Mengenal Mobil Bekas Honda Grand Civic Lebih Dalam

0
Mobil Bekas Honda Grand Civic

Mobil Bekas Honda Grand Civic

Pada tahun 1990 Honda meluncurkan sedan andalan mereka yaitu Grand Civic, yang merupakan versi sedan 4 pintu, sedangkan versi hatchback-nya adalah Civic Nouva. Mobil ini merupakan model lanjutan dari generasi pendahulunya yaitu Civic LX.

Saat itu Honda Grand Civic hanya mengalami ubahan minor dibanding LX, seperti mika lampu utama plastik, lampu sein  di bemper yang lebih panjang dan lampu belakang yang sedikit mengalami perbedaan. Dengan ubahan ini menjadikannya terlihat lebih mewah.

Wajar jika Honda berusaha menjadikan Grand Civic agar terlihat naik kelas, karena kompetitornya di kelas sedan medium pada masa itu yaitu Toyota Corolla Twincam juga baru saja meluncurkan versi Twincam GT untuk menarik calon pembeli. Jadi kedua pabrikan ini berlomba dengan meluncurkan produk baru di tahun 1990 kala itu.

Di tahun 2019 ini Honda Civic generasi ke-empat ini masih memiliki banyak peminat terbukti dari harga seken-nya yang cenderung stabil. Tidak heran, sebab desain bodynya terlihat masih menarik sehingga cocok dipakai anak muda yang ingin memiliki mobil pertama. Desain body-nya terlihat sporty karena rendah, didukung dengan garis-garis body yang kaku dan tegas.

Bentuk Bemper Depan Grand Civic

Bentuk Bemper Depan GC

Walaupun Grand Civic ini masuk kategori lawas namun sedan Honda ini memiliki karakternya desainnya yang kuat, sehingga walaupun lawas tapi karismanya tidak kalah saat harus berjejer dengan mobil-moibl lain yang lebih muda. Tidak heran mobil ini masih menjadi salah satu mobil bekas favorit, terbukti dari harga jualnya yang cenderung stabil.

Mesin SOHC – 1500 CC

Honda Grand Civic menggunakan mesin berkode D15, SOHC berkapasitas 1500cc. Mesin ini masih mengandalkan karburator untuk suplai bahan bakar ke mesin. Basis dari mesin ini yang kemudian digunakan juga oleh Honda City type Z di tahun 2000, namun mesinnya telah mengalami penyempurnaan dengan  menggunakan DOHC, VTEC dan sudah menggunakan injeksi bahan bakar yang menggantikan karburator.

Mesin grand Civic sendiri termasuk bandel dan jarang bermasalah, namun karena usia biasanya komponen karet-karet di mesin sudah banyak yang retak seperti selang radiator atau engine mounting.

Banyak orang yang bilang mesin Grand Civic ini sering Overheat, sebenarnya tidak juga. Asalkan kipas radiator normal, thermostat sehat, selang-selang nggak ada yang bocor dan pakai radiator coolant maka gejala overheat nggak akan terjadi.

Yang jadi masalah biasanya pemiliknya mengisi air radiator pakai air keran sehingga muncul karat akibat radiator mampet, thermostat mampet, kepala silinder keropos bocor, pipa besi yang ke selang radiator juga berkarat sehingga bocor. Kalau sudah gitu ya pasti akan overheat. Jadi semua itu tergantung bagaimana si pemilik Grand Civic merawat kendaraannya.

Honda Grand Civic Modif

Honda Grand Civic Modif

Oh iya mesin Honda D15 di mobil ini masih menggunakan timming belt sebagai penggerak camshaft, seperti mobil-mobil di jamannya. Namun hebatnya adalah kalau biasanya timming belt putus saat mesin berjalan maka jeroan mesin seperti klep dan piston akan bengkok karena saling berbenturan, di mesin ini tidak! Kalau timming belt Honda Grand Civic putus maka jeroan mesin dipastikan aman, karena tidak akan saling berbenturan. Cukup ganti timming belt maka mesin akan berjalan normal lagi.

Driving Impresion

Kesan saat mengemudikan Grand Civic sedikit aneh bagi yang tidak terbiasa. Mobil ini sangat rendah, jadi saat kita duduk di jok depan terasa sangat rendah selain itu dashboardnya juga rendah dan kaca-kacanya terasa besar. Jadi kesannya saat kita duduk badan kita tinggi sedangkan dashboard dan setirnya terasa rendah banget.

