Review Suzuki Ignis Indonesia Terbaru dan Terlengkap

0
Wujud Suzuki Ignis Versi Indonesia

Wujud Suzuki Ignis Versi Indonesia

Nyaman, Fungsional dibungkus desain body yang unik itulah yang kesan yang muncul pada saat review Suzuki Ignis Indonesia. Suzuki seolah ingin meneruskan tradisi desin unik dan nyeleneh mengikuti pendahulunya di kelas 1200CC, yaitu Splash. Pertama kali dikenalkan pada event GIIAS beberapa tahun silam yang pada saat itu belum diluncurkan, kehadirannya begitu menarik banyak perhatian pengunjung saat itu. Terlebih warna dan bentuk Interior Suzuki Ignis khususnya dashboard begitu out of the box dari desain interior mobil-mobil yang ada di Indonesia. Semakin membuat tercengan begitu diluncurkan Suzuki Ignis di Indonesia harganya tidak sampai menyentuh 200juta. Lalu bagaimana impresi berkendara dengan mobil berdasin unik dan berfitur komplit ini?

Desain Body yang Unik

Desainnya benar-benar baru. Pada saat mobil ini diparkir di dealer Suzuki, mobil-mobil lainnya yang diparkir di sebelahnya seperti terlihat ketinggalan zaman. Kami benar-benar salut dengan desain bodynya. Bagian depan dipenuhi oleh grill. Bakan head lamp seperti berada diantara grille, karena plastik hitam yang menyerupai bentuk grille membingaki head lamp di sisi luar dan bawahnya. Tidak lupa list chrome mengelilingi seluruh plastik grille sehingga muncul kesan mewah.

Desain Lampu Dan Grill Depan Suzuki Ignis

Desain Lampu Dan Grill Depan Suzuki Ignis

Head lamp projector dibingkai dengan LED DRL yang membentuk huruf “U” mengelilingi reflektornya, begitu sangar saat lampu DRL itu hidup. Bentuk kap mesin yang relatif datar dan bemper depan yang memilik tarikan garis tegas dibawah grill membuatnya terlihat gagah. Ditambah overfender plastik berwarna hitam dof disematkan pada bagaian atas roda menambah kesan gagah layaknya mobil-mobil SUV besar.

Desain Garis Body Ignis Yang Unik

Desain Garis Body Ignis Yang Unik

Yang tidak kalah unik jika kita menilik pada bagian pilar C, terdapat garis miring berjumlah tiga seperti lambang Adidas. Namun ternyata bentuk garis miring itu terinspirasi  dari Suzuki Fronte Coupe yang hadir di jepang pada awal tahun 70-an.

Interior Suzuki Ignis

Begitu membuka pintu desain dashboard terasa sangat menyita perhatian pada saat kita berada di dalam interior Suzuki Ignis. Warna Hitam pada bagian atas dan warna putih cerah yang berada di bawahnya. Oh iya tambah satu warna lagi, warna yang sama dengan warna body turut menghiasi interior namun dalam bidang yang tidak terlalu luas yaitu pada bagian sisi kiri-kanan konsol tengah dan grip pada door trim depan.

Suzuki Ignis Interior Dashboard Dual Tone

Suzuki Ignis Interior – Dashboard Dual Tone

Panel Instrument Dengan MID Besar

Panel Instrument Dengan MID Besar

Satu lagi yang begitu menyita perhatian adalah desain tombol AC(Climate Control) pada Suzuki Ignis yang begitu unik. Didesain berbentuk silinder dalam posisi vertikal dengan tombol-tombol yang terletak di bagian bawah seperti tombol di kokpit pesawat, sedangkan tombol pengaturan suhu dan kecepatan kipas blower terdapat di sebelah kanan-kiri display. Sayangnya pengaturan AC secara digital dengan bentuk yang menarik ini hanya terdapat pada Suzuki Ignis tip GX, sedangkan untuk tipe GL Suzuki hanya memberikan pengaturan ac model putar layaknya yang terdapat pada Karimun Estilo bekas.

