Perhatikan Kelebihan dan Kelemahan Honda Civic Nouva Yang Vital Ini

0
Body Rendah Dua Pintu Terasa Sporty

Body Rendah Dua Pintu Begitu Sporty

Siapa yang nggak tertarik lihat Honda Civic Nouva 2 pintu yang terlihat sporty dan gaul banget kalau dipakai untuk mobil harian. Yakin deh kalau kita pakai mobil ini apalagi kondisinya istimewa, pasti banyak yang ngelirik di jalan. Maka tidak heran di tahun 2019 ini harga Civic Nouva sudah mulai terkerek naik, dengan catatan asalkan kondisinya original dan terawat.

Civic Nouva merupakan generasi ke-empat di “keluarga” Civic hatcback keluaran pabrikan Honda yang dijual resmi di Indonesia. Entah kenapa generasi ini diberi inisial dengan huruf EF, jadi kalau anda membaca Civic EF maka itu merujuk ke model generasi ke-empat ini entah itu yang versi sedan ataupun hatcback. Generasi sebelumnya adalah Honda Civic Wonder SB3 dua pintu yang tampilannya lebih old school klasik, yang akrab juga dsebut dengan “Setrika”. Lalu generasi selanjutnya adalah Honda Civic Estilo yang harganya sudah setinggi langit, lebay dikit hehe šŸ˜€ .

Sejarah Penjualan Di Indonesia

Honda Civic Nouva dipasarkan di Indonesia mulai tahun 1988 hinga 1991. Walaupun di luar negeri terdapat berbagai pilihan mesin yang disematkan pada mobil ini namun mesin Honda Civic Nouva yang dijual di tanah air hanya mesin dengan kode D15B2. Mesin ini berkapasitas 1500 cc dengan konfigurasi 4 Silinder segaris, SOHC 16 Katup.

Mesin ini belum menggunakan teknologi injekasi alias masih karburator, dengan penggerak noken as menggunakan timming belt yang perlu diganti setiap 100.000 kilometer. Tenaga yang dapat dihasilkan mesin Honda Nouva ini sebesar 92 HP diputaran mesin 6.000 rpm dan torsi sebesar 119 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm. Tenaga dan Torsi segitu walaupun bisa dibilang tidak terlalu bertenaga besar tapi cukuplah untuk mengerakan body mungilnya.

Civic Nouva Grand Setelah Facelift tahun 1990 1991

Civic Nouva Grand Setelah Facelift tahun 1990 1991

Untuk body Civic Nouva hatcback menggunakan kode body SH3, berbeda dengan saudaranya yang ber-body sedan dengan kode SH4. Namun sesungguhnya kedunya hampir sama persis, perbedaan utamnya tentu pada bagian tengah mobil ke belakang. Karena pintunya yang hanya berjumlah dua dan ketinggianya mobilnya yang rendah maka kesan mobil sporty sangat melekat pada mobil ini. Tingginya tidak sampai setinggi dada orang dewasa dan pososi kaki pengemudi yang selonjor ke depan semakin menguatkan aura mobil sport.

Beda Civic Nouva vs Grand Nouva

Sejak dipasarkan selama 4 tahun mobil ini sempat mengalami facelift atau ubahan minor yaitu pada pada tahun 1990. Yang diproduksi awal-awal yaitu tahun 1988 dan 1989 disebut Honda Cvic Nouva. Lalu yang telah mengalami facelift yaitu produksi tahun 1990 dan 1991 disebutnya dengan nama Civic Grand Nouva. Lalu apa saja detail perbedaan antara Civic Nouva dan Civic Grand Nouva?

Exterior Generasi Pertama tahun 1988 1989

Exterior Generasi Pertama tahun 1988 1989

  • Kap Mesin
    Yang sebelum facelift kap mesin cekung dibagian tengah, yang sesudah facelift cembung di bagian tengah.
  • Lampu Utama
    Yang sesudah facelift lampu depannya lebih sipit dengan lampu senja menggunakna mika putih, yang sebelum facelift mika lampu senja berwarna kuning.
  • Lampu Sein di bemper depan
    Yang sebelum facelift lebih pendek dan hanya menghadap ke depan, yagn sesudah faclift lebih lebar hingga menyamping.
  • Lampu sein samping
    Yang sebelum facelift tidak ada lampu sein difender roda(atas roda depan), yang sesudah facelift sudah terdapat sein di fender kanan-kiri.

