Wow Terbaru Ini Dia tampang Suzuki Ertiga 2018

0
Foto Suzuki Ertiga 2018

Foto Suzuki Ertiga 2018

Sejak diluncurkan tahun 2012 mobil di katergori LMPV andalan pabrikan Suzuki ini baru sekali mengalami sedikit perubahan tampilan di 2015, namun di tahun ini terjadi perubahan total dan inilah dia tampilan Suzuki Ertiga 2018. Berbeda pada perbahan sebelumnya yang hanya mengalami perubahan ringan(facelift), sedangkan saat ini terjadi perubahan total atau kita biasa menyebutnya dengan major change pada All New Ertiga tahun 2018.

Disebut sebagai major change karena All new Suzuki Ertiga 2018 mengalami perubahan disegala sektor, dari mesin, body, chasis, hingga fitur keselamatan. Sebut saja Body, bukan hanya body luarnya saja yang mengalami perubahan, namunhingga bagian tak terlihat yaitu chasis utamanya juga berubah yang kini menggunakan struktur chasis terbaru yaitu Heartech Platform. Perubahan yang paling nampak mudah dijumpai adalah panjang keseluruhan pada Ertiga baru ini mengalami penambahan, panjang bodynya bertambah panjang hingga 13cm sehingga bagasinya kini lebih lapang.

Tampak luar seluruh bagian body Suzuki Ertiga 2018 terbaru mengalami penyegeran di semua sisi. Di bagian depan terlihat garis-garis tegas yang lebih menyiku dari lampu hingga ke bemper, berbeda dengan generasi Ertiga sebelumnya dengan bentuk lebih membulat tanpa terlihat lancip. Perubahan dominan tampak pada lampu depan dan belakang. Bentuk lampu depannya mengingatkan kita pada Toyota Kijang Innova Reborn, sedangkan lampu belakangnya mengingatkan kita pada sang rival, siapa lagi kalau bukan Mitsubishi Xpander. Cekungan pada bemper depan di sekitar Fog Lamp terlihat begitu dalam dan atraktif. Lampu depan didesain seolah menyatu dengan grill dibagian tengah yang terlihat sederhana dengan menonjolkan garis lurus vertikal.

Lampu Bemper dan Grill Desain Baru

Lampu Bemper dan Grill Desain Baru

All New Ertiga Tipe GX

All New Ertiga Tipe GX

Wujud Asli Suzuki Ertiga 2018

Wujud Asli Suzuki Ertiga 2018

Desain Lampu Belakang Lebih Fresh

Desain Lampu Belakang Lebih Fresh

Kondisi Kursi Ertiga Baris Ketiga Dilipat

Kondisi Kursi Ertiga Baris Ketiga Dilipat

Beralih ke bagian samping terdapat lekukan garis tegah yang menjulur dari fender depan hingga menyambung ke sisi samping lampu belakang.  Lekukan seperti ini tampak menyerupai lekukan bodu samping yang ada pada Honda Jazz generasi saat ini. Ada detail kecil sederhana namun menarik dibagian samping, yaitu di bagian berwarna hitam dof berbentuk segitiga lancip yang ada di depan spion. Selain itu kaca belakang baris ke tiga menggunakan desain floating menyambung hingga kaca belakang, desain yang lagi ngetrend saat ini seperti yang sudah diaplikasikan oleh rival-rivalnya di kelas Low MPV yaitu Honda Mobilio dan Xpander. Jangan-jangan Toyota Avanza terbaru pun akan menggunakan desain floating roof? 😀

Suzuki masih melanjutkan tradisi lampu belakang yang memanjang hingga ke sisi samping layaknya lampu Ertiga awal dan Suzuki APV. Namun pada lampu belakang Suzuki Ertiga 2018 terbaru reflektor lampu tidak hanya memanjang ke samping tapi juga ke bagian atas, sehingga lagi-lagi terlihat menyerupai lampu belakang Xpander. Sedangkan pada bagian pintu bagasi jika pada generasi sebelumnya hanya menggunakan garnish berbentuk memanjang dengan list chrome besar bertulisakn ERTIGA, Saat ini terdapat lampu mundur di pintu bagasi dan list berwarna chrome tampak lebih kecil sehingga terlihat lebih proporsional.

Interior Lebih Lega dan Elegant

Ruang kabin pada generasi Ertiga terbaru terasa lebih lapang dengan tetap mempertahankan dominasi warna cerah pada area kabin. Dashboard barunya memiliki kesan bertumpuk tiga lapis. Bagian atas berwarna lebih gelap, kemudian di tengahnya bermotif kayu(hanya pada tipe GX) dan pada bagian paling bawah berwarna cerah sewarna dengan bagian interior lainnya. Permukaan dashboard bagian atas terlihat sangat datar dan panjang dengan kisi-kisi AC yang mengarah ke kaca samping di bagian ujung kiri-kanannya.

Bentuk Setir Ertiga Baru Seperti BMW M Series

Bentuk Setir Ertiga Baru Seperti BMW M Series

Desain Dashboard All New Ertiga

Desain Dashboard All New Ertiga

Ruang Bagasi Kini Lebih Lapang

Ruang Bagasi Kini Lebih Lapang

Ertiga terbaru sudah menggunakan system keyless entry dan untuk menyalakan mesin sudah menggunakan Engine Start-Stop Botton sehingga tidak perlu memutar anak kunci saat menstater mesin.

