Sensor-Sensor Yang Terdapat di Mobil Injeksi Modern

0
Mesin Suzuki Splash K12 Injeksi Modern

Mesin Injeksi Modern Suzuki Splash seri K12

Kalau sekarang baru saja terjadi periode transisi penggunaan motor roda dua yang menggunakan teknologi injeksi, maka pada kendaraan roda empat(mobil) transisi penggunaan injeksi sudah lebih dahulu berlangsung, hasilnya? Seluruh mobil yang dijual di Indonesia saat ini sudah menggunakan teknologi pengabutan bahan bakar injeksi. Secara kelistrikkan mobil injeksi berbeda dengan mobil yang masih menggunakan Karburator. Jika dulu masih diperlukan penyetelan campuran bahan bakar dan udara secara manual maka saat ini dengan teknologi injeksi penyetelan dengan cara manual tersebut sudah ditinggalkan.

Gantinya adalah “otak elektronik” yang tertanam di mobil, komponen ini bernama Engine Control Module(ECM) atau terkadang disebut juga dengan ECU. ECM atau ECU ini jika dianalogikan berfungsi seperti seorang komandan dalam suatu kesatuan. Keputusan hanya bisa ditentukan oleh “seorang komandan”, tentu berdasarkan masukan-masukan dari anggota di unit-unit kesatuan.

Sensor Oksigen Pada Mesin Mobil Injeksi

Sensor Oksigen Pada Mesin Mobil Injeksi

Begitu pula dengan sistem Injeksi bahan bakar di mobil saat ini, keputusan ditentukan oleh ECM. Keputusan itu seperti nyalanya kipas radiator, derajat waktu pengapian dan campuran bahan bakar yang masuk ke mesin. Sedangkan input atau masukan-masukan yang diterima oleh ECM berupa data dari sensor-sensor yang tertanam di mobil. Inilah salah satu hal yang merupakan ciri mobil injeksi saat ini, yaitu terdapat banyak sensor sebagai bahan inputan kepada ECM untuk membuat keputusan.

Berikut ini daftar sensor di mesin modern mobil Suzuki seperti Spalsh, Swift,  Ciaz, Ertiga, Karimun Wagon R dan Estilo:

- Knock Sensor, terpasang di silinder block mesin fungsinya untuk mendeteksi knocking atau ngelitik pada proses pembakaran di mesin. Dengan input dari sensor ini ECM dapat menetukan derat pengapian/waktu pembakaran.

- Oil Pressure Switch, berfungsi untuk mendeteksi tekanan oli. Jika tekanan oli lemah maka lampu indikator peringatan akan muncul di panel instrument. Sebab tekanan oli yang lemah bisa karena pompa oli yang mengalamai kerusakan atau volume oli mesin yang kurang.

- Oxygen Sensor, terpasang di downpipe saluran gas buang fungsinya untuk medeteksi kandungan gas sisa pembakaran. Dari gas sisa pembakaran tersebut dapat didetekti kualitas proses pembakaran yang terjadi di mesin, dari hasil bacaan oxyegn sensor itu pula akan menjadi masukan bagi ECM untuk menentukan komposisi campuran bahan bakar dan udara yang disuplai ke mesin.

- Speed Sensor, tertanam di gearbox bertugas untuk membaca kecepatan mobil berdasarkan perhitungan putaran roda.

- Camshaft Position Sensor, membaca posisi rotasi chamsaft.

- Water Temperature Sensor, membaca suhu cairan pendingin mesin. Input dari sensor ini ke ECM akan menentukan kapan fan radiator akan menyala.

- Inlet Air Temperature, membaca suhu udara yang masuk ke throttle body. Suhu udara yang masuk ke throttle body akan mempengaruhi pembakaran mesin, semakin rendah termperatur udara yang masuk akan semakin baik. Selengkapnya baca di sini: Cold air intake.

- Throttle Position Sensor, berfungsi membaca posisi bukaan butterfly valve di throttle body. Untuk mobil injeksi yang sudah menggunakan teknologi drive by wire seperti Suzuki Ertiga dan Karimun Wagon R AGS sensor ini sudah tidak ada lagi.

- MAP Sensor, posisinya terpasang pada intake manifold. Tugasnya MAP Sensor adalah membaca besarnya kevakuman pada intake manifold yang menuju ruang bakar di mesin.

Throttle Body Milik Suzuki New Ertiga Drive By Wire

Throttle Body Milik Suzuki New Ertiga Berteknologi Drive By Wire

Data-data yang dikirim oleh sensor-sensor itulah yang menjadikan ECM menentukan komposisi campuran bahan bakar dan waktu pembakaran terbaik yang terjadi ketika mesin mobil menyala. Jadi tidak ada lagi penyetelan komposisi campuran bahan bakar(air fuel ratio) secara manual layaknya mesin yang menggunakan karburator, hasilnya? Mesin jadi lebih efisien karena bahan bakar yang disuplai benar-benar sesuai dengan kebutuhan putaran mesin.

Topik: Mesin | Tagged , , , , sensor mobil injeksi, sensor pada mobil, sensor karimun estilo, sensor pada mobil suzuki, fungsi sensor mobil injeksi.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+