Perawatan Rem Mobil Cakram dan Tromol

11
Perawatan Rem Mobil di Bengkel

Perawatan rutin rem mobil meliputi penggantian, pengecekan dan pembersihan

Jarang dari pemiliki mobil yang memperhatikan perawatan rem, kebanyakan dari kita hanya mengurusi rem hanya ketika sudah timbul masalah. Padahal rem mobil membutuhkan perawatan, terutama yang berjenis tromol. Terlebih bagi yang baru memiliki mobil bekas tapi tidak mengetahui riwayat service mobil sebelumnya maka jangan sampai luput untuk memperhatikan perawatan rem.

Ingat pada artikel sebelumnya mengenai rem tromol yang memiliki kelemahan dibandingkan mekanisme berjenis cakram. Yaitu lebih lambat dalam melepas panas, lebih susah melepaskan debu residu sisa kampas dan lebih sulit mengecek ketebalan kampas rem sehingga membutuhkan perawatan yang lebih.

Perawatan rem mobil yang dianjurkan

Perawatan rem mobil itu sendiri pada dasarnya meliputi:

  1. Penggantian minyak rem
  2. Pengecekkan yang meliputi selang, piringan cakram, rumah tromol, kaliper, wheel cylinder
  3. Pembersihan bagian dalam rumah teromol dan yang utama adalah kampas rem.

Periode penggantian minyak rem(brake fluid) menurut standard pabrikan mobil berbeda-beda. Jika Suzuki menganjurkan penggantian minyak rem setiap 20.000 kilometer, maka Toyota dan Nissan merekomendasikan penggantian setiap 40.000 kilometer.

Ketika melakukan penggantian brake fluid sekaligus akan dilakukan pengecekkan dan pembersihan. Pada rem bertipe cakram, pembersihan dilakukan dengan melepas kaliper rem dan mencopot kampas untuk dibersihkan. Sedangkan pada tipe tromol dilakukan dengan membuka rumah tromol kemudian diikuti dengan membersihkan bagian dalam rumah tromol dan kampasnya.

Bubut Permukaan Rem Cakram yang Tidak Rata

Bubut Permukaan Rem Cakram yang Tidak Rata

Masalah-masalah yang lazim terjadi pada Rem

  • Sil piston master silinder koyak.
    Rusaknya bagian ini menyebabkan pedal rem terasa loss ketika ditekan dan daya pengereman akan jauh berkurang, jika dibiarkan biasanya kerusakan akan merambat kebagian lainnya, yaitu akan menyebabkan dinding silinder terjadi baret.
  • Kebocaran minyak rem atau karat di piston silinder tromol.
    Kebocoran dapat diatasi dengan mengganti karet boot set-nya(milik karimun estilo seharga: Rp 84.000), namun jika terjadi karat yang menyebabkan rem tromol macet maka dianjurkan mengganti utuh silinder assy tromol belakang(seharga: Rp 240.000).
  • Rem berbunyi.
    Kemungkinan disebabkan oleh kampas yang telah habis atau terdapat kotoran di kampas rem. Kotoran bisa muncul dan mengendap setalah melewati genangan air banjir atau debu residu kampas yang menumpuk akibat tidak pernah dibersihkan.
  • Mobil bergetar ketika di rem.
    Dapat terjadi karena permukaan piringan cakram atau rumah tromol sudah tidak rata lagi. Goresan pada permukaan disc tidak menunjukkan kerusakan. Namun jika goresannya dalam atau ada di seluruh permukaan disc, harus diganti. Jika hanya satu sisi saja yang tergores, masih dapat di perbaiki dengan cara membubut piringan cakram.

 

Bubut Piringan Cakram dan Rumah Tromol

Kami menyarankan pembubutan pada piringan cakram selama ketebalan cakram masih cukup tebal. Sebagai contoh, ketebalan cakram standar milik Karimun Estilo adalah 17 mm (0.67 inch) dengan limit kondisi penggantian(menurut standard Suzuki) jika ketebalnnya tinggal 15 mm (0.59 inch), berarti pembubutan dapat dilakukan selama ketebalan cakram masih dalam rentang tersebut.

Kemudian syarat lainnya adalah gelombang atau goresan di cakram tidak terlalu dalam. Kedalaman gelombang di permukaan cakram yang boleh dibubut maksimal adalah 0,5 mm. Jika ketebalan cakram dinilai terlalu tipis atau gelombang di permukaan terlalu dalam maka nggak ada opsi lain selain melakukan penggantian cakram. Baca Juga: Mengenal sistem rem mobil.

Ganti Kampas Rem Mobil Mencegah Terjadinya Baret Pada Tromol

Ganti Kampas Rem Mobil Mencegah Terjadinya Baret Pada Tromol

Serupa dengan rem cakram masalah pada rem tromol bisa memiliki masalah yang sama, yaitu gelombang atau baret di rumah tromol. Akibat pengereman jadi nggak maksimal karena permukaan brake shoe tidak dapat menempel sempurna dengan dinding dalam rumah teromol saat melakukan pengereman. Solusi untuk mengatasi baret pada dinding dalam rumah tromol juga dengan cara membubutnya(selama kedalaman baret tidak lebih dari 0,5 mm).

Salah satu penyebab utama baret pada permukaan piringan cakram atau tromol adalah kampas rem mobil yang sudah tipis dan tetap terus dipakai. Selain baret masalah lainnya pada rumah tromol adalah munculnya retakan. Tromol mobil yang retak tidak aman untuk dilakukan perbaikan dan harus diganti. Jangan mencoba mengakali dengan mengelas tromol yang retak.