Untuk urusan kenyamanan Grand Civic juara. Suspensi mobil ini sudah full independent pada ke-empat rodanya, yang istimewa adalah suspensi depannya yang sudah Double Wishbone yang menjadikan bantingan suspensi depannya lebih nyaman dibanding rivalnya yaitu Corolla Twincam yang masih menggunakan struktur Macpherson Strut

Pilihan Transmisi Matic

Pilihan Transmisi Matic

Fitur

Jika melihat tahun lahirnya yaitu 1990 maka bisa dibilang fitur-fitur yang terdapat di Honda Grand Civic sudah lebih dari cukup. Sebut saja AC sudah bawaan sejak lahir, power window pada keempat pintunya, Electric mirror(Spion elektrik), dan central lock juga. Ada pula defoger untuk penghilang embun pada kaca belakang. Fiturnya benar-benar membuat pengemudi dan penumpang yang ada di dalam mobil ini merasa semakin nyaman.

Kelemahan Honda Grand Civic

Namun dengan keunggulan tersebut bukan berarti mobil ini sempurna, Grand Civic tetap memiliki beberapa kelemahan, terlebih di usianya saat ini yang hampir menginjak 30 tahun tentu akan ada saja kekurangan yang akan ada temui.

Berikut ini sudah kami rangkum  5 Kelemahan mobil bekas Honda Grand Civic:

  • Body Rawan Karatan
    Sudah hampir setiap unit Grand Civic rentan berkarat dan biasanya akan berulang. Perhatikan area yang terembunyi dan ada lekukan biasanya karat sangat sering muncul dibagian itu seperti sekitar kaca depan, pada tulisan nomor rangka bawah pintu, lantai, spakbor dan lantai bagasi.
  • Sering Mentok Polisi Tidur
    Karena body-nya rendah maka kolong mobil otomatis ikut rendah, kondisi standard tanpa diceperin saja Grand Civic sudah sering mentok polisi tidur apalagi yang sudah diceperin.
  • Getaran Mesin Saat Langsam
    Karakter mesin mobil ini saat langsam terasa besar getarannya dan itu sudah karakternya. Walau pun engine mounting sudah diganti baru namun getaran saat langsam tetap terasa, namu getaran akan hilang begitu pedal gas mulai ditekan.
  • Posisi Duduk Aneh
    Saat pertama kali duduk di mobil ini rasanya tidak lazim, karena mobilnya rendah dan kaca sampingnya besar jadi saat duduk kita terasa seperti berada di kotak kaca, pandangan ke sekitar terlihat leluasa dengan kaca yang besar itu.
  • Body Part Mahal
    Karena sudah tidak diproduksi lagi maka part yang berhubungan dengan body eksterior sudah jarang, biasanya anak club ada yang menjual dalam kondisi copotan(bekas) itupun harganya sudah tidak murah lagi

Spesifikasi Honda Grand Civic

Spesifikasi Mesin:

  • Jenis Mesin:     D15B2 karburator
  • Tenaga Maksimal:     92HP@6.000 RPM
  • Torsi Maksimal:     119 Nm@4.500 RPM
  • Kapasitas Mesin     1500 cc
  • Jumlah katup:    16 katup SOHC
  • Jumlah Silinder:     4 Silinder segaris
  • Rasio Kompresi:     9,2:1
  • Bore x Stroke:     75mm x 84,5mm
  • Sistem Bahan Bakar:     Karburator

Spesfikasi Body:

  • Jenis Mobil:     Sedan
  • Kode Body:     SH4
  • Dimensi Body:     P=3945 x L=1506 x T=1346 mm
  • Tipe Body:     Monocoque

Spesifikasi Kaki-kaki/Suspensi:

  • Suspensi Belakang:     Multi Link
  • Suspensi Depan:     Double wishbone
  • Rem Belakang:     Ventilated disc
  • Rem Depan:     Ventilated disc
Interior Honda Grand Civic Orisinil

Interior Honda Grand Civic Orisinil

Harga Honda Grand Civic Bekas

Saat  ini harga Honda Grand Civic seken tahun 1990 dan 1991 yang kami cek di situs jual-beli mobil bekas berada di rentang harga Rp 30 hingga 45 juta. Namun ada juga yang menjual di atas angka tersebut dengan kondisi mobil bekas istimewa.

Yang dimaksud mobil bekas istimewa adalah cat-nya masih asli, interiornya orisinil seperti baru dan kilometernya masih minim. Biasanya yang membeli Grand Civic bekas dalam kondisi seperti itu adalah mereka yang ingin bernostalgia, karena mungkin dulu pada tahun 1990-an pernah naik atau memiliki mobil yang terbilang mewah di zamannnya.

Topik: lain-lain | Tagged , , , gimana sih ngrawat grand civic, civic lx matic, grand civic modif, karet bemper depan untuk honda grand civic 90, lampu sen spackbor mobil honda Civic lawas th 90.

Tambah Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Nama & Email wajib di isi


+