10 Fakta Teknis Honda Jazz GE8 Yang Penting Diketahui

0
Honda Jazz RS 2009 awal

Honda Jazz RS 2009 awal

Honda Jazz GE8 merupakan generasi lanjutan dari Jazz GD3 lawas yang sebelumnya telah meraih penjualan yang sukses di tanah air. Mobil ini termasuk besar peminatnya di kalangan anak muda atau keluarga muda. Desainnya trendi, mesinnya kencang, dan kabinnya luas walaupun hanya berkapasitas 5 tempat duduk, mungkin karena alasan itu peminatnya begitu besar di Indonesia.

Generasi GE8 ini di Indonesia dijual dari tahun 2008 hingga 2014, apalagi pada saat itu belum ada  pilihan alternative mobil trendy bagi anak muda yang kelasnya lebih murah dari pada mobil ini. Pesaing yang kelasnya dibawahnya saat itu seperti Suzuki Ignis atau saudaranya sendiri yaitu Honda Brio RS. Pesaingnya pada saat itu hanya yang satu segemen yaitu seperti Toyota Yaris dan Mazda 2, jika dibandingkan dengan rivalnya ini maka jelas mobil ini unggul segalanya sehingga tidak heran penjualannya begitu lairs manis.

Jika anda tertarik ada baiknya simak dulu Fakta-fakta mengenai mobil andalan PT. Honda Prospect Motor yang telah kami rangkum berikut ini.

10 fakta Honda Jazz GE8 Yang Penting Anda Tahu:

1. Menggunakan Rem Cakram Pada Keempat rodanya.

Walaupun hanya berkapasitas mesin 1500 cc non turbo tapi Honda Jazz GE8 sudah menggunakan rem cakram pada ke-empat rodanya. Sayangnya generasi selajutnya yaitu Jazz GK5 sudah tidak menggunakan lagi rem cakram pada roda belakangnya. Jadi ini merupkan versi terkahir yang menggunakan rem belakang cakram.

2. Transmisi otomatis konvensional 5 percepatan.

Honda Jazz generasi pertama menggunakan transmisi otomatis CVT yang memiliki banyak keluhan dari penggunanya, sehingga digenerasi kedua GE8 ini tranmisi otomatisnya tidak lagi menggunakan CVT. Gearbox otomatisnya menggunakan teknologi torque-converter dengan 5 percepatan layaknya transmisi manual, apalagi sudah dilengkapi dengan tuas padel-shift dibalik setir yang memebuat feel mengemudi Jazz GE8 semakin sporty.

Yang perlu diingat adalah jangan sampai keliru pilih oli transmisi! Karena Jazz GK5 generasi selanjutnya yang setelah ini kembali menggunakan tranmisi CVT. Oli matic untuk GE8 ini menggunakan keluaran Honda berjenis ATF Z1. JANGAN GUNAKAN oli matic Honda yang berjenis CVTF untuk GE8 ini! Karena itu untuk matic CVT, bisa jebol gearbox matic-nya kalau salah pilih jenis oli.

Interior Jazz RS Matic 2013

Interior Jazz RS Matic 2013

3. Tenaga terbesar dikelasnya.

Honda Jazz GE8 menggunakan mesin berkode L15A 1500 cc yang menggunakan teknologi i-VTEC. Tidak seperti mesin Honda pada umumnya yang menggunakan rancangan DOHC, mesin ini masih menggunakan SOHC alias cam-shaft tunggal di kepala silindernya. Namun berkat teknologi i-VTEC tenaga yang dihasilkan mencapai 120Ps pada putaran mesn 6600 Rpm, tenaga Yaris dan Mazda 2 jelas kalah dengan mesin L15A milik Honda ini.

4. Kabin Lapang.

Sejak Jazz generasi pertama mobil ini sudah terkenal lapang ditambah dengan pelipatan jok belakang yang fleksibel membuatnya begitu lapang saat jok belakangnya dilipat. Honda menyebutnya dengan Ultra Seat yaitu jok belakangnya bisa dilipat baik itu sandaran punggung dan alas pantatnya. Generasi kedua ini lebih besar dimesinnya dari generasi pertama, sehngga uang kabinnya pun terasa semakin lapang.

5. Irit BBM.

Pada generasi terdahulu kita harus memilih antara mementingkan efisiensi bahan bakar atau performa mesin. Kalau lebih memikirkan efisiensi/hemat BBM maka pilih mesin iDSI, jika pilih yang performanya kencang pilih yang mesin VTEC. Di Honda Jazz generasi kedua ini Karena sudah menggunakan teknologi mesin i-VTEC maka kombinasi konsumsi BBM irit dan performa kencang dapat digabungkan pada satu mesin mobil. Tinggal gaya berkendara driver-nya saja yang menentukan kehematan BBM yang diraih.

