Hyundai Atoz Matic Nyaman Sih, Tapi Jangan Lupa Cek Bagian Ini

0
Hyundai Atoz Matic Nyaman Untuk Harian

Hyundai Atoz Matic Nyaman Untuk Harian

Mengapa Hyundai Atoz Matic merupakan pilihan tepat di kelas city car 1000cc tidak banyak pilihan yang menggunakan transmisi otomatis? Karena tidak banyak city car kecil yang menyediakan pilihan transmisi tanpa pedal kopling itu di awal tahun 2000-an selain saudaranya sendiri yaitu Kia Visto.

Dengan mesin berteknologi injeksi yang membuatnya lebih irit bahan bakar, teknologi transmisi matic 4 percepatan yang digunakan Hyundai Atoz menjadikannya lebih nyaman saat berkendara membelah kemacetan sehari-hari. Ditambah dengan ukuran body-nya yang kecil makin tambah mudah lagi dikemudikan, terlebih lagi bagi para wanita.

Namun bagi anda yang tertarik memiliki Hyundai Atoz matic sebaiknya anda perlu memperhatikan beberapa hal, mengingat umur Hyundai Atoz ditahun 2019 ini tidaklah muda lagi sehingga tak dipungkiri bisa saja muncul masalah pada transmisi matic-nya.

Pada dasarnya Hyundai Atoz jarang memiliki kendala pada sektor mesin, namun untuk yang ber-transmisi matic biasanya ada beberapa masalah yang umum dijumpai karena masalah faktor usia.

Gearbox transmisi matic Tampak Bawah

Gearbox transmisi matic Tampak Bawah

Berikut ini beberapa kendala dan gejala yang perlu anda perhatikan pada bagian transmisinya:

  • Katup Selenoid
    Gejala yang biasa terjadi kalau Katup selenoid bermasalah adalah saat kita pindahkan tuas matic ke posisi “D” maka gear tiga masuk ke gigi satu, melainkan langsung ke gigi tiga. Sehingga mobil terasa tidak kuat saat akan mulai jalan.
  • Kampas Kopling
    Kampas kopling pada Hyundai Atoz matic layaknya yang biasa digunakan pada mobil matic konvensional yang masih mengandalkan torque converter. Jumlah kepingannya banyak sehingga umur pakainya lebih lama dari usia pakai kampas mobil bertransmisi manual, namun tetap ada saatnya akan habis. Kalau  kampas kopling matic sudah tipis gejalanya yang dirasakan adalah tenaga mesin jadi terasa kurang dan mobil jadi lebih boros bensin.
  • Planetary Gear
    Gejala yang dirasakan saat plantery gear sudah aus adalah perpindahan gigi matic-nya terasa kasar, atau istilahnya nge-jeduk. Perpindahan giginya jadi terasa sekali sehingga membuat tidak nyaman saat mobil dikemudiakan dalam kondisi harian.
  • Seal Converter
    Di dalam transmisi matic banyak terdapat karet seal. Namanya karet tentu akan getas atau mengeras seiring berjalanannya waktu, apalagi jika terkena panas dari transmisi yang bekerja terus-menerus. Jika seal converter di dalam gearbox matic sudah getas maka volume oli akan cepat berkurang dan apabilan terus dibiarkan dalam kondisi kekurangan oli gearbox maka kampas kopling jadi cepat aus.
  • Mounting Transmisi
    Mounting tranmisi atau juga termasuk disebut engine mounting memiliki bagian inti yang terbuat dari karet. Walaupun sekilas ukuran dan bentuknya sama dengan mounting gearbox manual namun faktanya mounting gearbox Hyundai Atoz matic lebih besar dari pada yang versi manual. Gejala yang timbul jika komponen ini sudah mulai lemah adalah suara getar saat mobil berhenti dalam posisi “D”. Getarannya akan lebih terdengar lagi jika posisi AC menyala.

Nah itu dia gejala-gejala yang perlu kamu perhatikan jika ingin meminang Hyundai Atoz matic. Sebenarnya bukan persoalan serius, karena overhaull(service total) transmisi matic sangat lumrah dilakukan saat mobil sudah cukup berumur, tinggal anda memilih bengkel spesilis yang memiliki reputasi baik.

Tanpa Indikator Posisi Tuas Presneling

Tanpa Indikator Posisi Tuas Presneling

Oh iya ada satu kekurangan Hyundai Atoz matic bagi anda yang tertarik memilikinya yaitu tidak ada indikator posisi gigi D,P,R atau N di panel instrument dekat speedometer. Untuk mengetahui posisi tuas presneling anda perlu melirik kebagian samping tuas transmisinya sehingga agak repot bagi yang belum hafal urutan posisi tuas presneling matic, tapi jika sudah beberapa saat memakai Hyundai Atoz matic anda akan hafal dengan sendirinya.

Topik: lain-lain, Mesin | Tagged , , , , , hyundai atoz matic, atoz matic, harga atoz metic september, hyundai atoz matic sudah panas ngeloss, hyundai atoz nyaman.

Tambah Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Nama & Email wajib di isi


+