Ini Dia All-New Nissan Livina Yang Baru Launching di 2019

0

Kisi-kisi informasi yang telaha lama beredar mengatakan bahwa Nissan Grand Livina terbaru akan menggunakan plaform yang sama dengan Mitsubishi Xpander akhirnya terbukti sudah mbah bro. Yups di bulan Februari 2019 ini petinggi Nissan Motor Indonesia resmi meluncurkan Livina terbaru, yang berbagi platform dengan Expander. Namun yang perlu di catat saat ini namanya berubah menjadi All-New Nissan Livina, tanpa embel-embel “Grand” di tengahnya padahal ini adalah mobil dengan konfigurasi 3 baris tempat duduk. Loh memang kenapa? Nanti akan kita bahas lebih lanjut mbah Bro.

All New Nissan Grand Livina Baru

All New Nissan Grand Livina Baru

Kenapa bisa sama?

Mungkin akan timbul pertanyaan dalam benak Mbah Bro sekalian, Kok bisa Grand Livina terbaru yang diberi nama All-New Nissan Livina ini menggunakan platform yang sama dengan Mitsubishi Expander?  Jadi begini latar belakang, pada tahun 2017 silam aliansi Nissan-Renault memutuskan untuk membeli saham Mitsubishi sebesar 34%. Jadi sekitar 1/3 saham Mitsubishi Motors yang berkantor pusat di Tokyo, Jepang itu telah dimiliki oleh aliansi Nissan-Renault. Nissan dan Renault sendiri pun sudah bergabung sejak tahun 1999.

Lalu apa donk tujuan Nissan Mengakuisisi Mitsubishi? Di kutip dari artikel Kompas.com pada April 2017 dikatakan bahwa tujuan dari akuisisi ini adalah kedua belah pihak akan mendapatkan akses penuh terhadap teknologi dan paltform yang dimiliki oleh masing-masing pabrikan. Nggak pakai lama, belum genap berselang dua tahun Mbah Bro komitmen kedua pasangan baru itu langsung dibuktikan dengan berojol-nya All New Nissan Livina yang berbagi platform dengan Mitsu Xpander,, mantul to mbah Bro.

Sejarah Livina di Indonesia

Sebelum mengulas keluaran terbaru sedikit kami akan mengulas tentang sejarah kelahiran Livina di tanah air tercinta ini. Nissan Motor Indonesia(NMI) meluncurkan Grand Livina pada tahun 2007, sudah cukup lama juga ya. Pada Saat itu pasar MPV modern belumlah seramai sekarang. Hanya ada Innova, Avanza dan saudara kandungnya yaitu Xenia, Suzuki Ertiga tahun segitu pun belum lahir Mbah. Grand Livina langsung mengisi gap antara Avanza dan Innova, belum ada pabrikan pesaing lainnya di segmen modern MPV ini, akibatnya demand Grand Livina saat itu meledak. Plant NMI di Purwakarta, Jawa Barat kewalahan memproduksi mobil penumpang keluaran terbaru, saat itu calon pembeli harus inden hingga setengah tahun lebih, Weleh-weleh.

Interior Nissan Livina Sama Dengan Xpander

Interior Nissan Livina Sama Dengan Xpander

Ingat ya, yang kita bahas diatas adalah Grand Livina, yang memiliki konfigurasi kursi 3 baris dan masuk ke kategori MPV. Nah gak berapa lama tepatnya di awal tahun 2008 NMI meluncurkan Livina XR yang hanya memiliki dua baris kursi dan masuk ke kategoti hatchback, bersaing dengan Jazz, Suzuki Swift, Yaris dan Sirion pada saat itu.

Penggunaan nama tamabahan Grand diawal merujuk kepada body yang lebih panjang dan kursi berjumlah tiga baris. Namun Mbah Bro saat peluncuran di tahun 2019 ini Livina dengan 3 baris kursi tidak lagi menggunakan kata Grand pada penamaannya, melainkan hanya All-New Livina. Kami memprediksi Nissan tidak akan mengeluarkan lagi Livina XR yang masuk kategori Hatchback, selain karena memang tidak ada platform Mitsubishi Xpander versi pendek, penjualan dari Livina XR pun amat sedikit.

Grille Depan All New Nissan Livina 2019

Grille Depan All New Nissan Livina 2019

Perbedaan All-New Livina vs Xpander

Nah sekarang yuk kita bahas detail perbedaan dari All-New Nissan Livina dengan Mitsubishi Xpander Mbah Bro, dibekali mesin 1500 cc  4 silinder segaris. Ya nggak ada yang beda sih dengan Saudara kandungnya yang berlogo tiga berlian. Yang lebih penting kita bahas adalah perbedaan kosmetik tampilan dan harga Nissan Livina terbaru dibanding saudara kandungnya.

Body

Dimulai dari tampilan depan, inilah bagian yang tampak sangat berbeda. Posisi lampu tetap berada di bemper depan dan yang bagian atas tetap lampu DRL, tapi yang membedaan adalah bentuk grill-nya dan bemper bagian bawah. Tampil dengan ciri khas Nissan terbaru grill berbentuk V tebal, seperti yang sudah diterapkan juga pada SUV terbarunya yaitu Tera. Dibagian bawah bemper terdapat list berwarna silver dan di atasnya terdapat Fog Lamp berbentuk trapesium terbalik.

Tampak Samping Grand Livina Baru

Tampak Samping Grand Livina Baru

Di bagian samping nampaknya tidak ada yang berbeda dengan Xpander selain bentuk palang velg-nya. Namun jika dicermati ternyata siluet body di pintu depan sedikit berbeda. Pada Xpander ujung depan siluet samping tertekuk patah ke bawa, di All-New Livina siluet samping melandai halus ke bawah tanpa tekukan. Untuk bagian buritan tidak ada perubahan seginifikan selain lampu belakangnya yang sudah menggunakan LED dan terekesan jadi seperti mobil mahal. Entah kenapa untuk urusan desain body ini walaupun hanya perbedaan minor, kami lebih senang exterior Livina.

Interior Baru Livina Two Tone Gelap

Interior Baru Livina Two Tone Gelap

Interior

Kekurangan dari interior Xpander adalah warnanya gading interiornya yang terlalu terang. Memang bagus karena terkesan elegan, tapi kalau mobil digunakan sehari-sehari lebih mudah terlihat kotor. Apalagi kalau jok-nya tidak dicover dengan bahan sintetis seperti MB-Tech, wah hitungan bulan saja pasti sudah muncul bercak noda berbentuk pulau di kain jok yang susah dibersihkan. ☹

Nah pada interior All-New Livina ini warnanya berbeda total, yang berbeda hanya warnanya loh ya. Nuansanya lebih gelap karena didominasi warna hitam dan coklat. Keuntungannya adalah interior jadi tidak mudah terlihat kotor, namun kesan elegan-nya jadi jauh berkurang.

Jadi Gimana Mbah Bro lebih senang Xpander yang asli atau yang menggunakan badge Nissan? Berikutnya akan kami bahas mengenai harga dan tipe yang tersedia untuk All-New Nissan Livina ini. Stay tune ya mbah.

Topik: lain-lain | Tagged , , , all new grand livina terbaru, nissan livina konfigurasi.

Tambah Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Nama & Email wajib di isi


+