5 Kelebihan dan Kekurangan Suzuki APV Yang Wajib Diketahui

0

Suzuki APV Arena tipe GX

Sebenarnya apa saja sih kelebihan dan kekurangan dari Suzuki Apv ini di mata penggunanya yang telah bertahun-tahun memakainnya? Mobil yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 silam ini dipersiapkan untuk melanjutkan kesuksesan kendaraan angkutan Suzuki yang sudah sangat melegenda, apalagi kalau bukan Carry. Sebagai mobil keluarga yang multifungsi dengan daya angkut besar ini tidak meninggalkan ciri khas dari Carry atau Futura yang identik dengan posisi mesin yang berada di bawah jok depan.

Dengan posisi mesin di bawah jok depan maka ruang kabin dapat berukuran besar, karena panjang mobil tidak didominasi oleh panjangnya kap mesin. Di balik kap mesin hanya terdapat radiator, kondensor AC, booster rem dan tempat menaruh dongkrak, sedangkan mesin tetap berada di kolong mobil. Karena itulah maka mobil ini diberi nama APV yang merupakan kepanjangan dari All Purpose Vehicle yang berarti kendaraan serba guna.

Pada saat itu Suzuki sebagai penggagas mobil dengan semi bonet, yaitu menggunakan mobil yang bonet depan(dengan kap mesin) kecil namun mesinnya tetap terletak di kolong mobil. Saat itu belum ada Daihatsu Granmax atau Luxio, yang ada hanyalah Suzuki Every yang sempat dipasarkan setahun sebelum APV lahir.

Tipe-tipe APV yang Ada

Jika ditilik sejarahnya Suzuki APV pernah mengalami facelift pada tahun 2007 dengan ubahan yang paling terlihat jelas adalah pada bentuk lampu depan, lampu belakang dan pada bagian grill dengan ubahan ini kemudian namanya sedikit berubah menjadi APV Arena. Tersedia dalam dua tipe yaitu GL dan GX, perbedaannya adalah GL masih menggunakan AC single blower, cover spion hitam dan grill berwarna chrome hanya pada bagian tengahnya.

Kemudian pada tahun 2009 kembali diluncurkan versi termewah dengan nama tipe APV Luxury. Tipe ini memiliki desain yang jauh lebih modern dan stylish dengan mengubah bentuk bemper depan-belakang, penggunan velg besar 17 inch dan penggunan jok berlapis kulit model captain seat pada baris keduanya.

Interior Dashboard Suzuki APV Arena

Interior Dashboard Suzuki APV Arena

Untuk urusan mesin seluruh vaian Suzuki APV yang hanya menggunakan mesin dengan kode G15A yang berkapasitas 1500 cc dengan tenaga maksimal 93,2 Hp dan Torsi maksimal sebesar 126 Nm pada putaran mesin 3000 Rpm.

Untuk bagian teknis yang sedikit membedakan antara APV Arena dan generasi awal ada pada bagian final gear gearbox yang dibuat lebih kecil, ubahan karena pada generasi awal banyak yang mengeluh boros walaupun tenaga mesin untuk jalan menanjak tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, setelah tahun 2007 penggunaan per daun di suspensi belakang digantikan oleh coil spring atau per keong.

5 Kelebihan dan Kekurangan Suzuki APV

Lalu apa saja keunggulan dan kelemahan dari mobil minibus serba guna andalan Suzuki ini dibanding rival dikelasnya seperti Daihatsu Granmax, Luxio atau Nissan Evalia? Berikut kami rangkum apa saja kelebihan dan kekurangan Suzuki APV yang ada di Indonesia dari generasi pertama hingga Luxury:

5 Kelebihan Utama:

  • Kabin sangat lega terutama baris kedua
    Bentuknya body-nya mengotak dan bonet depan pendek sehingga ruang kabin benar-benar maksimal dimensinya. Luas dan atapnya juga tinggi sehingga untuk 8 orang tidak terasa sempit.
  • Jok Nyaman
    Busanya embuk dan kain pembungkus joknya juga berbahan beludru halus, sehingga nyaman untuk perjalanan jauh. Ditambah suspensinya yang nyaman jika isi full penumpang, namun sedikit keras jika hanya diisi satu atau dua orang.
  • Tenaga untuk nanjak tidak diragukan
    Suzuki APV menggunakan mesin yang sama dengan Suzuki Carry Futura 1500. Mesin ini sudah terkenal dengan kehandalannya dalam hal kemampuan tenaga mesin untuk tanjakan dan mengangkut beban berat.
  • Suspensi nyaman dibandingkan kompetitor
    Mulai generasi Arena(tahun 2007 ke atas) suspensi belakangnya lebih nyaman karena sudah menggunakan per keong, namun herannya justru dibeberapa daerah banyak penggemarnya yang lebih senang menggunakan per daun. Alasannya karena dapat menganggkut beban lebih berat.
  • Sparepart melimpah
    Spare part Suzuki terkenal melimpah hingga ke pelosok daerah, apalagi untuk spare part mesin  sama persis dengan Carry Futura jadi harganya murah dan tentu mudah untuk di dapatkan.

K5 Kekurangan krusial:

  • Posisi duduk terlalu tinggi
    Posisi duduk pada mobil ini sangat tinggi, bahkan jika dibandingkan dengan Granmax sekalipun. Ini mungkin bisa menjadi keunggulan atau kelemahan, tentu akan ada orang yang senang dan tidak. Namun bagi kami karena posisinya yang tinggi itu maka, saat bermanuver pada kecepatan diatas 60km/jam maka mobil ini terasa limbung sekali.
  • Minim fitur Keselamatan
    Belum dilengkapi Airbag, Rem ABS, EBD membuatnya sangat minim fitur keselamatan bagi pengemudi dan penumpangnya.
  • Ban depan cepat aus
    Kelemahan utama yang sudah lumrah diketahui pengguna Suzuki APV yang sudah lama adalah ban depannya cepat aus, terutama pada sisi bagian dalam. Sudah spooring dan balancing pun tidak menghilangkan gejala tersebut. Solusinya harus rajin rotasi ban, pindahkan posisi ban depan ke belakang dan sebaliknya agar keausan ban merata.
  • Tidak Sliding Door
    Sayangnya disaat rival-rivalnya sudah menggunakan pintu tengah model sliding door, APV masih menggunakan pintu model bukaan samping. Padahal sliding door memberi keleluasan karena bukaanya lebih lebar.
  • Bemper bahan fiber dan berat pada Luxury
    Khusus untuk Suzuki APV tipe Luxury bemper depan dan belakang adalah produksi lokal yang terbuat dari fiber, sehingga lebih berat dibandingkan bemper mobil lainnya yang biasa terbuat dari plastik ABS.
APV Tahun 2011 tipe GX

APV Tahun 2011 tipe GX

Kesimpulan Suzuki APV

Dengan penjabaran tersebut anda dapat menilai sendiri apakah mobil ini memenuhi kriteria kebutuhan anda atau tidak? Jika tidak tentu anda bisa memilih kompetitornya seperti Daihatsu Luxio dan Nissan Evalia yang bisa jadi alternatif. Namun yang namanya mobil, sudah barang tentu memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan, seperti Daihatsu Luxio yang suspensinya kalah nyaman dibanding dengan Suzuki APV.

Sedangkan Nissan Evalia lebih moderen desainnya, posisi mesin berada di depan bukan di bawah jok namun masih menggunakan per daun untuk roda belakang dan menggunakan penggerak roda depan. Dengan fakta-fakta tersebut anda bisa membandingkannya dengan Kelebihan dan Kekurangan Suzuki APV, mana yang paling sesuai untuk kebutuhan anda silahkan dipertimbangkan dengan cermat.

Topik: lain-lain | Tagged , , , , , , , , kelebihan dan kekurangan suzuki apv, kekurangan suzuki apv, suzuki apv kelebihan dan kekurang as nya, kekurangan apv, Kelebihan dan kekurangan suzuki.

Tambah Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Nama & Email wajib di isi


+