Mengenal Plus Minus Honda CRV Gen 1 – RD1 Yang Jarang Orang Tau

0
Honda CRV Gen1 RD1 Original

Honda CRV Gen1 RD1 Original

Honda CRV Gen 1 atau generasi pertama walaupun masuk dalam kategori mobil SUV namun menggunakan platform dari mobil sedan Honda Civic Ferio. Iya memang tidak sama persis tapi basis mesin yang berawalan kode “B” dan terutama kaki-kakinya persis Civic yang menggunakan suspense double wishbone pada ke-empat rodanya. Sehingga tidak heran bantingan suspensi CRV Gen 1 terasa nyaman seperti sedan, bahkan lebih nyaman jika dibandingkan dengan yang generasi kedua.

Honda CRV Gen 1 dipasarkan sejak 1998 hingga 2001, saat itu dipasaran produk SUV Honda ini berhadapan dengan Nissan X-Trail generasi pertama yang terlihat lebih gagah dan macho dengan desain body yang mengotak. Penjualan Honda CRV nggak bisa mengalahkan X-Trail yang begitu laris saat itu, namun saat ini ditahun 2019 penjualan keduanya berkebalikan  alias unggul CRV jauh. Selain X-Trail rival CRV Gen 1 saat itu di awal tahun 2000-an adalah Kia Sportage dan Toyota RAV4.

Honda CRV Generasi pertama yang beredar di Indonesia ada yang masuk secara import utuh dari Australia(CBU) dan ada pula yang sudah rakitan lokal(CKD). Perbedaan CRV Gen 1 CBU dan CKD adalah yang CBU menggunakan penggerak All Whell Drve(AWD), memiliki sun roof, bentuk Velg-nya, dan suspensinya yang lebih tinggi dari yang versi lokal.

CRV RD1 versi lokal hanya menggunakan penggerak roda depan, sedangkan yang AWD pun sebenarnya penggerak utamanya juga roda depan hanya saja jika ban depan kehilangan traksi maka roda belakangnya dapat membantu untuk mendorong mobil. Sistemnya berbeda dengan 4WD pada Toyota Land Cuiser yang mengandalkan gerak roda belakang sebagai penggerak utama. Mengingat harga barunya yang jauh lebih mahal begitu pula dengan pajak tahunannya maka Honda CRV Awd lebih sedikit jumlahnya yang beredar di Indonesia.

Mobil SUV Honda CRV Gen 1

Mobil SUV Honda CRV Gen 1

Penjualan Honda CRV generasi pertama ini hanya sampai awal tahun 2002, dengan tahun porduksi terakhir yaitu tahun 2001. Kemudian dilanjutkan dengan CRV gen 2 manual yang memiliki dimensi body lebih besar dan garis-garis body yang lebih lancip.

Eksterior Honda CRV Gen 1

Dari sisi eksterior Honda CRV Gen 1 dengan kode body RD1 ini memiliki plus minus-nya sendiri, untuk desain sebenarnya sih bentuknya sederhana namun unik. Bentuknya kecil dan membulat sehingga berubah total saat di generasi kedua-nya, namun nampaknya Honda sadar bahwa bentuk CRV yang memulat lebih disenangi banyak orang, sehingga CRV yang generasi ketiga bentuk body-nya kembali membulat.

Untuk bagian depan CRV RD1 ini sudah menggunakan lampu depan mika bening seperti mobil-mobil saat ini, grill depan dengan logo Honda yang terbilang kecil, sedangkan bempernya memiliki moncong yang lumayan maju dengan bagian bawahnya yang cukup tinggi.

Di bagian buritan Honda CRV Gen1 terlihat unik dengan pilar kaca samping belakang yang bentukya tebal dan miring. Lampu belakangnya sendiri mengikuti desain lampu SUV yang saat itu sedang nge-trend yaitu berada di atas, sejajar dengan kaca pintu belakang, karena seumuran Nissan X-Trail dan Daihatsu Taruna pun juga menggunakan desain lampu seperti ini. Selain itu “konde” ban serep di pintu belakang menambah kegagahan SUV Honda yang satu ini.

Interior Honda CRV Gen 1

Sedangkan di bagian Interior Honda CRV Gen 1 ini memiliki desain yang tidak terlalu istimewa. Yang menurut kami sedikit janggal adalah tuas transmisi matic-nya yang berada di balik setir seperti tuas transmisi milik Mitsubishi L300. Sebenarnya tuas matic seperti itu adalah tuas Amercian Style seperti banyak terdapat di mobil-mobil SUV di Amerika. Tujuan Honda meletakkan posisi tuasnya di situ adalah agar ruang diantara bangku depan bisa dikosongkan sehingga penumpang dapat dengan mudah untuk berpindah dari depan ke belakang.

