Tertarik Beli Mobil Bekas Blue Bird Taxi Perhatikan Hal Ini!

0

Blue Bird Group sebagai perusahaan transportasi besar di tanah air memiliki ribuan armada, mulai dari taxi reguler(Toyota Limo), mobil rental berplat hitam, bus bahkan hingga truk kargo. Umumnya kendaraan tersebut hanya memiliki umur pakai selama lima tahun, sehingga begitu melewati masa pakai diatas itu maka mobil harus diremajakan dengan cara menggantinya dengan kendaraan yang baru. Armada yang telah berumur diatas 5 tahun itu kemudian dijual melalui divisi mobil bekas Blue Bird kepada masyarakat umum, tentunya setelah dilakukan beberapa perubahan. Tipe mobil yang dijual pun cukup banyak, mulai Toyota Limo sebagai mobil bekas Blue Bird Taxi reguler, ada pula Mercedes Benz E 200 Kompressor dan Toyota Velfire bekas taxi mewah Silver Bird. Selain itu Blue Bird Group juga menjual Avanza, Xenia, Ertiga, Innova, Honda CRV dan sebagainya dari ex Golden Bird.

Tersedia Banyak Pilihan Warna Toyota Limo

Tersedia Banyak Pilihan Warna Toyota Limo

Bisnis penjualan mobil bekas perusahaan transportasi sebenarnya bukanlah hal yang baru. Mulai dari perusahaan taksi sampai perusahaan rental besar seperti TRAC dan ASSA Rent memiliki prosedur untuk mengganti armadanya yang telah melewati masa pemakaian tertentu, sehingga mereka harus melepas armada lamanya yang telah lewat umur pakainya dengan cara penjualan langsung atau melalui prosedur lelang. Pada Blue Bird Group mereka memliki divisi mobil bekas yang menanangani penjualan langsung kepada masyarakat umum, namun sebelum dijual mobil bekas taxi tersebut dilakukan telah dilakukan beberapa perubahan terlebih dahulu. Perubahan yang dilakukan adalah perubahan warna mobil, pelepasan argo dan perubahan legalitas identitas kendaraan dari plat kuning(kendaraan umum) ke plat hitam dengan STNK atas nama perusahaan Blue Bird.

Dalam artikel kali ini Mas_Mun akan lebih fokus membahas Toyota Limo yang menggunakan body, interior dan mesin yang sama dengan Toyota Vios. Saking miripnya sehingga banyak yang mengira bahwa yang dijual oleh Blue Bird adalah Vios ex taxi, padahal bukan. Wajar saja karena Toyota Limo dan Vios bak pinang dibelah dua, yang membedakan hanyalah fitur-fitur kelengkapannya saja. Misalkan jika pada Toyota Vios terdapat power window, spion elektrik, rem ABS&EBD, dan head unit double din maka pada Limo bekas taxi Blue Bird fitur itu menghilang. Jika anda tertarik maka sebelum memutuskan untuk membeli ada baiknya anda memperhatikan dulu hal-hal berikut:

Toyota Limo Modifikasi Bekas Taxi

Toyota Limo Modifikasi Bekas Taxi

Bagian Belakang Terlihat Polos Velg Sudah Pakai R15

Bagian Belakang Terlihat Polos Velg Sudah Pakai R15

Tampilan Dashboard Dari Balik Kemudi

Tampilan Dashboard Dari Balik Kemudi

Limo Merah Bersanding Toyota Vellfire Ex Silver Bird

Limo Merah Bersanding Toyota Vellfire Ex Silver Bird

Velg Asli Kaleng Kanan Siapkan Uang Lebih Untuk Ganti

Velg Asli Kaleng(sebelah kanan) – Siapkan Uang Lebih Untuk Menggantinya

Keunggulan Mobil Ex Taxi

Anda tidak akan mendapatkan mobil sedan bekas kendaraan pribadi berumur 5 tahun dengan harga dibawah 100 juta. Tapi harga mobil bekas blue bird taxi saat ini ditahun 2016 unit bekasnya dibanderol Rp 75juta, bahkan ketika di tahun 2012 dulu harga Toyota Limo tahun 2007 masih dijual dengan harga 85 juta. Wajar saja karena pada waktu itu unit taksi bekas belum memiliki saingan berat di pasar mobil bekas, sekarang saingan terberatnya adalah mobil LCGC second. Jika saat ini masih dijual dengan harga 85 juta tentu akan kalah bersaing dengan mobil LCGC di pasar mobil bekas. Sstt… kata sales-nya Blue Bird harga 75 juta pun masih bisa di nego kok.

