Tips dan Cara Mencuci Mesin Mobil Yang Aman

0
Cuci Mesin Mobil Arah Semprotan Tegak Lurus

Cuci Mesin Mobil Arah Semprotan Tegak Lurus

Mencuci mesin mobil atau sekedar mengelap ruang mesin mungkin sangat jarang sekali dilakukan, terutama bagi pengguna mobil yang tidak tertarik sama sekali dengan dunia otomotif atau hanya sekedar menggunakan mobil. Kalaupun dibawa ke tempat pencucian mobil biasanya bagian ini juga luput dari proses pencucian, tentu alasannya selain waktu pencucian mobil jadi lebih lama juga beresiko mobil customer malah jadi mogok.

Meskipun ruang mesin mobil merupakan bagian yang tertutup namun sebenarnya bagian tersebut juga mudah kotor akibat kipas radiator yang selalau menyedot udara dari luar, imbasnya debu halus juga selalu ikut tersedot, belum lagi ketika musim hujan cipratan air dari lubang spakbor dengan mudahnya menyelinap masuk. Dan satu lagi, yang pernah Mas_Mun jumpai adalah ruang mesin yang bau kencing tikus karena menjadi sarang tikus akibat si pemilik hampir tidak pernah membuka kap mesin.

Padahal untuk mencuci mesin mobil caranya sangat mudah. Sebetulnya tidak perlu khawatir untuk menyemprotkan air ke bagian tersebut, pabrikan mobil telah merancang sambungan kabel, selang dan sensor-sensor aman dari semprotan air, selama mobil tidak direndam air :D . Terlebih lagi mobil saat ini sudah tidak memiliki distributor ataupun pengapian menggunakan platina yang riskan kemasukan air melalui celah penutupnya, selain itu busi dan koil pada mayoritas mobil saat ini tertutup oleh box filter udara sehingga pada saat mencuci mesin air tidak akan mengenai komponen tersebut secara langsung.

Mesin Mobil Dalam Kondisi Basah

Dalam Kondisi Basah Jangan Lupa Dikeringkan dengan Lap Chamois

Namun ada tips khusus bagi pengguna mobil lawas yang khawatir bagian electrical-nya konslet kita mesinnya dicuci. Yaitu dengan memanfaatkan kantong plastik atau aluminium foil untuk menutupi bagain yang rawan seperti Distributor, Altenator, Dinamo Stater, Kabel-kabel busi, dan Kotak sekring yang biasanya sudah tidak rapat lagi.

Berikut langkah-langakah mencuci mesin mobil yang Aman:

  1. Pastikan pada saat mencuci mesin tidak dalam kondisi panas.
  2. Semprot dengan arah tegak lurus ke bawah, tujuannya agar kotoran dapat langsung turun.
  3. Jika ada gunakan engine degreaser, jika tidak ada dapat menggunakan sabun pencuci piring(Su**ight).
  4. Manfaatkan sikat kecil atau kuas untuk mebersihkan blok mesin.
  5. Untuk dinding ruang mesin dan bagian bawah kap mesin gunakan spons atau lap.
  6. Bilas kembali dengan air, arah semprotan air tetap tegak lurus ke arah bawah. Mulai dari bagian paling atas dan berlanjut ke sela-sela di bawahnya.
  7. Jangan lupa dikeringkan menggunakan lap chamois. Lap mulai dari sisi bawah kap mesin terlebih dahulu. Kemudian box saringan udara, blok kepala silinder, dinding ruang(kanan-kiri) hingga ke bagian bawah seperti atas gearbox, engine mounting dan tutup kipas radiator.

Topik: Mesin | Tagged , cara mencuci mesin mobil injeksi, air filter udara karimun estilo bisa dicuci, mencuci mesin mobil ertiga, cara membersihkan mesin mobil, mobil injection kencing.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+