Interior Kabin Honda CRV Gen 1

Interior Kabin Honda CRV Gen 1

Untuk joknya sendri kami lebih cocok menyebutnya dengan istilah 5+2. Yaitu 5 jok utama di baris 1 dan 2, kemudian tambahan dua jok kecil di baris tiga atau di bagasi. Jok ini lebih cocok untuk anak kecil karena ukuran kabin belakang CRV Gen 1 yang sebenarnya tidak cukup untuk orang dewasa, namun cukup luas untuk menampung tas atau koper.

Mesin Honda CRV Gen 1

Untuk urusan dapur pacu Honda Crv Gen 1 memiliki tiga varian tipe mesin, yaitu mesin B20B, B20Z dan yang terkahir F20A. Semuanya berkonfigurasi 4 silinder segaris, DOHC 16 katup dan menggunakan teknologi injeksi PGMFI.

Berikut ini spek tenaga dan torsi yang dapat dihasilkan oleh masing-masing mesin Honda tersebut: B20B bertenaga 126 Hp/5400 Rpm dan torsi 130 Nm/4.300 Rpm. B20Z bertenaga 150 Hp/6.300 Rpm dan torsi 180 Nm/4.500 Rpm. Lalu yang terakhir F20A 113 Hp/6.000 Rpm dan torsinya sebesar 159 Nm/3.700 Rpm.

Untuk pilihan transmisi mayoritas yang terjual pada saat itu adalah unit dengan transmisi matic. Matic-nya CRV generasi pertama ini masih mengandalkan matic konvensional torque converter 4 percepatan. Tapi ada juga yang manual AWD 5 percepatan, ini yang jarang dan harganya mash tinggi.

Kelebihan dan Kelemahan CRV Gen 1

Namanya mobil tentu pertimbangan untuk memilikinya bukan hanya pada body-nya yang menarik saja, namun juga perlu diperhatikan plus-minus dari Crv generasi pertama ini seperti fitur, permasalahan yang kerap timbul, dan ketersediaan sparepart. Berikut ini daftar kelebihan dan kelemahan Honda Crv gen 1 yang kami rangkum dari beberapa sumber:

Kelebihan Honda CRV Gen 1

  • Desain body Gagah dan tidak kelewat besar.
  • Spare part gampang didapat.
  • Suspensi nyaman khas sedan.
  • Pengaturan kabin fleksibel
  • Tenaga mesin cukup besar.
  • Ground clearance
  • Fitur-fitur lengkap.

Kelemahan Honda CRV Gen 1

  • Part modifikasi sudah mulai jarang.
  • Konsumsi BBM relatif boros 1:8-9.
  • Tuas transmisi matic dibalik setir.
  • Kaca pintu bagasi ribet bukanya.
  • Harga sparepart cukup mahal.
  • Baris ketiga hanya untuk anak kecil.
  • Jam digital dashboard sering mati.
  • Komponen kaki-kaki mobil mahal.

 

Spesifikasi Honda CRV Gen 1

  • Jenis Mesin : B2OB, B2OZ dan F2OA dengan 4 silinder segaris 16 katup.
  • Kapasitas Mesin : 1.973 cc.
  • Tenaga Maksimal : Mesin B2OB:126 Hp/5.400 rpm | Mesin B2OZ:150 Hp/6.300 Rpm | Mesin F20A:113 Hp (6.000 Rpm)
  • Torsi Maksimal : Mesin B20B:130 Nm/4.300 Rpm |Mesin B20Z:180 Nm/4.500 Rpm |Mesin F20A: 159 Nm/3.700 Rpm
  • Suspensi : Double Wishbone di keempat roda.
  • Transmisi : Manual 5 speed dan matic 4 speed torque converter.

 

Harga Honda CRV Gen 1 & Kesimpulan

Di situs jual-beli mobil bekas harga Honda CRV bekas Gen 1 berada di rentang harga Rp 50 jutaan sampai Rp 80 jutaan. Namun yang namanya mobil bekas itupun tergantung dari masing-masing kondisi mobil tersebut, semakin original dan terawat maka harganya semakin mahal.

Dashboard CRV RD1 Matic

Dashboard CRV RD1 Matic – Via:Austaliancar

Terlebih Honda CRV Gen 1 AWD yang kondisinya masih ori, system 4WD-nya aktif nggak ada masalah, pajak hidup, surat komplit sampai fakturnya ada dan kondisi terawat harganya bisa sampe 85 jutaan.

Apakah harga tersebut tergolong mahal? Well.. kalau anda adalah peng-hoby mobil SUV nyari Honda CRV Gen 1 yang kondisinya bagus dengan suspense khas double wishbone pada ke-empat roda yang nyaman, dilengkapi airbag, dan sudah ABS dan gerak 4 roda yang versi CBU menurut kami harga segitu tidaklah mahal untuk kategori mobil SUV hobi.

Topik: lain-lain | Tagged , , , , adakah airbag di honda crv gen 2, kelebihan dan kekurangan honda crv 2001, Kelebihan dan kekurangan crv gen 1, bedq crv generasi 1 ckd dan cbu, Crv gen 1.

Tambah Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Nama & Email wajib di isi


+