Kaki Mobil Bagian Depan Berisik Apa Saja Penyebabnya?

26

Seiring bertambahnya jam terbang pemakaian mobil tentu akan selalu ada komponen yang aus, salah satunya adalah komponen pada kaki mobil bagian depan. Berbeda dengan bagian mesin jika ada yang tidak sehat akan ditandai dengan tenaga yang berkurang, boros konsumsi bahan bakar atau asap yang ngebul maka pada bagian kaki-kaki atau roda jika ada bagian yang aus akan ditandai oleh munculnya bunyi, getaran dan feed back putaran setir yang kurang nyaman.

Shockbreaker Mobil Bagian Depan Tipe Macpherson

Shockbreaker Mobil Bagian Depan Tipe Macpherson

Getaran dan bunyi itu yang lazim terjadi jika terdapat komponen pada kaki mobil yang sudah aus, dan itu wajar sebagai tanda bahwa sudah perlu dilakukannya penggantian part. Berbeda pada roda belakang pada kaki mobil bagian depan terdapat lebih banyak sambungan bukan hanya mekanisme suspensi saja namun juga rem, mekanisme pembelok roda dan penggerak roda(untuk mobil gerak roda depan seperti pada Suzuki Karimun Estilo, Toyota Limo, dan lain-lain). Sehingga wajar jika sudah berumur tentu ada yang sudah aus terlebih jika pemiliknya kurang pakai perasaan ketika mengemudikan mobil. Ada lubang hajar, jalan bergelombang geber terus, gas-rem semaunya maka dapat dipastikan komponen kaki depan mobil pasti lebih cepat aus dan menimbulkan bunyi tidak nyaman.

Lalu komponen apa saja yang berpotensi menimbulkan bunyi pada kaki mobil bagian depan?

Kaliper Rem

Penyebab bunyi yang paling remeh adalah baut Kaliper Rem. Baut dudukan Kaliper rem memiliki celah dengan kaliper rem, tujuannya jelas agar kaliper rem dapat bergerak untuk menjepit piringan cakram. Celah tersebut terisi oleh grease atau gemuk, lama-kelamaan grease pada baut bisa kering dan akan lebih parah jika karet pembungkusnya sobek maka akan lebih cepat kreing dan kotor. Solusinya cek karet dan grease pada baut kaliper, bersihkan dan lumasi jika sudah kering.

Komponen Kaliper Rem Depan Penyebab Bunyi

Komponen Kaliper Rem Depan Penyebab Bunyi

Shockbreaker dan Karet Support

Shockbreaker mobil yang bocor dan sudah tidak berfungsi lama-kelamaan akan menimbulkan bunyi begitu juga jika karet support-nya sudah aus. Karet support adalah karet peredam yang terpasang pada dudukan bagian atas shockbreaker mobil, karena terus tertekan dan shocbrekaer mengalami rebound maka karet akan semakin menipis sehingga muncul celah pada dudukan atas schokbreaker mobil, celah itu yang menimbulkan bunyi ketika melewati lubang.

Ball Joint dan Tie Rod

Jika bagian atas knuckle(pegangan roda) bertumpu pada shockbreaker maka bagian bawahnya terdapat ball joint. Ball joint seperti sendi pada tulang manusia, dia dapat berputar dan burubah sudut kemiringannya mengikuti arag gerak roda. Kerusakan awal pada ball joint ditandai dengan terdapat rembesan seperti oli di sekitarnya, disebabkan oleh karet pelindungnya yang mulai robek. Jika dibiarkan maka akan menimbulkan bunyi, dan ketika sudah berbunyi dibiarkan saja lagi maka suatu saat ball joint akan lepas sehingga roda depan tidak bisa tegak lagi.

Begitu juga dengan tie rod kerusakaan awal ditandai dengan remebesan seperti oli akibat karet pembungkus yang robek dan terdapat sedikit gerak bebas(sepeleng) pada setir yang tidak diikuti dengan roda depan yang berbelok.

