Mengenal Detail Perbedaan Suzuki Ertiga Dreza GS

0
Tampilan Bemper Depan Kontroversi

Tampilan Bemper Depan Kontroversi

Layaknya mobil-mobil di kelas Low MPV ada tipe paling mewah untuk masing-masing pabrikan, sebut saja tipe Veloz di Toyota Avanza atau Mobilio RS di pabrikan Honda. Nah untuk Ertiga ada Suzuki Ertiga Dreza yang merupakan varian termewah yang dilaunching pada tahun 2016 lalu. Pada generasi awal sebelum Suzuki Ertiga 2018 sempat memiliki varian tertinggi yang diberi nama Ertiga Elegant, namun sejak dilakukan facelift(penyegaran) tampilan di tahun 2015 varian Elegant tidak ada lagi dan digantikan dengan Suzuki Ertiga Dreza. Lalu apa saja perbedaan tipe tertinggi ini jika dibandingkan dengan yang tipe GX atau GL?

Body Ertiga Dreza – Bemper Kontroversial

Bagian yang paling menyita perhatian dari Suzuki Ertiga Dreza dibandingan di tipe GX adalah bemper depannya. Bentuk lubang kisi-kisi udara pada bemper depan terlihat aneh,  ditambah list berwarna chrome yang mengelilingi lubang-lubang itu. Namun yang namanya desain adalah masalah selera, ada yang senang dengan desain tersebut ada pula yang mengerenyitkan dahi ketika melihat bemper depannya.

Desain Bagian Depan Bukan Selera Semua Orang

Desain Bagian Depan Bukan Selera Semua Orang

Motif Velg Ertiga Dreza

Motif Velg Ertiga Dreza

Sebelum kita mengulas detail-detail ornamen tambahan yang terdapat pada body Suzuki Ertiga Dreza, Mas_Mun akan menginfokan bahwa sebetulnya New Ertiga Dreza ini ada dua jenis. Yang pertama adalah Ertiga Dreza, dan yang kedua adalah Ertiga Dreza GS. Sebagai trim termewah maka Suzuki melakukan perubahan pada Dreza agar tampilannya lebih eye catching(menarik) dibandingkan tipe GX atau GL. Perubahan di body tentu paling banyak dilakukan utamanya di Bemper depan,  penambahan spoiler di atas kaca belakang, dan penambahan list di bemper belakang juga di sepanjang bawah pintu. Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat foto di bawah ini.

Brosur Suzuki Ertiga Dreza 2018

Brosur Suzuki Ertiga Dreza 2018

Yang Membedakan Ertiga Dreza yang menggunakan embel-embel GS ada pada exterior dan interiornya. Jika yang GS list di exterior menggunakan chrome sedangkan yang tanpa embel-embel GS list di sekitar bemper depan, body samping dan belakang menggunakan warna silver. Sedangkan pada interiornya yang GS sudah menggunakan head unit yang diberi nama AVN (Audio Video Navigation). Layarnya sudah menggunakan teknologi layar sentuh Capacitive berukuran 9 inci, dengan sistem operasi Android 4.1. Fitur-fitur pada  AVN (Audio Video Navigation) pada Suzuki Ertiga Dreza GS koneksi Bluetooth, navigasi, audio video, smartphone mirroring, voice command serta resolusi HD. Sayangnya head unit ini hanya terdapat pada Dreza GS saja.

Interior Suzuki Ertiga Dreza Lebih Mewah

Yang kami sukai dari interior Suzuki Ertiga Dreza GS selain head unit AVN (Audio Video Navigation)-nya adalah kain cover pembungkus jok dan door trim-nya, bahannya bludru lembut dan warnanya mewah. Rasanya sayang jika harus membungkus kain jok istimewa seperti ini dengan cover jok yang berbahan sintetis seperti bahan MB-Tech, karena kemewahan dan kelembutannya akan hilang. Namun jika tidak diberi cover akan cepat kotor terutama jika kita memiliki anak kecil.

Interior Suzuki Ertiga Dreza Mewah Layar 9 inch

Interior Suzuki Ertiga Dreza Mewah Layar 9 inch

Interior Dreza GS Lebih Elegant

Interior Dreza GS Lebih Elegant

Interior Belakang Kain Pembungkus Jok Warna Lebih Gelap

Interior Belakang Kain Pembungkus Jok Warna Lebih Gelap

Door Trim Dengan Kain Sewarna Jok Dan Wood Panel

Door Trim Dengan Kain Sewarna Jok Dan Wood Panel

Jok-nya two-tone, dengan warna gelap di sisi kanan-kiri dan belakang sedangankan alas duduk bagian tengah berwarna sedikit lebih terang dengan corak garis bergelombang. Bahan kain dengan pola garis bergelombang ini juga digunakan pada door trim-nya kemudian dipadu dengan aksen wood panel lebar di door trim depan dan sedikit aksen wood panel di bagian dashboard menjadikannya terkesan lebih mewah. Selebihnya tidak ada perbedaan berarti dibandingkan Ertiga biasa tipe GX kecuali penampahan speaker kecil(tweeter) pada bagian atas dashboard yang justru menghilang di Ertiga tipe GX.

Kesimpulan

Body Samping Dreza GS Dengan Garnish Chrome

Body Samping Dreza GS Dengan Garnish Chrome

Jadi bagaimana menurut pemirsah dengan ubahan-ubahan yang dilakukan oleh Suzuki pada varian tertinggi pada Ertiga? Body-nya yang lebih eye catching walaupun hanya dengan ubahan pada bagian bemper, velg dan spoiler bukan merupakan selera semua orang. Ada yang mencibir ada pula yang menyukainya, desain adalah tentang selera setiap orang. Namun kami yakin ubahan yang dilakukan pada bagian Interior Suzuki Ertiga Dreza menjadikannya lebih mewah dan nyaman sehingga mungkin mayoritas dari kita akan menyukainya. Ditambah lagi pada tipe GS telah dilengkapi dengan head unit dengan sistem operasi Andorid dan teknologi capacitive touch screen yang membuatnya lebih kaya fitur.

Topik: lain-lain | Tagged , , .

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+