Honda jazz GK5 – Ini Dia 7 Fakta Kelebihannya di Banding Rivalnya

0
Honda jazz GK5 Tahun 2014 2017

Honda jazz GK5 Tahun 2014-2017

Honda Jazz GK5 merupakan generasi ketiga dari mobil SUV 5 penumpang andalan Honda, generasi ketiga ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2014 silam. Saat itu penjualan generasi sebelumnya yaitu Jazz GE8 kalah oleh rival sejatinya yaitu Toyota Yaris. Setelah generasi ketiga ini diluncurkan maka kondisi berbalik, Honda Jazz menguasai penjualan di kelas mobil MPV 5 penumpang 1500cc. Loh kok bisa?

Honda Jazz GK5 bersaing di kelas MPV 5 penumpang 1500 cc, bersaing dengan Toyota Yaris, Mazda 2 dan yang terbaru Suzuki Baleno hatchback. Diantara mobil-mobil itu Honda Jazz lah yang memiliki desain paling menarik, mesin 1500 cc yang paling bertenaga dan ukuran kabin yang paling lapang. Tidak heran Jazz selalu menguasai penjualan di kelas tersebut.

Versi GK5 Yang Pernah Ada

Sejak diluncurkan pertama kali hingga tahun 2019 ini Honda Jazz GK5 sempat mengalami beberapa ubahan, namun ubahan yang terjadi hanyalah ubahan minor seperti munculnya tipe special edition yang menggunakan head unit special dengan layar lebih besar(Honda menyebutnya dengan model floating), spion hitam, 6 buah air bag(normalnya hanya 2) dan atap berwarna hitam. Versi ini diberi nama Black Top edition yang keluar sekitar tahun 2016.

Jazz GK5 Terbaru Tahun 2017 2019

Jazz GK5 Terbaru Tahun 2017-2019 – Via:OLX

Ubahan Honda Jazz terbaru pada tahun 2017 meliputi sektor eksterior dan Interior. Ubahan yang dialami cukup banyak jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada bagian eksterior versi setelah tahun 2017 mengalami perubahan pada desain grille dan bemper depan, selain itu head lamp menggunakan LED dengan DRL, spion kini berwarna hitam(walaupun warna body tidak hitam), dan pelek 16 inci model palang terbaru. Untuk bemper belakang kini dilengkapi diffuser pada bagian tengahnya dan di bagian samping terdapat dynamic side skirt.

Interior Honda Jazz GK5 dashboard

Interior Dashboard Honda Jazz GK5

Pada sektor interior atau kabin kini terdapat jahitan berwarna oranye pada kain pembungkus jok, setir, konsol box, dan knob presneling. Penambahan hal kecil tapi semakin menguatkan kesan sporty. Untuk head unit menggunakan layar sentuh 8 inci yang telah mendukung fitur panggilan telepon, Bluetooth, serta smartphone mirroring. Selain itu kontrol AC kini sudah digital dengan smart touch auto climate control, namun ini hanya untuk Honda Jazz varian teratas, yaitu RS.

7 keunggulan Honda Jazz GK5

Lalu apa saja keunggulan Jazz GK5 ini dibanding rival-rivalnya seperti Toyota Yaris dan Mazda 2? Berikut ini kami ulas secara mendetail:

  • Fun to Drive
    Posisi mengemudinya nyaman ditambah dengan panel MID yang lengkap, mesin yang bertenaga membuat saat mengemudikan Jazz GK5 ini begitu menyenangkan.
  • Desain Paling Menarik
    Desain body Jazz GK5 terkini seperti mengalami lompatan dari generasi sebelumnya, Honda Jazz terkini memiliki desain body yang sporty dan futuristik. Tidak heran mobil ini merupakan idaman bagi banyak orang berjiwa muda. Bagi mereka yang belum kesampaian memiliki Jazz biasanya baru kemudian akan beralih ke Honda Brio
  • Fitur komplit
    Mobil dini hadir dengan fitur keselamatan seperti Brake Overrride System, Dual Front SRS Airbag, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, Paddle Shift-CVT, smart key + keyless entry, ABS+ EBD. Kemudian kontrol AC digital, padle shift, cruise control, instrument MID yang lengkap dan head unit yang dapat mirroring smartphone
  • Transmisi CVT
    Transmisi otomatis-nya menggunakan tipe CVT, transmisi ini halus saat di posisi D namun responsif jika kita geser tuas matic-nya ke posisi M. Mobil bisa menjadi seperti bertransmisi manual di mode M ini, dapat seolah-olah melakukan perpindahan gigi menggunakan paddle shift. Begitu menyenangkan memainkan padle shift Honda Jazz ini.
  • Tenaga Mesin Besar
    Jazz GK5 menggunakan mesin berkode L15Z. Mesin ini berkapasitas 1500 cc, SOHC berteknologi i-Vtec memiliki tenaga maksimal 120 PS pada 6600 RPM dan torsi 145 Nm pada 4800 RPM. Tenaga 120 PS merupakan yang terbesar jika dibanding rival-rivalnya yang sekelas.
  • Kabin Luas
    Ukuran kabinnya besar membuatnya penumpang belakang benar-benar merasa nyaman. Jika ingin membawa barang ukuran besar anda dapat melipat kursi belakang sehingga kabin belakang menjadi sangat lapang.
  • Bantingan lembut
    Dengan suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang H-Shaped Torsion Beam membuatnya stabil di kecepatan tinggi, namun karakter per keong pada GK5 ini terasa lebih lembut jika dibandingkan dengan generasi GE8.
Jok belakang Honda jazz

