Pahami Dulu Syarat Kredit Mobil Bekas Sebelum Mengambilnya

0
Showroom Kredit Mobil Bekas di Jakarta-Bekasi

Showroom Kredit Mobil Bekas di Jakarta & Bekasi – Via:Otomotifnet

Memiliki mobil bekas sebagai kendaraan harian tentu merupakan idaman bagi banyak orang yang sudah memiliki penghasilan bulanan. Jika dahulu kredit kendaraan roda empat hanya untuk mobil baru, namun saat ini sudah banyak tersedia layanan kredit mobil bekas yang ditawarkan oleh bank atau lembaga leasing. Beberapa pertimbangan memilih kredit mobil bekas dibandingkan mobil keluaran terbaru adalah kita bisa memiliki mobil dengan kelas yang lebih tinggi walaupun statusnya adalah tangan kedua. Misal, dengan harga 150 jutaan untuk mobil baru kita hanya bisa mendapatkan mobil 7 seater seperti Toyota Calya, tapi jika mobil bekas kita sudah bisa mendapatkan Toyota Avanza atau Suzuki Ertiga bekas dengan umur 2 tahun yang masih relatif baru.

Dengan kredit mobil bekas anda bukan hanya dapat memiliki mobil yang berumur dua tahun, bahkan yang berumur 10 tahun pun dapat anda miliki dengan cara kredit. Namun sebelumnya anda perlu memahami dulu syarat-syarat kedit mobil bekas, yaitu:

  • Foto copy KTP suami+istri(jika sudah menikah)
  • Foto copy Kartu Keluarga
  • NPWP(nomor pokok wajib pajak)
  • Lampiran pajak bumi dan bangunan
  • Foto Copy rekening tabungan atau slip gaji

Syarat Lampiran Pajak Bumi dan Bangunan(PBB) sebenaranya menunjukkan bahwa setiap orang yang mengajukan kredit selayaknya sudah memiliki aset berupa rumah pribadi, namun itu tidak harus. Jika anda ingin mengajukan kredit mobil bekas namun belum memiliki rumah pribadi anda dapat mangajukan seseorang yang telah memiliki rumah sebagai penjamin anda, bisa orang tua, adik atau saudara anda.

Hitung Cermat Cicilan Bulanan dan Kemampuan Keuangan

Hitung Cermat Cicilan Bulanan dan Kemampuan Keuangan

Kredit Mobil Bekas di Bank atau di Lembaga Leasing

Saat ini banyak bank yang telah menyelenggarakan program kredit pemilikan mobil bekas. Biasanya bunga kredit yang ditawarakan oleh bank lebih rendah dari yang ditawarkan leasing. Namun waktu proses untuk pengajuan biasanya lebih lama karena perlu survei di rumah,  berkas-berkasnya juga harus benar-benar komplit dan yang tidak boleh terlewat adalah proses BI checking yang dilakukan oleh bank.

Lain halnya dengan lembaga leasing biasanya aturan yang diterapkan cukup longgar dalam hal persyaratan. Syarat-syarat kredit mobil bekas yang diwajibkan tidak harus kaku, selama review dari mereka memenuhi kriteria maka pengajuan kredit dapat langsung disetujui tanpa banyak persyaratan tambahan. Begitu pula dengan prosesnya, konsumen seperti diisitmewakan sehingga tak perlu bolak-balik ke dealer untuk mengurus berkas-berkasa, semua dikerjakan oleh marketing leasing.

Untuk proses BI Checking tidak semua leasing menerapkannya, ada lembaga leasing yang menerapkan BI checking ada pula yang tidak. Namun bagi yang tidak melakukan BI Checking biasanya mereka melakukan check data ke sesama lembaga leasing apakah calon konsumen tersebut memiliki riwayat kredit macet dalam hal kredit kendaraan sebelumnya.

Kekurangan dari pengajuan kredit melalui lembaga leasing adalah bunga yang dibebankan lebih tinggi jika dibandingkan dengan bank. Selain itu pada setiap proses kredit terdapat biaya-biaya ekstra seperti fiducia, administrasi, dan asuransi.

Opsi Asuransi Yang di Tawarkan

Ketika kita memutuskan untuk mengambil kredit mobil, entah itu baru ataupun bekas maka kita akan disodorkan dengan opsi asuransi yang harus dipilih. Walaupun terkadang angkanya begitu membebankan namun asuransi dalam hal ini sifatnya wajib.

Ini merupakan hal yang wajib karena pihak pemberi kredit berkepentingan dengan mobil yang kita miliki untuk meminimalisir risiko yang mungkin saja terjadi. Bila terjadi hal-hal yang tidak di-inginkan dengan mobil anda, entah itu tabrakan atau hilang karena pencurian, maka pihak asuransi yang akan menanggung nilai kerugian tersebut.

Dalam proses pengajuan kredit mobil bekas pihak leasing akan menawarkan opsi jenis asuransi yang dapat dipilih. Biasanya mereka menawarkan opsi asuransi yang dapat dipilih, yaitu:

  1. Kombinasi, yaitu satu tahun pertama All risk(mencakup insiden, huru-hara, bencana alam dan kehilangan mobil) dan tahun-tahun berikutnya hanya asuransi Total Lost Only(hanya meng-cover kerugian kehilangan kendaraan).
  2. Full asuransi All Risk hingga masa kredit kita selesai. Tentu jika opsi asuransi all risk yang dipilih maka biaya asuransi yang ditanggun akan lebih besar, namun pilihan ini akan lebih baik jika anda belum terlalu lancar mengemudi sehingga jika mengalamai kerusakan karena insiden dapat ditanggung oleh pihak asuransi.

 

Apakah Kredit Mobil Bekas Wajib DP 30%?

Jika anda mengajukan kredit ke Bank dan beberapa lembaga leasing besar Jawabannya adalah iya. Hal tersebut di dasarkan pada Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 14/10/DPNP tahun 2012 yang menegaskan bahwa nilai kredit yang dapat diberikan oleh Bank terhadap nilai agunan(kendaraan bermotor atau rumah) pada saat awal pemberian kredit maksimal senilai 70%.

Itu artinya bahwa 30% dari nilai mobil yang akan di beli harus ditanggung sendiri oleh pembeli, belum ditambah biaya fiducia, administrasi, provisi dan asuransi maka total DP yagn dikeluarkan akan jadi lebih tinggi lagi.

Tabel Simulasi Kredit tenor 4 tahun

Tabel Simulasi Kredit tenor 4 tahun

Namun jangan khawatir saat ini sudah banyak lembaga leasing yang Mas_Mun kenal yang tidak menerapkan aturan tersebut, sehingga kita bisa mengajukan kredit mobil bekas dengan DP rendah, yaitu belasan juta saja bahkan bisa dibawah sepuluh juta rupiah.

Namun perlu juga di garis bawahi, semakin rendah DP kredit mobil bekas yang anda ajukan maka cicilan bulannya akan semakin besar. Jadi jika suatu saat anda membandingkan dua buah mobil tipe yang sama dengan tenor kredit yang sama namun besarnya cicilan bulan berbeda tidak usah heran karena nilai DP yang diajukan berarti juga berbeda.

Topik: lain-lain | Tagged , kredit karimun kotak bekas, proses leasing check mobil bekas, sarat untuk brkas sbum, tabungan estol.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+