Cara Mengganti Shift Knob /Tuas Presneling Suzuki Karimun Estilo

0

Beberapa pengguna Suzuki Karimun Estilo bekas menggeluhkan bahwa gagang tuas presneling atau yang biasa disebut dengan shift knob original bawaan mobil mudah retak. Ada yang mengeluhkan kepada Mas_Mun ketika masuk ke dalam mobil setelah mobilnya diparkir cukup lama tiba-tiba mendapati shift knob-nya sudah dalam kondisi retak.

Knob Tuas Pemindah Gigi Karimun Kerap Pecah

Knob Tuas Pemindah Gigi Karimun Kerap Pecah

Bahkan beberapa mendapati tuas presneling bawaan Suzuki Karimun tersebut sudah dalam kondisi terkelupas begitu masuk ke dalam kabin mobil. Karimun Estilo yang kami gunakan sendiri di tahun pemakaian yang ke enam ini sudah muncul retakan kecil di sisi kiri, namun belum sampai terkelupas. Kami menduga terjadinya retak atau pecah pada bagian ini karena materialnya tidak terlalu kuat menahan panas pada saat mobil diparkir dibawah terik matahari. Namun usah kahawatir karena part penggantinya banyak tersedia di pasaran dan harganya pun juga sangat terjangkau.

Dua Jenis Shift Knob Karimun Estilo yang di Jual

Harga Shift Knob Karimun Estilo yang dijual dipasaran cukup murah, harganya kurang dari Rp 100.000. Namun jika anda jeli ada juga yang menjual dengan harga hampir mencapai Rp 200.000. Nyatanya kedua part tersebut tidaklah sama, alias berbeda. Yang harganya kurang dari Rp 100.000 itu sesungguhnya shift knob yang diperuntukkan bagi Karimun Estilo bermesin 4 silinder, sedangkan yang berharga dua kali lipat adalah untuk New Karimun Estilo(NKE) 3 Silinder.

Part Original Shift Knob Suzuki Karimun Jual

Part Original Shift Knob Suzuki Karimun Jual

Lalu apa perbedaan diantara keduanya dan apakah bisa saling tukar? Perbedaannya tidak tampak dari luar, namun dari bobot. Yang untuk NKE 3 Silinder dibagian dalam shift knob terdapat besi pemberat di dalamnya, sedangkan yang satunya tidak. Lalu apakah ada dampak kenyamanan pada saat pakai yang berat? Ketika kami pasang shift knob yang tanpa besi pemberat pada New Karimun Estilo 3 silinder ternyata tidak terasa perbedaannya. Jadi keduanya bisa salaing tukar antara shift knob untuk yang bermesin 3 silinder ataupun 4 silinder, bahkan bisa juga dipasangkan pada Suzuki Swift karena bentuknya juga serupa.

Besi Pemberat di Dalam Shift Knob

Besi Pemberat di Dalam Shift Knob

Cara Mengganti Knob Tuas Presneling

Cara Melepas Shift Knob Dengan Teknik Dipecahkan

Cara Melepas Shift Knob Dengan Teknik Dipecahkan

Berbeda dengan kebanyakan mobil pabrikan Jepang yang untuk mengganti knob tuas presneling biasanya harus di putar maka pada Karimun Estilo tidak dengan cara di putar, melainkan dengan cara ditarik ke arah atas. Sayangnya karena mekanisme dalam knob nya yang menjepit gagang tuas presneling, maka ketika ditarik terasa sukar sekali. Sehingga cara mudahnya adalah mau tidak mau anda perlu merusak atau memecahkan shift knob yang lama.

Pengait di Ujung Tuas Transmisi

Pengait di Ujung Tuas Transmisi

Begitu sudah pecah maka anda cukup menariknya ke arah atas dan memasang part yang baru dengan cara menekan dari sisi atas sehingga shift knob akan terkunci pada dudukan dengan sendirinya. Mudah bukan? 😀

Dipost dalam Topik: Interior oleh MasMun. Bookmark the permalink. .

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+