Jok belakang Honda jazz

Sedikit Kekurangan

Namun dengan segala kelebihan yang ada pada Honda Jazz GK5 bukan berarti mobil ini tanpa celah, buat kami ada dua hal krusial yang membuat mobil seharga 200 jutaan ini terasa minus, yaitu bahan material body dan interior yang terasa tipis.

Oke mobil ini bukanlah mobil murah seperti Toyota AGYA di kategori LCGC, terbukti fitur-fitur dan teknologinya sungguh berlimpah. Namun material plat body-nya terkesan tipis, itu terbukti saat menutup pintu mobil dan saat pintunya diketuk menggunkan jari muncul bunyi seperti kaleng.

Selain itu material dashboard-nya juga tipis, saat di tekan menggunakan jari lebih dalam cekungannya. Bahkan generasi sebelumnya sepertinya menggunakan material dashboard  yang lebih baik. Bagian door trim juga, dengan warna hitam dan permukaannya yang terasa murah seperti kurang pas dengan mobil sekeren Honda Jazz ini.

Bentuk Body Belakang

Bentuk Body Belakang – Via:OLX

Tapi diluar masalah material body dan interior Honda Jazz GK5 ini juara disegala hal. Desain body futuristik, mesin bertenagga, transmisi CVT halus sekaligus responsive, fitur keselamatan lengkap, fitur lainnya juga komplit. Juaralah pokoknya.

Ditambah satu hal lagi, mobil ini irit bahan bakar. Konsumsi bahan bakar Honda Jazz ini bisa mencapai 12 kilometer/liter untuk dalam kota. Sedangkan untuk rute luar kota masih bisa mencatatkan konsumsi bahan bakar 18 kilometer/liter. Konsumsi BBM yang tidak jauh berbeda dengan Karimun Estilo padahal kapasitas mesinnya satu setengah kalinya.

Spesifikasi Honda Jazz GK5:

  • Panjang x Lebar x Tinggi:  3.955mm x 1.694mm x 1.524mm
  • Mesin: 1497 cc L15Z SOHC i-Vtec 16 valve
  • Tenaga Maks: 120 PS @6000 rpm
  • Torsi Maks: 145 Nm @4600 rpm
  • Konsumsi BBM:11-12 km/l (dalam kota) dan 16-18 km/l (luar kota)
  • Kapasitas tangki BBM: 40 liter
  • Transmisi: 5-Speed MT &  CVT
  • Suspensi Depan: MacPherson Strut
  • Suspensi Belakang: H-Shaped Torsion Beam
  • Rem Depan: Ventilated Disc
  • Rem Belakang: Tromol
Yang Terbaru Dilengkapi Diffuser

Yang Terbaru Dilengkapi Diffuser

Harga Honda Jazz terbaru 2019

Harga Baru Honda Jazz GK5 2019

Tipe – Transmisi Harga
Honda Jazz – M/T Rp 239.000.000
Honda Jazz – CVT Rp 249.000.000
Honda Jazz RS – M/T Rp 269.800.000
Honda Jazz RS – CVT Rp 279.800.000

Honda Prospect Motor memasarkan  mobil ini dengan dua varian saja yaitu yang standard(dulu sebut tipe S) dan tipe RS. Cukup banyak perbedaan antara yang tipe Standard(S) dan RS, seperti grill, velg, warna spion, lampu depan, bemper depan dan bemper belakang.

Pada interior perbedaannya adalah pada tipe standarad belum dilengkapi:

  • Jahitan orange pada kain jok, konsol tengah dan tuas transmisi.
  • Pengaturan AC belum digital
  • Tombol control audio dan cruise control pada setir.

Dengan perbedaan itu apakah selisih harga sampai 30 juta rupiah antara Honda Jazz GK5 standard dan tipe RS cukup sesuai? Tentu jawabannya tergantung kebutuhan anda.

Topik: lain-lain | Tagged , , , , .

Tambah Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Nama & Email wajib di isi


+