Perbedaan Spesifikasi Suzuki Ignis GL dan GX

0
Suzuki Ignis GL Indonesia

Suzuki Ignis GL Indonesia

Spesifikasi Suzuki Ignis – Diluncurkan dengan dua trim atau tipe ‘kasta’ berbeda yaitu GL dan GX membuat beberapa peminat Ignis bingung mana yang harus dipilih. Seperti yang sudah menjadi tradisi penamaan tipe oleh Suzuki bahwa trim GX merupakan varian yang lebih lengkap dari sisi fitur dibanding GL. Namun tidak seperti Karimun, APV ataupun Ertiga yang terdapat tiga trim yaitu GL, GX dan GA, pada Suzuki Ignis Suzuki hanya menawarkan dalam pilihan GX dan GL saja. Walaupun pada beberapa dealer didapati varian Suzuki Ignis GL Ultimate atau Sporty yang merupakan trim GL dengan sedikit penamabahan yang dilakukan oleh dealer berupa pemasangan fog lamp, lampu drl, atap berwarna hitam atau penambahan spoiler belakang.

Baik itu trim GL atau GX pada dasarnya Spesifikasi Suzuki Ignis secara mendasar tidaklah berbeda. Spesifikasinya sama-sama memiliki dimensi body dengan panjang 3,7 meter, dengan lebar 1,6 meter dan tinggi 1,59 meter. Untuk tenaga penggerak yang digunakan keduanya menggunakan mesin seri K12M yang terkenal irit, dengan tenaga yang dihasilkan sebesar 86ps pada 6000 rpm. Sedangkan torsi yang dihasilkan sebesar 113 Newton Meter pada 4200 rpm. Hingga roda-rodanya pun sama persis semuanya, bentuk velg standardnya yang berwarna hitam dan ban sama-sama menggunakan ukuran 175/65 R15. Oh iya ban Suzuki Ignis menggunakan ban produksi Bridgestone tipe Ecopia Ep150. Ignis berpenggerak roda depan atau yang biasa juga disebut front wheel drive.

Lalu apa yang membedakan Antara Suzuki Ignis GL dan Suzuki Ignis GX padahal keduanya memiliki spesifikasi dasar yang sama?

Suzuki Ignis GL

Yang membedakan Suzuki Ignis GL dengan varian diatasnya hanya mengenai oranamen dan fitur-fitur yang sifatnya bukan kebutuhan mendasar, namun untuk transmisi jika anda menginginkan versi transmisi otomatis maka hanya ada pada varian GX. Pada Suzuki Ignis GL pemirsah tidak akan mendapati list chrome yang mengilingi bonet depan, begitu juga fog lamp berikut frame berwarna chrome absen pada bemper depan. Lampu utama tipe GL belum menggunakan tipe projecotor dan tidak dilengkapi dengan lampu DRL.

Interior Suzuki IGNIS tipe GL

Interior Suzuki IGNIS tipe GL

Beralih ke sisi samping, over fender plastik berwarna hitam dof juga absen menghiasi bagian atas lingkar roda, lampu sein tidak terletak di spion melainkan berada di bagian fender dekat roda depan. Rof rails di bagian atap juga belum hadir pada tipe ini. Untuk bagian buritan tidak ada perbedaan berarti, hanya pada Suzuki Ignis Gl belum dilengkapi dengan sensor parkir namun ada opsi aksesoris sensor parkir originial Suzuki(SGA) yang dapat dipesan di dealer.

Suzuki Ignis Bekas GL vs GX

Suzuki Ignis Bekas GL vs GX

Perbedaan Spion IGNIS GX dan GL

Perbedaan Spion IGNIS GX dan GL

Beralih ke bagian Interior perbedaan yang paling mencolok dari spesifikasi Suzuki Ignis GL dan GX ada pada bagian pengaturan AC yang begitu terekspose. Pada Ignis tipe GL pengaturan AC masih menggunakan model putar dan bentuknya tidak semenarik milik GX. Selain itu GL masih menggunakan anak kunci untuk menghidupkan dan mematikan mesin, sedangkan untuk membuka atau mengunci pintu masih menggunakan remote alarm seperti mobil biasanya.

Suzuki Ignis GX

Ini dia trim tertinggi yang ada pada jajaran Suzuki Ignis yang dijual saat ini yaitu tipe GX. Sesungguhnya kelengkapan pada tipe GL sudah cukup untuk sebuah mobil harian, namun jika anda menyenangi mobil dengan fitur lebih lengkap, lebih moderen dan tampilan yang lebih menarik maka Suzuki Ignis GX adalah jawabannya, tentu anda perlu merogoh kocek lebih dalam dengan selisih harga Rp 20juta dibandingkan tipe dibawahnya. Lalu apakah selisih harga sampai 20 juta ini worth it untuk dikeluarkan?

Suzuki Ignis GX AGS Indonesia

Suzuki Ignis GX AGS Indonesia

Perbedaan Interior di Pengaturan AC

Perbedaan Interior di Pengaturan AC

Pada tulisan mengenai Review Suzuki Ignis Indonesia sebelumanya, kami telah mengulas detail interior dan exterior Suzuki Ignis tipe GX yang menurut kami benar-benar merupakan sebuah city car modern saat ini. Jika anda menyenangi fitur-fitur dan oranament kekinian dari sebuah mobil seperti:

  • push start-stop engine buton
  • transmisi otomatis AGS(hanya ada pada tipe GX)
  • pintu dengan sistem keyless
  • AC digital Auto Climate Control
  • Plus pada sisi Exterior sudah terdapat roof rails
  • fog lamp dengan lis chrome
  • over fender dan side skirt berwarna hitam dof
  • cat dual tone
  • dengan lampu sein samping yang terletak pada spion

Maka menurut kami selisih harga Rp 20 juta tidaklah begitu berarti. Namun jika fungsionalitas adalah alasan utama anda dalam memilih kendaraan, maka Suzuki Ignis GL yang lebih ekonomis adalah jawabannya.

Suzuki Ignis Spesifikasi Mesin K12M 1200cc

Suzuki Ignis Spesifikasi Mesin K12M 1200cc

Topik: lain-lain | Tagged , , spesifikasi ignis GL & GX.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+