Perjalanan Ke Pantai Klayar Pacitan Dengan City Car

Foto Keindahan Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar Pacitan di Jawa Timur sedang populer beberapa tahun belakangan ini, karena dekat dengan tempat nenek di pacitan sekalian saja mampir ketika menengok nenek. Rute menuju pantai Klayar dari Jogja cukup mudah, apalagi jika anda pernah mengunjungi Goa Gong di Pacitan karena rutenya searah dan melewati Goa Gong. Patokan yang paling mudah adalah daerah bernama Punung, di sana terdapat plang besar penunjuk arah ke arah Goa gong. Di Punung jika dari arah Jogja tinggal belok ke kanan dan jika dari arah Kota Pacitan(timur) maka belok ke kiri.

Persiapan Perjalanan Dengan City Car Suzuki Karimun

Setelah berbelok di Punung jalan yang dilalui lebih kecil tapi aspalnya sudah cukup baik untuk dilewati mobil kecil sekelas city car. Pada saat kami ke sana sedang dilakukan pelebaran jalan, dan prosesnya sudah sampai setengah perjalanan menuju pantai Klayar dari Punung. Namun melawati jalan yang belum diperlebar perlu sangat berhati-hati, bukan apa-apa bayangkan saja jalannya sempit, tanjakan terjal, berlubang dan papasan dengan banyak mobil. Kalau tidak benar-benar sabar shockbreaker depan bakalan cepat minta ganti karena terlalu sering menghajar lubang.  Mungkin di tahun 2016 ini proses pelebarannya sudah selesai, dengan begitu bus pariwisata pun akan bisa menjangkau pantai Klayar Pacitan.

Peta Jalan Menuju Pantai Klayar Pacitan Dari Jalan Raya Provinsi

Melewati jalan pedesaan yang asri, rumah-rumah warga dan pasar tradisional ditengah perjalanan enaknya matikan AC mobil dan buka kaca jendala sambil tersenyum ramah menyapa warga yang dilewati. Setelah melewati jalan dengan kontur naik turun dan berkelok-kelok, ketika harapan untuk segera melihat pantai sudah hampir pupus(karena tidak sampai-sampai) tiba-tiba menjelang sampai di tujuan akhir kita akan disambut pemandangan pantai dari ketinggian.

Ya kita berada di atas bukti dan untuk mencapai bibir pantai kita perlu melewati jalanan menurun yang ketika itu cukup sempit jika berpasan dengan yang dari arah berlawanan, bahkan jika mobil anda adalah city car kecil seperti Suzuki Karimun. Kalau dalam kondisi seperti ini sudah sewajarnya mobil yang mengarah turun menepi(mengalah) terlebih dahulu dan mendahulukan yang naik. Sampai dibawah Pemirsah bisa lurus terus dan berbelok ke kanan untuk parkir di pinggir pantai dengan banyak pohon kelapa(awas kejatuhan kelapa) atau langsung berbelok ke kiri untuk parkir di dekat warung-warung dengan rindangnya pohon talok(sejenis chery).

Turunan Panjang di Perjalanan Menuju Pantai

Sampai ditempat parkir terlihat mobil berjenis MPV cukup mendominasi, dan sepertinya tidak terlihat satu pun mobil berjenis city car yang ada di parkiran. Turun dari mobil setelah parkir langsung timbul pertanyaan: “Apa yang membuat pantai ini begitu terkenal? Sekilas sama saja dengan pantai di selatan pulau Jawa lainnya”. Ternyata pertanyaan itu terjawab perlahan-lahan ketika kaki melangkah ke sisi timur pantai setapak demi setapak. Banyak yang menyewakan ATV untuk mengarah ke bagian timur, tapi Mas_Mun memutuskan untuk berjalan kaki.

Semakin mendekati ke ujung pantai bagian barat ikon objek wisata ini semakin jelas. Batu menjulang tinggi yang terlihat seperti layar kapal, mungkin itu sebabnya diberi nama pantai Klayar. Jika air laut tidak sedang pasang maka kita bisa menaiki gugusan batu tersebut. Sialnya ketika sampai di sana akses baru saja di tutup padahal masih ada beberapa orang yang sudah berada di atas.

Jejaran Tebing Batu

Pemandangan-2

Melihat Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur Dari Dekat

Pemandangan-1

Tiba-tiba penjual kelapa muda dari arah belakang berujar: “Naik saja ke bukit di belakang mas, bisa lihat dari atasnya”. Akhirnya kami pun menaiki bukit yang cukup tinggi, namun masih tergolong mudah karena tidak terlalu terjal. Sesampainya di atas bukit, HoHoHo…. pemandangan ikon pantai Klayar terlihat dari atas dengan indahnya. Anda dapat melihat air yang menyembur dari celah lubang ditengah batu akibat terdorong ombak, hadapkan pandangan ke arah barat maka anda dapat melihat keseluruhan pantai dari ketinggian. Jika anda menghadap ke arah selatan sejauh mata memandang lautan terbentang luas, itulah samudra Hindia tanpa batas ribuan kilometer luasnya.

Foto Dari Atas BukitFoto Dari Atas Bukit 2

Jalan Menuju Objek Wisata Pantai Klayar Jatim

Saran kami untuk anda yang ingin berlibur ke pantai Klayar adalah: Bolos kerja atau kuliah! Datanglah ke lokasi ini ketika hari kerja karena jika datang pada musim liburan akan ramai sekali. Di hari biasa pantai tidak ramai dan sebelum berangkat ke pantai ini anda bisa membeli nasi atau tiwul dan lauk pauk yang dibungkus daun jati(ciri khas nasi bungkus pacitan). Makan dipinggir pantai, sambil minum kelapa muda di bawah pepohonan rindang. Biarkan waktu berjalan sambil anda melamun dipinggir pantai Klayar Pacitan yang indah dan sepi hanya ditemani kelapa muda dan deburan ombak. Berani Bolos? :D

Keindahan Pantai Klayar Pacitan Jatim

Klik tautan berikut ini untuk melihat rute menuju pantai Klayar dari Punung: Rute Pantai Klayar di Google Maps.

Topik: Mengemudi | Tagged , jalan menuju pantai klayar pacitan, jalan menuju pantai klayar, kondisi jalan menuju pantai klayar pacitan, pantai klayar, kondisi jalan dari goa gong ke pantai klayar.

2 comments
  • ricky
    February 25, 2016

Wah abis baca jadi pengin ksana juga, hehe, om ada alternatif untuk melindungi filter oli ga ya? karimun estilo saya pernah bocor filter olinya kena batu waktu lewat jalan rusak di pinggir sawah kutoarjo, untung lampu indikator olinya nyala jadi ketauan oli mesinnya abis, untung juga ga jauh2 amat nyari filter + oli mesin, coba kalo tempatnya sepi n jauh,, ga kebayang…

• MasMun
      March 21, 2016

Kalau mau sih bia pakai plat bordes untuk nutup seluruh bagian bawah mesin, nanti baut dudukannya bisa di taruh di ujung bawah bemper atau yang lainnya.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with