Daftar harga piringan cakram dan rumah tromol mobil Suzuki:

  • Karimun Estilo: Cakram Rp 509.000, Tromol Rp 732.400.
  • Karimun Wagon R: Cakram Rp 300.000, Tromol Rp 316.500.
  • Suzuki All New Splash: Cakram Rp 470.600, Tromol Rp 520.000(Non ABS) – Rp 363.000(ABS).
  • Suzuki Swift GL: Cakram Rp 755.600, Tromol Rp 1.216.600.
  • Suzuki All New Swift: Cakram Depan Rp 761.700, Cakram Belakang Rp 631.900.

 

Topik: Roda | Tagged , , perawatan rem, minyak rem karimun estilo, Kampas rem belakang karimun estilo, masalah rem panas depan karko, perawatan rem tromol.

11 komentar
  • Jaelani
    January 16, 2020

    Saya sudah ganti nap’nya no.partsnya sesuai dgn yg ada di web Suzuki & gambar masmun upload, itu ada sprei geriginya, tapi dilubang baut roda napnya tidak ada gerigi/polos kata org bengkel emang polos gitu, sudah dipasang baru dipake aman sih, sempat ragu keasliannya apakah nap saya beli, tapi dicek di via web parys Suzuki sesuai nomor partnya,,,terus rem kampas tromol belakang sperti saran mas Mun pakai punyanya wagon R ternyata beda mas mun, tapi utk depan pakai punyanya sirion lama cocok….


  • Jaelani
    December 31, 2019

    Bissmillah…sahabat KE, sudah ada yg pernah ganti nap roda depan?sharing pengalamannya, soalnya baut roda depan saya ada 2 baut yg slek/dol, sudah ganti baut ori & dilas dari belakang nap biar ngga slek/dol pas ganti/lepas ban, tapi bbrapa wlt lalu buka ban cek kaki2 baut rodanya slek lagi (las’annya kebuka/lasnya ngga kuat) disaranin sama bengkel gnti nap…oh iya bagian lobang nap KE itu polos ya todak ada gerigi/alur drag?


    • MasMun
      January 1, 2020

      Nap atau hub roda depan itu sebenarnya ada gerigi-nya om,, begitu juga di baut rodanya. Kalau ganti baru ori part SGP dan dilas sebenarnya sudah benar. Apa selama ini kalau ngencengin baut roda sampe di injak kunci rodanya?


      • Jaelani
        January 3, 2020

        Pas beli sudah cacat mas mun baut rodanya ada yg slek, sudah diakalin dilas bagian belakangnya tapi pas cek kaki ban dilepas slek lagi, disaranain ganti napnya, sudah saya order via online s.motor pas saya bawa napnya ke diler resmi disaranin skalian bearing roda yg baru,trus pas diliat napnya sama mekanik suzuki katanya knpa lubang baut dinapnya polos tidak ada geriki(katanya biasanya ada sperti punyanya ertiga) saya juga bingung apa saya salah pesan? Tapi wkt lalu dibengkel umum pas but rodanya slek saya periksa memang dilobang baut dinapnya tidak ada gerigi…mohon bantuannya atas kebingunan ini


        • Jaelani
          January 3, 2020

          Saya belinya second/bekas KE 2008, baru mau 5-6’bulanan dipake


        • MasMun
          January 16, 2020

          Geriginya udah aus mas kalau begitu atau sudah pernah dimodifikasi(dibubut). Saya curiga itu dulu pernah dibubut supaya bisa dimasukin baut roda yang bukan ori-nya. Kalau memang gerigi-nya sudah habis ya harus ganti whell hub-nya(di gamabr no.1), karena las-las-an itu cuman menahan supaya baut nggak geser doank. yanh nahan supaya baut nggak ikut berputar ya geirigi-nya.

          Disarankan sekalian ganti bearing roda karena bearing roda depan itu tertanam di wheel hub, dan untuk ngelepas(atau masangnya) perlu ditekan pake alat press. Jadi daripada pas dibongkar rusak mending sekalian ganti.


  • Jaelani
    December 1, 2019

    Untuk kampas rem cakram depan karimun estilo bisa pakai punyaanya karimun kotak ataw karimun wagon r? Untuk rem tromolnya juga bisa disubtitusi dgn yg lain? Soalnya harga kampas rem cakram & tromol punyanya kerimun estilo yg asli sgp cukup mahal


    • MasMun
      December 2, 2019

      Kampas rem depan Karimun Estilo beda sendiri mas, nggak bisa pakai punya Karimun Kotak atau Wagon R tapi alternatifnya bisa pakai punya kampas rem depan Daihatsu Sirion yang generasi pertama atau pakai merek aftermarket seperti Bendix. Tapi saran saya jangan pakai yang merek Brikens, kemampuan pengeremannya jadi payah banget.


      • Jaelani
        December 7, 2019

        Terimakasih mas mun


  • hendra
    August 18, 2016

    Karimun Wagon R: Cakram Rp 300.000, Tromol Rp 316.500.

    Itu harga untuk sepasang atau sebelah ya?


    • MasMun
      August 18, 2016

      Perbuah(sebelah saja), itu harga piringan dan rumah tromolnya ya bukan harga kampas rem-nya. Piringan rek cakram dan rumah tromol jarang sekali dilakukan penggantian kecuali jarak tempuh mobil yang sudah sangat tinggi sekali atau karena baret dipermukaan yang biasanya disebabkan telat mengganti kampas rem mobil.


Tambah Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Nama & Email wajib di isi


+