Ruang Interior Baris Kedua Cukup Lega

Ruang Interior Baris Kedua Cukup Lega

Ruang Bagasi Ignis Lebih Besar Dari Brio

Ruang Bagasi Ignis Lebih Besar Dari Brio

Jok Belakang Dapat Dilipat Sebagian

Jok Belakang Dapat Dilipat Sebagian

Performa Mesin Suzuki Ignis

Suzuki Ignis menggunakan mesin berkode K12M yang serupa dengan Suzuki Splash, namun anda jangan terkecoh. Tradisi pabrikan Suzuki sedikit berbeda dengan katakanlah Pabrikan Toyota yang selama kode mesinnya sama maka semua kompenennya sama persis. Di Suzuki ketika kode mesinnya sama bukan berarti semua komponen internal di dalam mesin semuanya sama, perlu dilihat tahun dan tipe mobilnya terlebih dahulu.

Mesin Ignis Menggunakan K12M Mirip Splash

Mesin Ignis Menggunakan K12M Mirip Splash

Contoh: Mesin K10B Pada Suzuki Karimun Estilo tidak sama persis dengan K10B pada Karimun Wagon R GS, Mesin K14B pada Suzuki Ertiga generasi awal tidak sama persis pada New Ertiga, dan kali ini K12M pada Suzuki Splash tidak sama persis dengan mesin milik Suzuki Ignis. Biasanya perbedaan terdapat pada bagian silinder ke atas.

Lalu bagaimana performa mesin baru K12M? Menurut kami tidak seagresif kompetitornya di kelas 1200cc yaitu Honda Brio, namun cukup untuk penggunaan harian. Bayangkan, bobot suzuki Ignis hanya 850Kg(transmisi Manual), itu adalah bobot yang sama dengan Karimun Estilo. Namun tenaga dari mesin Suzuki Ignis Indonesia menghasilkan tenaga 15hp lebih besar dibandingkan mesin Karimun Estilo, sehingga walaupun dimensi body-nya lebih besar namun akselerasinya lebih ringan.

Transmisi Manual atau Otomatis?

Suzuki Ignis bertransmisi otomatis menggunakan transmisi AGS(Auto Gear Shift) layaknya Karimun Wagon R, yang dapat dipilih mode manual atau otomatis. Kami sudah pernah mengulasnya, point dari transmisi ini adalah transmisi manual yang dilengkapi dengan actuator hidraulik yang kerjanya diperintah oleh komputer. Menurut MasMun ini transmisi yang sangat cocok untuk kondisi dalam kota yang macet terutama di Jakarta yang macetnya sudah sangat parah. Perlu diingat tidak ada mode sport atau eco(hemat) pada transmisi AGS ini.

Bentuk Lampu dan Bemper Belakang Unik

Bentuk Lampu dan Bemper Belakang Unik

Ketika anda berada di mode otomatis maka itu adalah mode hemat, penggantian gigi ke posisi yang lebih tinggi konsisten dilakukan secara otomatis pada putaran mesin 2000 rpm. Geser ke mode manual dan anda bisa menaikan-turunkan posisi gigi sesuai kehendak anda. Meskipun transmisi AGS dapat dioperasikan ke mode manual(tanpa pedal kopling) tetap ada jeda sekitar 2 detik setiap kita menaikan atau menurunkan posisi gigi sehingga terasa kurang natural.

Jadi pilih Manual atau Otomatis AGS? Pilih Manual jika kota ditempat tinggal anda tidak selalu macet parah karena toh pedal kopling Suzuki Ignis manual terasa ringan dan. Dan pilihlah Suzuki Ignis spesifikasi transmisi Otomatis AGS jika kemacaetan di Kota anda sudah parah layaknya kota Jakarta.

Topik: lain-lain | Tagged , , , .

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+