang

Tempat Parkir yang Terbatas

Menjelang sampai New Selo ternyata di sana banyak pendaki yang baru saja turun gunung dan berjalan ke arah base camp, ada juga warga sekitar yang pulang setalah mencari rumput untuk hewan ternaknya. Dan sesampai di New Selo pemandangan utara begitu luas, berada di kaki Merapi dan menghadap langsung ke gunung Merbabu yang berada di sebrangnya.

Selo – Jogja Melewati Muntilan

Sesuai rencan perjalanan pulang dari New Selo memilih jalur yang berbeda, jika ketika berangkat melewati Boyolali jalan selalu menanjak maka ketika pulang jalan yang dipilih melalui Muntilan, Magelang. Keluar dari Dusun Plalangan kembali menjumpai pertigaan maka kita berbelok Ke Kiri untuk menuju ke arah Magelang.

Pendaki Baru Saja Turun Sedang Menuju base Camp

Gunung Merapi Dari Sisi Utara

Pemandangan Gunung Merapi Dari Sisi Utara

Foto Pemandangan Ketika Pulang

Jalur Terdekat New Selo Ke Jogja Melewati RSUD Muntilan

Namun ditengah perjalanan anda akan menjumpai pertigaan kecil yang belok ke kiri adalah menuju Muntilan dan yang ke kanan menuju Ketep Pas. Jika ingin mempersingkat perjalanan kembali ke arah Jogja maka dapat memilih berbelok kekiri yaitu menuju Pasar Telun dan tembusnya akan keluar di RSUD Muntilan, dari situ ke arah perbatasan Jogja tidak sampai 30 menit.

Kesimpulan Perjalanan New Selo

Kekhawatiran beberapa orang yang bertanya apakah Suzuki Karimun Estilo kuat melwati jalan mananjak, syukur tidak ada masalah ketika harus menuju desa tertinggi di kaki gununng Merapi di New Selo Jawa Tengah yang juga merupakan titidk awal pendakian. Tapi sejujurnya tetap ada masalah yang tersisa dari perjalan menuju New Selo, yaitu mencuci kolong mobil karena bagian bawah mobil putih semua terkena debu merapi yang begitu tebal ketika melewati jalanan rusak ketika berangkat. :(

Ban Mobil Putih Semua Setelah Melewati Jalan Rusak

Topik: Mengemudi | Tagged , jalan menuju new selo, new selo, jalan menuju new selo boyolali, jalan selo boyolali, jalan menuju rota new selo.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with