 

Kelebihan dan Kelemahan Honda Civic Nouva

Tentu bentuknya yang sporty dengan hanya dua pintu membuat banyak dari kita yang tertarik, namun alangkah lebih bijak kalau kita mengetahui secara lengkap apa saja kelebihan dan kelemahan Civic Nouva dan Grand Nouva di umurnya sekarang yang sudah menginjak 30 tahun sejak diluncurkan.

KelebihanĀ  Civic Nouva:

  • Sporty Dua Pintu
    Dengan body hatcback dunia pintu dan atapnya yang rendah membuat mengendara mobil ini seperti mengendari mobil sport yang rendah.
  • Handling Mantap
    Body-nya rendah, whell base-nya pendek, dan suspensi khas Honda mebuat handlingnya sangat jempolan. Suspensi depan menggunakan struktur double Wishobne membuat manuver di kecepatan tinggi tetap stabil.
  • Harga Stabil
    Harganya bro stabil diangka 50 juta-an untuk kodisi yang biasa saja. Kalau yang Istimewa dengan kondisi orisinil terawat bisa mencapai Rp 70-80 jutaan, nanti bisa-bisa nyusul adikya yaitu Civic Estilo yang bisa diatas seratus juta rupiah.
  • Sparepart Mudah Didapat
    Spare partnya baik mesin, AC mobil dan kaki-kaki mudah di dapat karena banyak kesamaan dengan saudarnya yang versi sedan. Selain itu kalau mau beli part yang jarang bisa dicari persamaannya dari mobil Honda lainnya.
  • Mesin Mudah Dirawat
    Mesin yang digunakan Civic SH3 ini masih tergolong konvensional, masih menggunakan karburator belum banyak menggunkan perangkat elektronik sehigga cukup sederhana dan perawtannya tidaklah susah.
  • Part Modifikasi Banyak Tersedia
    Seperti ciri khas mobil Honda lainnya part modifikasi banyak tersedia di pasaran, utamanya performance part alias part racing seperti jeroan mesin, suspens dan komponen pengereman.
Kaca Belakang dan Garnish Lampu Civic Nouva Hatcback

Kaca Belakang & Garnish Lampu Civic Nouva | Via:Kingmotorsports

Kelemahan Civic Nouva:

  • Mudah Karatan
    Sama seperti pendahulunya yaitu Wonder, mobil ini juga rentan terhadap karat. Utamanya karat pada bagian sekitar kaca depan dan lantai mobil.
  • Unit Semakin Langka
    Untuk mendapatkan Grand Civic Nouva yang kondisinya istimewa semakin sulit, kalaupun ada maka harganya sudah terkerk naik.
  • Akomodasi Terbatas
    Jika digunakan untuk mobil harian apalagi untuk yang aktivitas keluarga, mobil ini kurang nyaman. Karena kabi belakangnya yang sempit juga ukuran bagasinya yang kecil. Begitu pula cup holder yang tidak ada pada interior mobil ini membuatnya tidak praktis.
  • Banyak Yang Tidak Ori
    Saat ini lebih banyak Civic Nouva yang tidak ori lagi ketimbang yang ori. Padahal belum tentu mobil modif-an pemilik sebelumnya cocok dengan karakter orang yang ingin membeli bekasnya. Contoh banyak suspensinya yang sudah diceperin sehingga kurang nyaman untuk harian, padahal suspensi standardnya nyaman banget loh.
Foto Interior Dashboard Civic Nouva

Foto Interior Dashboard Civic Nouva

Demikian ulasan kami mengenai sejarah, spesifikasi dan Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Nouva yang harganya saat ini semakin naik. Jika menurut anda harganya sudah kemahalan, bisa juga anda melirik kompetitornya yaitu Suzuki Eleny yang sama-sama memiliki dua pintu. Pertimbangkan baik-baik semua faktor plus dan minus-nya sebelum anda memutuskan untuk benar-benar meminangnya.

Topik: lain-lain | Tagged , , , , , , civic nouva, ciri ciri mobil civix nova, civic nouva 2 pintu yg udah ps, Civic Nouva Putih, Generasi mitsubishi lancer sl lawas.

Tambah Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Nama & Email wajib di isi


+