Detail Lengkap Mengenai Samsat Online Nasional

0
Samsat Online Nasional Yang Terintegrasi

Samsat Online Nasional Yang Terintegrasi

Dengan kata online kita terbayang kemudahan dalam mengkases informasi, dalam hal ini Samsat online Nasional bisa memberi kita kemudahan dalam mengkases pajak kendaraan yang tertanggung dan juga kemudahan cara pembayarannya tanpa perlu untuk hadir.

Sebagai contoh, bagi penduduk dengan KTP kabupaten Bekasi yang sibuk bekerja di Jakarta dapat mengurus pajak STNK kendaraannya di Samsat Online Jakarta karena sudah ada integrasi sistem administrasi Samsat antara jakarta, Jawa Barat dan provinsi Banten(Tangerang pada khususnya).

Namun Sayangnya sistem Samsat online Nasional belum menjamah seluruh Indonesia. Selain di Ibu Kota Jakarta, Samsat nasional yang sudah menerapkan sistem online baru beberapa provinsi saja, yaitu Timur, Jawa tengah, Jawa Barat dan Aceh.

Samsat Online Jakarta

Ulasan lengkpanya dapat anda baca di halaman berikut ini Samsat Online Jakarta.

Samsat Online Jawa Tengah

Mengenai Samsat di daerah hukum Jawa Tengah bisa di baca di halaman berikut Samsat Online Jateng.

Samsat Jawa Timur

Pembayaran pajak tahunan tidak hanya melalui ATM, namun dapat dibayar melalui mobil banking atau datang langsung ke teller Bank Jatim. Berikut ini kami ulas langkah-langkahnya.

  1. Daftar dahulu dengan akses di www.esamsat.jatimprov.go.id
  2. Pilih lokasi kendaraan Anda terdaftar
  3. Pilih Samsat awal kendaraan Anda terdaftar
  4. Masukkan Nomer Polisi yang akan dibayar dan Kode acak yang tersedia
  5. Akan muncul tampilan informasi pembayaran PKB yang harus dibayar
  6. Website akan menampilkan identifikasi kepemilikan
  7. Masukkan Nomor Rangka & Nomor BPKB
  8. Pilih Samsat untuk pengesahan STNK dan Pilih Bank sebagai tempat pembayaran.
  9. Anda akan mendapatkan kode booking pembayaran (Kode Bayar) yang bisa digunakan untuk membayar di ATM bank atau teller Bank Jatim.
  10. Jika anda sudah bayar, Anda akan menerima kertas bukti pembayaran yang bisa digunakan untuk melakukan pengesahan STNK dan pencetakan Notice PKB di lokasi samsat yang telah di pilih sebelumnya dengan membawa BPKB, STNK dan KTP Asli maksimal 7 hari setelah dilakukan pembayaran.

 
Samsat Jawa Barat

Walaupun prosesnya melalui online, namun tetap harus dilakukan di Samsat terdekat. Contohnya: orang tinggal di Bekasi namun STNK nya dari Samsat Cirebon, maka tidak perlu ke Cirebon, dapat mengurus di Bekasi. Samsat Online Terpadu Polda Jawa Barat buka setiap hari kerja, dari pukul 08.00-16.00 WIB.

Wilayahnya antara lain:

  • Wilayah Polda Jabar: Seluruh Samsat Polda Jabar
  • Wilayah Polda Metro Jaya: Samsat Bekasi dan Samsat Cikarang

Tim Pembina Samsat Jawa Barat telah melakukan inovasi dengan membuat E-Samsat yang menggandeng beberapa bank. Sehingga nasabah dapat melakukan pembayaran melalui 64.000 jaringan ATM-ATM Bank (Bank BJB, Bank BNI, Bank BCA, atau Bank BRI) yang telah bekerja sama di seluruh wilayah Indonesia.

Berikut ini adalah langkah-langkah pembayaran STNK melalui Samsat Online Jawa Barat:

  1. Kirim SMS ke 0811 211 9211 (SMS Gateway Server Dispenda Aplikasi Samsat). Ketik sms dengan format: esamsat[spasi] no.rangka[spasi]NIK/KTP 
  2. Lakukan pengecekan status data NIK/KTP, curanmor, dan blokir ke server Polda.
  3. SMS balasan yang dikirim isinya: kode bayar, data kendaraan, dan jumlah tagihan.
  4. Jika data kendaraan dan jumlah penetapan sudah disepakati, maka wajib pajak dapat membayarnya di ATM Bank yang telah bekerjasama.
  5. Ikuti langkah pembayaran di ATM dengan cara memilih Menu Lainnya -> Pajak/Retribusi Provinsi Jawa Barat -> Pajak Kendaraan Lalu, masukkan kode pembayarannya atau Kode Provinsi+Masa Berlaku PJK. Contoh Kode Bayar: 3212010712150XXX
  6. Lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah nilai yang tertera di layar ATM,  lalu Anda akan mendapatkan struk tanda bukti bayar pajak serta memperoleh SMS konfirmasi pembayaran pajak motor.
  7. Kemudian datang ke kantor Samsat untuk menukar struk pembayaran dengan SKPD di semua kantor layanan samsat terdekat di kota anda.

Walaupun Samsat Onlilne Nasional pada tahun 2018 ini belum menjangkau seluruh Samsat di semua provinsi atau kabupaten di Indonesia, diharapkan pada tahun-tahun kedepan sistem ini sudah dapat diterapkan secara nasional agar masyarakat lebih mudah dalam mebayarkan kewajiban pajak kendaraannya.

Topik: lain-lain | Tagged , tarif pajak stnk tahunan mobil suzuki ertiga tahun 2016 wilayah cirebon jawa barat, Karimun 2018 bisa pakai ktp luar daerah.

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+