6. Favorit Anak Muda.

Desainnya trendy menjadi favorit mereka yang berjiwa muda. Entah mengapa mobil ini di-idolakan oleh mereka yang berumur 20 hinga 30 tahunan, baik itu kaum adam maupun kaum hawa. Mungkin karena bentuknya yang trendy dan brand mobil Honda yang melekat bagi kalangan anaka muda.

Honda Jazz Ge8 Facelift 2013

Honda Jazz Ge8 Facelift 2013

7. Mengalami facelift ditahun 2011 dan 2013.

Honda Jazz GE8 sempat mengalamia dua kali facelift(perubahan minor), yaitu pada tahun 2011 dan 2013. Facelift pertama kali perubahan minor yang terjadi cukup banyak, mencakup bemper depan, belakang, grill, reflektor lampu depan dan velg. Sementara di tahun 2013 perubahannya tidak terlalu banyak hanya penyegaran di lampu depan dan belakang, kemudian upper spoiler di atas kaca belakang. Mika lampu belakangnya yang setelah facelift tahun 2013 berubah menjadi warna putih.

8. Material interior lebih baik daripada Jazz GK5.

Honda Jazz setelah GE8 ini mengalami banyak perubahan dari sisi desain interior dan eksterior. Dashboard di versi terbaru desainnya lebih modern namun kuliatasnya seperti menurun karena efisiensi yang dilakukan pihak Honda. Dashboardnya yang sekarang seperti lebih tipis, saat ditekan maka cekungangannya lebih dalam dan terasa ringkih. Keluhan yang persis seperti dijumpai pada dashboard Honda Brio dan Mobilio.

9. Jazz GE8 ada dua tipe S dan RS.

Honda Jazz hanya dijual dalam dua tipe yaitu tipe S dan tipe RS. Tipe S lebih minimalis perbedaan Honda Jazz tipe S dan RS meliputi:

  • Tipe S tanpa Foglamp.
  • Bemper depan tipe S berbentuk polos.
  • Tipe S tanpa side skirt di sisi samping.
  • Terdapat garnish di atas plat nomor belakang pada tipe RS
  • Velg Jazz tipe S 15 inci, sedangkan tipe RS 16 inci.
  • Tipe RS dilengkapi system Keyles.
  • Tipe RS menggunakan dual airbag, tipe S belum.
  • Pada Jazz RS matic sudah ada paddle shift, tipe S belum.

10. Produksi Terakhir Tahun 2014.

Tahun 2014 merupakan tahun peralihan dari Honda Jazz GE8 ke generasi selanjutnya yaitu generasi berkode body GK5. Jika anda melihat yang tahun 2014 kok modelnya berbeda wajar saja karena namanya juga tahun peralihan model, yang keluaran bulan-bulan awal masih yang GE8 sedangkan yang sudah akhir-akhir sudah masuk ke GK5.

Tampilan Belakang GE8 tahun akhir Mika Putih

Tampilan Belakang GE8 tahun akhir Mika Putih

Harga Honda Jazz GE8 2008-2014

Demikian fakta-fakta teknis Honda Jazz GE8 yang sebaiknya anda ketahui jika anda tertarik membelinya di tahun 2019 ini. Harga Honda Jazz generasi kedua produksi tahun 2008-2014 tergolong stabil dipasaran, penurunan harganya relative lambat mungkin karena peminatnya yang terus ada. Berikur ini daftar harga honda Jazz GE8 produksi tahun 2008-2014:

Honda Jazz Tipe S

  • 2009 Rp 105 – 110 jutaan.
  • 2010 Rp 110 – 120 jutaan.
  • 2011 Rp 120 – 130 jutaan.
  • 2012 Rp 130 – 140 jutaan.
  • 2013 Rp 140 – 150 jutaan.

Honda Jazz  Tipe RS

  • 2009 Rp 125 – 130 jutaan.
  • 2010 Rp 135 – 140 jutaan.
  • 2011 Rp 145 – 150 jutaan.
  • 2012 Rp 155 – 160 jutaan.
  • 2013 Rp 175 – 180 jutaan.

Untuk harga mobil Honda Jazz GE8 bekas di atas kami ambil dari harga pasaran DKI Jakarta. Semuanya tidak dapat disamakan tergantung kondisi mobil, perawatan, dan hidup tidaknya pajak kendaraan.

Topik: lain-lain | Tagged , , , , , , interior stir honda jazz RS 2010 matic, irit jazz ge8 atau gk5, jazz ge8, jazz rs 2013, merubah jazz ge8 jd gk5.

Tambah Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Nama & Email wajib di isi


+