Review dan Harga Vw Tiguan 2013 hingga 2019

0
Foto VW Tiguan Generasi Kedua

Foto VW Tiguan Generasi Kedua

VW Tiguan Allspace baru saja diluncurkan di tahun 2019 ini dengan kapasitas 7 tempat duduk. Lalu berapakah harga VW Tiguan terbaru dan generasi pertama yang seken? Di generasi terbaru mobil ini masih mengandalkan garis desain body yang minimalis dan elegan khas mobil VW saat ini sebagai mobil Eropa, sama seperti generasi pendahulunya.

VW Tiguan merupakan mobil SUV modern dengan sasis monocoque dan bermesin bermesin TSI 1400cc Turbo. Bukan sembarang turbo melainkan dual-charge, apakah itu? Nanti  kita bahas lengkapnya dibagian bawah.

Sekilas Sejarah Tiguan

Pertama diluncurkan di Indonesia pada awal tahun 2013, versi ini hanya 5 tempat duduk. Lalu ditahun 2019 ini muncul generasi terbaru yang diberi nama Allspace. Lalu apa keunggulan Tiguan Allspace ini dibandingkan kompetitor lokal lainnya? Apalagi desain body-nya yang kalem khas mobil Eropa dan sekarang ini harganya tidak terpaut jauh dengan kompetitornya dari pabrikan Jepang.

Saat diluncurkan pertama kali VW Tiguan berhadapan dengan pesaing berat dikelas SUV 2000cc seperti Subaru XV, Mazda CX5, KIA Sportage dan Honda CR-V. Saat itu tidak ada satu pun pesaingnya yang mengaplikasikan piranti Turbo pada mesinnya.

Saat itu belum lahir Honda CRV bermesin 1500cc Turbo seperti generasi terbaru yang ada sekarang. Lalu ditahun 2013 VW Tiguan 5 penumpang hadir dengan memecah kebosanan pasar dengan sederet teknologi maju khas mobil Volkaswagen modern. Namun sayangnya walaupun begitu penjualan generasi pertama Tiguan tidak menggembirakan sehingga unitnya jarang terlihat di jalan.

Generasi Pertama

VW Tiguan Highline Generasi Pertama

VW Tiguan Highline Generasi Pertama

Pertama kali diluncurkan pada tahun 2013 Tiguan datang menggebrak dengan sederet teknologi canggih.  Bermesin kecil TSI 1.400 cc namun dilengkapi turbo, sehingga bisa menghasilkan tenaga 150 daya kuda di putaran mesin 5.400 rpm dan torsi puncak 240 Nm pada rentang 1.500-4.500 rpm. Tenaga tersebut setara dengan mesin 2000 cc tanpa turbo(naturally aspirated).

Interior Tiguan Generasi Pertama

Interior Generasi Pertama

Sederet teknologi canggih itu adalah mesin Volkswagen TSI ini Twincharged alias menggunakan turbo charge dan supercharge, Direct Injection, transmisinya  6-speed DSG (direct shift gearbox) dengan dua susunan plat kopling. Teknologi-teknologi canggih yang belum pernah ditemukan pada mobil buatan lokal sebelumnya selain di Mesin Ford EcoBoost.

Generasi Kedua

Lampu Bakang Kini Lebh Elegan

Lampu Bakang Kini Lebh Elegan

Kemudian pada tahun 2017 generasi kedua dari VW Tiguan diluncurkan, bentuknya lebih sporty, dengan ruang kabin lebih lapang dibanding model sebelumnya walaupun tetap berkapasitas 5 penumpang. Genarsi baru dari Volkswagen Tiguan menggunkan platform MQB (Modular Transverse Matrix), satu platform chasis ini memungkinkan untuk menggunkan berbagai jenis mesin seperti mesin bensin, CNG, Hybrid atau Electric sehingga lebih ekonomis bagi pabrikan terbesar di Jerman ini.