Pada bagian panel instrument tidak ada perubahan berarti dari generasi sebelumnya. Speedometer disebelah kiri dan tachometer(RPM) disebelah kanan mengapit layar MID(Multi Information Display) di bagian tengahnya. Bagian yang Mas_Mun senang adalah bentuk setir barunya dengan bagian tengahnya yang berbentuk bulat, mengingatkan kami pada bentuk setir BMW M Series. Setir dengan jaitan di sekelilingnya ditambah aksen kayu, dan tombol bluetooth telephone(GX) membuatnya terasa mewah.

Pada bagian tengah dashboard terdapat head unit dengan desain floating seperti yang terdapat pada Suzuki Ignis. Namun sayangnya pada varian GX head unit-nya masih menggunakan JVC after market yang layarnya terlihat jadi kecil, karena desain bingkai head unit floating ini disekelilingnya sudah cukup tebal. Masih di bagian tengah kami sangat sedih dengan knob-knob pengaturan AC yang sangat terlihat murahan, ini bertentangan dengan wood panel dan desain setir yang sudah terlihat mewah.

Mas_Mun sadar bahwa pabrikan perlu melakukan efisiensi, tidak semua komponen dalam mobil bisa dibuat mewah karena tentu harganya akan melambung. Tapi paling tidak jika masih belum memungkinkan menggunakan cliamte control(pengaturan AC digital) karena efisiensi, bisa didesain knob pengaturan AC manual yang lebih bagus tampilannya.

Mesin Baru Suzuki Ertiga 2018 – K15B

Mesin Suzuki Ertiga 2018 menggunakan mesin dengan kode K15B yang berkapasitas 1500c, 4 silinder segaris yagn dapat menghasilkan tenaga sebesar 104,7ps di putaran mesin 6000rpm. Sedangkan torsinya sebesar 138Nm pada putaran mesin 4400 rpm. Sekedar gambaran, mesin berkode awalan K pertama kali digunakan di Indonesia pada Karimun Estilo bekas yaitu mesin berkode k10B. Ciri khas mesin seri K adalah mesin berukuran kompak, menggunakan bahan campuran aluminium dan memiliki jarak antar komponen yang lebih rapat sehingga oli yang digunakna cukup encer.

Namun jangan dikira mesin ini menggunakan basis dari mesin Ertiga lawas yang berkapasitas 1400cc, seperti tradisi Suzuki, ketika berhubungan dengan perubahan Mesin maka perubahannya cukup banyak. Bahkan perubahan total untuk di mesin K15B ini, jadi jangan berharap spare part-nya bisa tukar pakai dengan mesin Ertiga lawas yang berkode K14B.

Mesin K15B New Suzuki Ertiga DOHC 1500cc

Mesin K15B New Suzuki Ertiga DOHC 1500cc

Mesin K15B suzuki ini berkonfigurasi 4 silinder segaris, DOHC, memiliki 16 katup, dengan langkah piston(Stroke 85mm) yang lebih panjang dari diameter-nya(Bore 74mm). Sehingga karakter mesinnya enak untuk Stop anda Go di putaran bawah. Jika Kapasitas mesin Ertiga baru ini naik 100cc, namun untuk perbandingan kompresi justru turun menjadi 10,5:1 jika dibandingkan mesin Suzuki Ertiga K14B yang sesudah facelift(keluaran mulai tahun 2015).

Untuk tampilan mesin sendiri mirip dengan mesin lama-nya, mesin DOHC dengan cover kepala silinder yang sudah menggunakan bahan resin berwarna hitam. Namun pada New Ertiga terbaru ini terlihat sedikit kurang rapih karena box air filter-nya hanya berukuran kecil sehingga tidak menutupi cover kepala silinder layaknya yang ada pada Ertiga lawas. Oh iya ada Inovasi yang dilakukan pada mesin Suzuki Ertiga 2018 terbaru ini, pada mesin K15B tidak ada lagi adjuster untuk menyetel ketegangan belt kompresor AC. Jadi pulley dari crank shaft mesin langsung memutar pulley magnet clutch kompresor AC dibagian kanan-nya, tujuannya adalah agar putaran mesin lebih ringan sehingga konsumsi BBM dapat lebih hemat.

Brosur New Suzuki Ertiga 2018

Brosur New Suzuki Ertiga 2018

Interior Suzuki Ertiga 2018 Terbaru

Interior Suzuki Ertiga 2018 Terbaru

Kesimpulan

Dengan desain body yang baru secara keseluruhan ditambah mesin baru yang lebih bertenaga tentu menjadi daya tarik utama, terlebih jika kenaikan harga Suzuki Ertiga 2018 tidak akan terpaut jauh dari yang generasi sebelumnya. Namun tentu untuk menekan harga agar tidak terlalu tinggi Suzuki menerapkan “jurus” penghematan seperti menyunat beberapa fitur yang ada pada generasi sebelumnya. Seperti pengaturan ketinggian seatbelt di jok depan, hand grip model konvensional yang hanya ada di baris satu dan dua, pengaturan sirkulasi udara kabin yang beralih model knob manual, arm rest di jok tengah yang hilang, Fog lamp yang menghilang di Ertiga tipe GL.

Topik: lain-lain | Tagged , .

Add comment

Email address will not be published. Required fields are marked with


+