Mesin 1NZFE Toyota Limo Terkenal Bandel Tanpa Kekurangan

Mesin 1NZFE Toyota Limo Terkenal Bandel Tanpa Kekurangan

Selain harga keunggulan lain dari Toyota Limo adalah mesinnya yang berkode 1NZ-FE terkenal bandel. Mesin berkapasitas 1500 cc ini telah digunakan sejak Toyota Vios generasi pertama yang muncul pada tahun 2003 dan hingga kini di tahun 2016 VIOS, Limo dan Yaris generasi ketiga pun masih menggunakan mesin yang sama, namun kabarnya New Vios facelift terbaru yang akan datang akan menggunakan mesin baru berkode 2NR-FBE berteknologi dual VVT-i dengan kapasitas mesin yang sama yaitu 1500 cc.

Kekurangan Mobil Ex Taxi

Butuh banyak penggantian spare part. Mesinnya memang unggul dan tidak memiliki kekurangan namun mobil apapun dengan jarak tempuh yang tinggi pasti akan membutuhkan penggantian spare part. Toyota Limo mobil bekas blue bird taxi berumur 5 tahun jarak tempuhnya bekisar di angka 300.000 kilometer, dari yang Mas_Mun amati yang paling minim pun sekitar 290.000 km. Jika dianalogikan dengan 300.000 km ini Toyota Limo telah berjalan mengeliling bumi sebanyak 7,5 kali putaran. Dengan jarak tempuh seperti ini walau mesinnya memang terkenal kuat tapi komponen pendukung seperti fuel pump, radiator, komponen suspensi dan yang lainnya tentu sudah menurun kemampuannya.

Pengecatan Ruang Mesin Terkesan Tidak Rapih

Pengecatan Ruang Mesin Terkesan Tidak Rapih

Kekurangan lain Toyota Limo adalah fiturnya yang terbatas. Berbeda dengan Vios yang bertabur dengan fitur-fitur yang menggoda maka karena alasan penghematan fitur tersebut dihilangkan pada Toyota Limo bekas taxi. Dengan harga 75 juta anda belum akan mendapatkan power window dan spion elektrik, padahal fitur tersebut merupakan fitur standar pada Suzuki Karimun Estilo bekas dengan kisaran harga yang sama. Maka tidak heran kebanyakan dari pembeli Toyota Limo akan meng-upgrade fitur power window pada mobil mereka. Harganya memang tidak terlampau mahal, sebagai contoh power Window Denso seken sekitar Rp 1,5 – 1,7 juta untuk pintu depan kanan dan kiri saja, jika ingin komplit 4 pintu biayanya sekitar Rp 2,9juta belum termasuk ongkos pasangnya.

Versi Modifikasi

Selain menjual dalam kondisi standar divisi mobkas Blue Bird juga menyediakan Toyota Limo yang telah dimodifikasi. Modifikasi yang dilakukan dari sekedar pemasangan power window dan penggantian velg ke R15 milik Toyota Vios atau Yaris, hingga modifikasi penggantian velg racing ring 17, pemasangan body kit, penambahan fog lamp dan penggantian lampu depan-belakang dengan milik Vios. Tentu dengan modifikasi seperti ini biaya yang perlu dikeluarkan untuk menebusnya berbeda dengan yang standard, ketika kami tanyakan kepada salesnya harga yang telah full modifikasi berkisar di angka Rp 95 juta.

Toyota Limo Dengan Body Kit Add on

Toyota Limo Dengan Body Kit Add on

Foto Vios Limo Modif

Foto Vios Limo Modif

Body Kit Vios Limo Dijual Sepaket

Body Kit Vios Limo Dijual Sepaket

Interior Limo Versi Modif Pakai Power Window Denso

Interior Limo Versi Modif Pakai Power Window Denso

Kesimpulan

Apakah cukup beralasan membeli mobil bekas taxi seperti Toyota Limo ini dengan jarak tempuh yang sudah mencapai 300.000 km dengan harga 75 juta? Jika anda memang hoby mobil, senang modifikasi, dan tidak masalah jika harus mengganti beberapa komponen spare part setelah membeli mobil ini jawabannya adalah iya.

Jarak Tempuh Vios Ex Taxi Butuh Anggaran Perawatan Extra

Jarak Tempuh Vios Ex Taxi Butuh Anggaran Perawatan Extra

Namun jika anda membutuhkan mobil dengan jarak tempuh yang jauh lebih sedikit dan minim penggantian spare part, apalagi belum mengenal seluk beluk perawatan mobil sepertinya kurang cocok jika harus membeli Toyota Limo bekas taxi Blue Bird ini mengingat jarak tempuhnya yang sudah cukup tinggi sehinga membutuhkan perawatan extra.

Baca Juga: Kenapa Memilih Suzuki Karimun Estilo

Topik: Mobkas | Tagged , , lelang mobil ex taxi blue bird, mobil bekas taksi, toyota limo ex taxi blue bird, lelang mobil blue bird, Mobil bekas taxi.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+