Selain itu Tiguan generasi kedua ini sudah dilengkapi juga dengan  fitur canggih Park Assist dan View Camera 360 derajat yang membuat mobil ini bisa parkir sendiri tanpa kita perlu susah-susah memutar setir. Canggih kan? Untuk merek Jepang tahun segitu baru Honda Odyssey yang punya fitur parkir otomatis seperti ini.

Current Generation – Allspace

Dan yang terkahir yang baru saja diluncurkan di Tahun 2019 ini adalah VW Tiguan Allspace. Menggunakan basis dari Tiguan generasi kedua, namun Allspace ini lebih panjang 21,5 cm karena saat ini berkapasitas 7 tempat duduk. Generasi ini masih menggunakan mesin TSI 1400cc Twincharge. Untuk lebih lengkapnya berikut detail ulasan VW Tiguan Allspace di Indonesia.

Walaupun Tiguan Allspace 7 seater baru saja diluncurkan namun bentuknya tidak asing lagi, karena basis body yang digunakan tetap menggunakan body Tiguan short wheel-base generasi kedua yang sudah dilaunching sejak dua tahun lalu. Garis desain body-nya masih tetap melanjutkan DNA desain VW modern yang elegan namun minimalis. Kita nggak bakal nemuin garis body dan bentuk lampu-lampu dengan siluet tajam dan ekstrim seperti yang ada pada Honda CRV Turbo. Walaupun begitu, tampilan depannya menjadi semakin elegan dengan bentuk lampu utama yang cenderung simpel mengikuti 3 garis list grill yang membentang horizontal.

Interior Tiguan Allspace Lebih Moderen

Interior Tiguan Allspace Lebih Moderen

Kalau anda melihat foto Tiguan Allspace maka kesan yang muncul akan biasa saja, namun lain halnya saat anda melihatnya langsung. Banyak detail-detail kecil dari desainnya yang minimalis tidak tampak di foto, padahal jika anda melihat detailnya secara langsung maka kami jamin anda akan terpana. Contoh, desain lampu depannya cenderung sederhana jika dilihat sekilas. Padahal jika anda amati dalam kondisi menyala, di dalamnya sudah menggunakan lampu LED semua. Lampu jauh dan dekat terpisah, diatasnya ada lampu LED DRL yang pada saat menyala  membentuk sinar berbentuk garis tipis dibagian atas rumah lampu.

Harga VW Tiguan Baru dan yang Bekas

Kita sudah mengulas segala seluk-beluk VW Tiguan dari generasi pertama hingga yang terbaru saat ini adalah Allspace. Jika awalnya mobil ini didatangkan secara CBU dari Jerman maka semenjak tipe Allspace diluncurkan mobil ini telah mulai dirakit secara semi knock down di Indonesia.

Akibatnya adalah Harga VW Tiguan terbaru tahun 2019 sekarang ini bisa lebih murah karena pajaknya lebih rendah jika dibandingkan dengan yang masih CBU. Bahkan di pasaran mobil bekas untuk yang tahun 2017 CBU harganya tidak terpaut jauh dengan Tiguan AllSpace 2019.

Untuk lebih detailnya berikut ini daftar harga VW Tiguan di Indonesia dari generasi pertama tahun 2013 hingga Allspace 2019.

Daftar Harga Mobil VW Tiguan

Tipe Harga
VW Tiguan highline 2013 Rp 180.000.000
VW Tiguan highline 2014-2015 Rp 230.000.000
Tiguan New Model 2017-2018 Rp 540.000.000
VW Tiguan Allspace 2019 Rp 590.000.000**

Oh iya harga VW Tiguan Allspace 2019 tersebut adalah harga Off the Road untuk wilayah penjualan Jabodetabek ya. Sedangkan untuk dealer di luar daerah Jabodetabek ada perbedaan harga untuk biaya distribusinya. Yang dimaksud harga off the road adalah harga tersebut belum termasuk surat-surat untuk legalitas kendaran yang terdaftar di Korlantas Polri, alias belum termasuk biaya pengurusan STNK dan BPKB-nya.

Topik: lain-lain | Tagged , , kelemahan vw tiguan tahun 2013.

Tambah Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Nama & Email wajib di isi


+