Drive Shaft cv join ball join Mobil Suzuki

Drive Shaft cv join ball join Mobil Suzuki

Bushing Rack Steer dan Plunger

Di dalam rumah rack steer terdapat karet penahan as rack steer yang terdapat di dalamnya. Komponen bushing rack steer pada mobil yang menggunakan electric power steering seperti Suzuki Karimun Estilo lebih cepat aus dibanding pada rack steer yang menggunakan sistem hydraulic power steering. Karet ring yang berada di sebelah kiri rack steer disebut bushing dan karet penekan yang berada di dekat worm steer di bagian kanan disebut dengan plunger.

Letak Karet Bushing Rack Steer Karimun Estilo

Letak Karet Bushing Rack Steer Karimun Estilo

Bushing Arm

Arm atau biasa disebut dengan lengan ayun atau sayap oleh orang Indonesia merupakan komponen yang bekerja keras, Arm bertugas sebagai pegangan knuckle roda ke chasis mobil dan ikut bergerak naik-turun menyesuaikan gerakan naik-turun pada shockbreaker. Komponen lengan ayun atau sayap ini terbuat dari besi sehingga jelas kuat, baut AS-nya juga terbuat dari metal yang kuat. Tapi bushing baut AS-nya terbuat dari karet yang dapat aus, jika bushing aus maka dapat diganti karet bushing-nya saja. Komponen Arm ini sebenarnya jarang rusak penggantian biasanya dilakukan jika ball joint-nya sudah rusak, karena pada mobil-mobil saat ini ball joint jadi satu dengan arm atau lengan ayun-nya.

Topik: Roda | Tagged , , kaki kaki karimun kotak, tanda karet sho, bagian rack steer, baut pegangan kaki mobil, bunyi geduk geduk pada kaki kaki mobil.

26 comments
  • Yulia
    September 13, 2017

    Mas mun, mo tanya. Sy punya KE 2010. Wkt sy pake mo pulang kerja tiba2 ad bunyi meletus, yg sy kira ban depan saya pecah. Sy tepiin mobil n mesin d matiin. Tp stelah sy cek, ke-4 ban sy g kenapa2. Trus waktu sy hidupkan kmbali mesin mobilny, ac mobilny jd g dingin, padahl sebelumnya dingin. Mohon infony mas prihal tsb. Terimakasih


    • MasMun
      October 10, 2017

      Bawa ke bengkel AC aja mba Yulia supaya tau persis sumber kerusakannya.


  • irwan
    August 13, 2017

    mas mun, mobil saya karimun estilo 2010, kalau dipakai jalan aspal suaranya sunyi pada roda depan, tapi kalau lewat jalan seperti jalan paving atau jalan sedikit berlubang ada suara gluduk2, kalau menurut terwangan masmun penyakitnya apa yaaa…????hehehe..


    • MasMun
      August 16, 2017

      Waduh kaya paranormal aja pakai penerawangan, hehe. Kalau dari pengalaman yang sudah-sudah biasanya dari bagian racksteer itu mas Irwan.


  • saputra ditta
    July 24, 2017

    Mas mun, KE saya tahun 2007. apabila melewati aspal yang tidak rata ada bunyi gluduk2 dan gemuruh. kira kira permasalahanya dimana ya? itu kalau cek di bengkel khusus kaki2 atao di beres?


    • MasMun
      August 4, 2017

      Bengkel khusus kaki-kaki bisa, bengkel resmi juga bisa.


  • Fikar
    July 22, 2017

    Mas Mun..

    Saya punya Karimun Estilo tahun 2011.
    Ada masalah sebagai berikut :

    1. mesin berat dan pincang dan di cek ternyata koil nya ada yg rusak salah satu.
    2. Ban depan dua2nya sangat berisik.mungkin karena shocknya .
    3. Konsumsi bahan bakar jadi lebih boros .
    4. Indikator mesin sempat menyala dan sekarang sudah tidak setelah tune up.khawatir akan nyala lagi .

    Pertanyaan :
    1. Dimana saya harus membetulkan keluhan2 tersebut selain dibengkel resmi. Karena harganya sangat mahal jika di bengkel resmi. Saya tinggal di Karawaci Tangerang.
    2. Harga jual untuk Karimun Estilo 2011 sekarang ini di angka berapa

    Mohon untuk diinfokan karena saya sangat membutuhkan informasi ini.

    Terima kasih banyak. Salam


    • MasMun
      August 4, 2017

      Maaf saya tidak tau kalau untuk dearah Karawaci. Harganya saat sekitar 65-70 jutaan.


