Apa Penyebab AC Mobil Saya Tidak Dingin

0

Beberapa waktu yang lalu Mas_Mun meminjam mobil  Suzuki Carry milik teman karena mobil city car andalan sehari-hari daya tampungnya kurang besar untuk membawa seluruh keluarga yang pada saat itu sedang berkumpul. Namun ternyata mobil pinjaman tersebut memiliki AC yang kurang dingin bahkan bisa disebut AC mobil tidak dingin terutama pada siang hari. Maka dengan terpaksa semua jendela dibuka agar “angin cepoi-cepoi” dapat menggantikan fungsi AC yang tidak bekerja maksimal.

Mengemudikan mobil di kota besar dengan polusi udara yang tinggi pada siang hari tanpa dilengkapi AC sungguh sangat menderita. Oleh karena itu hendaknya kita dapat merawat AC mobil kita dengan terlebih dahulu memahami bagaimana cara kerja AC mobil sebenarnya.

Sistem pendingin kabin pada mobil hanya dapat bekerja ketika mesin mobil hidup, jika anda menyalakan AC pada saat mesin dalam kondisi mati yang keluar hanya udara dari kipas blower-nya saja, tanpa udara tersebut mengalami proses pendinginan terlebih dahulu. Hal tersebut terjadi karena proses pendinginan pada AC terjadi dalam sebuah alur sirkulasi freon yang tertutup.

Sirkulasi tersebut dipompa oleh kompresor AC yang memanfaatkan putaran dari mesin mobil. Jadi agar freon dapat bersirkulasi antara komponen-komponen di sistem pendingin maka mesin mobil harus berputar alias hidup. Untuk lebih jelasnya bagaimana AC berkrja perhatikan gambar di bawah ini:

Cara kerja dan komponen Ac Mobil Dingin

Cara kerja dan komponen Ac Mobil

Cara Kerja AC Mobil:

Pipa dan selang sirkulasi sistem pendingin atau AC berisi gas yang disebut Freon. Pada sistem ini terdapat sebuah komponen yang bernama kompresor, tugasnya adalah memompa freon sehingga terjadi sirkulasi. Pada kompresor  terpasang magnetic  pulley bertugas memutar poros kompresor.

Freon dari kompresor di pompa menuju Kondensor(bahasa inggrisnya: Condensor). Pada Kondensor ini terjadi proses perubahan wujud freon dari yang tadinya berwujud gas akan berubah wujud menjadi  cairan yang bertekanan tinggi begitu keluar dari kondensor. Karena bentuknya yang menyerupai radiator maka beberapa pemilik kendaraan mengira bagian yang terlihat dari kisi-kisi bemper depan adalah radiator, padahal itu adalah kondensor AC. Karena bentuknya yang mirip maka sesungguhnya fungsi kondesor juga hampir sama dengan radiator, yaitu melepaskan panas.

Setelah melewati Kondensor maka freon yang telah berwujud cair melewati tabung yang disebut Drier. Fungsi Drier adalah untuk menyaring kotoran (bisa berupa gram partikel besi) dalam sebuah sistem sirkulasi AC. Selain itu pada tabung Drier juga terdapat kaca(sight glass) yang berfungsi untuk memastikan bahwa Freon yang keluar dari kondensor sudah berwujud cair, sebelum memasuk proses berikutnya yaitu pengkabutan freon oleh expansion valve. (Pada mobil-mobil terdahulu tabung Drier dibuat terpisah namun di mobil-mobil modern saat ini tabung Drier dibuat menyatu dengan kondensor).

Thermal Expansion Valve(TXV) atau katup ekspansi menurunkan tekan freon yang tinggi sebelum memasuki Evaporator. Di dalam expansion valve terdapat pushpin yang berfungsi untuk mengatur besar kecilnya bukaan jalur lubang di dalam katup expansi. Pada saat suhu cukup tinggi maka lubang pada expansion valve membesar sehingga mempercepat proses pendinginan ruang kabin. Berbeda halnya bila suhu udara ruangan sudah dingin maka jalur lubang pada expansion valve akan mengecil sehingga pengabutannya pun akan lebih sedikit dibandingkan sebelumnya.

Saat Freon gas dialirkan oleh expansion valve menuju evaporator maka kisi-kisi evaporator menjadi dingin. Dinginnya kisi-kisi evporator tersebut yang kemudian disebarkan oleh kipas blower keseluruh kabin mobil anda sehingga suhu udara ruang kabin menjadi dingin. Sehingga dalam kondisi panas terik dan macet-macetan kita tetap nyaman berada di dalam mobil apalagi mobilnya adalah mobil kita sendiri dan sudah lunas cicilannya.

Namun jika komponen yang bernama Thermistor membaca suhu pada evaporator sudah terlampu dingin maka proses sirkulasi freon akan dihentikan dengan me-non aktifkan  kompresor AC. Caranya adalah Thermistor mengirimkan perintah ke magnetic clutch untuk memutus putaran ke kompresor, sehingga kompresor AC tidak bekerja sementara. Pada saat suhu Evaporator sudah kembali meninggi maka thermistor kembali memerintahkan Magnetic Clutch untuk terhubung sehingga kompresor AC kembali bekerja sehingga suhu kabin tetap sejuk.

Jadi jika AC mobil tidak dingin atau hanya berasa hembusan udara saja maka ada salah satu komponennya yang tidak bekerja dan harus diperiksa langsung ke bengkel AC agar diketahui secara pasti sumber kerusakannya.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+