  • aswin ardiawan
    July 21, 2017

    mas mun, ane beli karlo thn 2007, nah pada grillnya itu lis chromenya g ada alias kosongan, kira2 ada g ya mas???
    kalau ada berapa harganya mas???
    mohon bila berkenan infoin juga toko aksesoris karlo wilayah surabaya mas


    • MasMun
      July 21, 2017

      Harga list chrome di grill depan sekitar 250-300ribuan, bisa pesan di Suzuki UMC surabaya mas Aswin. Waktu inden biasanya sekitar 2 mingguan.


      • aswin ardiawan
        July 27, 2017

        mas mun tanya lagi, kawat sling PW ane putus jadi kaca bisa di naikkin tp kalo di turunin g bisa mas mun, itu beli kawat slingnya saja blh g ya??? apa harus 1 set sama dinamo n dll, soalnya lainnya normal cuma kawat slingnya aja yang putus, makasih mas mun


        • MasMun
          August 4, 2017

          Kalau part kawat slingnya saja ya nggak ada, bisa diakalin pakai kawat sling kabel gas atau kopling motor.


  • dwei
    July 14, 2017

    mas mumun saya punya karimun estilo 2007. Bl bisa bantu pengecekan mobil saya yang rusak apa aja ya..sudah saya service 2 kali tapi masih sama.bunyi gluduk2 di sekitaran area kaki depan sudah ganti longterot terot masih sama juga.


    • MasMun
      July 15, 2017

      Tinggalnya dimana pak/bu Dwei?


  • Andi P
    June 14, 2017

    Mas Mun.. mau tanya, mobil saya ME 2007 yg harus disiapkan untuk service kaki2 apa saja dan estimasi nya kira2 brp? Terimakasoh


    • MasMun
      June 16, 2017

      Tergantung yang rusak apa, kalau nggak tau yg rusak nggak tau apa yg mau diganti terus yang mau di-estimasi apanya donk?


  • sigit
    May 16, 2017

    Mas mun klo bushing dan plunger karimun estilo 2008 sama g ya dengan karimun kotak?


    • MasMun
      May 24, 2017

      Beda mas ukuran diameternya.


  • MasMun
    April 19, 2017

    Nggak bisa ditentukan bunyinya dari mana kalau nggak di cek secara langsung.


  • Angga
    April 19, 2017

    Mas mun. Untuk shockbreaker NKE apakah bisa pakai yang punyanya Wagonr ? Terima kasih


    • MasMun
      April 19, 2017

      Saya juga belum tau mas Angga, tapi kemungkinan bisa. Kalau mau shockbreaker depan yg murah bisa pakai merek IKYB untuk suspensi depan.


  • yusril
    April 19, 2017

    mas Mun, baru dapet karlo 2010 km dapet 40ribu, awalnya ada geuruh roda depan setelah di bawa ke bengkel ternyata dudukan kaliper rem yang longgar, sudah bisa diatasi
    tapi ada masalah lagi mas, gemuruh di setir kemudi (rasanya bagian bawah), apakah ada komponen di setir kemudi yang kemungkinan aus?


    • MasMun
      April 19, 2017

      Gemuruh biasanya dari ban bukan setir, apalagi ketika melewati jalan yang berkontur kasar seperti cor beton. Kalau dari setir biasanya muncul ketika melewati jalan rusak atau bergelombang.


      • yusril
        April 20, 2017

        iya mas mun, ketika melewati jalan rusak/makadam terasa bunyi, tapi kalo jalam aspal halus bunyi di pangkal setir hilang


  • Gerald
    March 17, 2017

    Mas mun. Mobil sya karlo 2008. Kemarin baru ganti 4 shock dan karet sktr 3 jutaan. Belinya di BeRes .Awalnya gak ada masalah . tapi skrg kok bagian kolong depannya bunyi lagi Mas terutama saat belok pdhl baru ganti shock dan karet. Dan setelah ganti shock suspensinya jadi lbh keras hehe


    • MasMun
      March 20, 2017

      Kalau bunyi komplain aja bengkelnya, Jadi lebih keras mungkin karena shock yang sebelumnya sudah lama bocor jadi sudah terlalu empuk.


Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+